Global Learning terhadap Pemahaman Matematika Kelas VIII Materi Teorema Pythagoras

Authors

  • Revi Shinta Nuria UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1117

Keywords:

Pemahaman Matematika, Global Learning, kuantitatif, Understanding Mathematics, quantitative

Abstract

Rendahnya pemahaman matematika siswa menyebabkan pencapaian tujuan pembelajaran terhambat. Diperlukan model pembelajaran seperti global learning yang dapat menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri sehingga materi yang siswa dapatkan dapat dipahami dengan baik dan tersimpan pada longterm memory. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model global learning terhadap pemahaman matematika siswa. Penelitian kuantitatif ini berjenis Experimental dengan desain post test only control. Populasi penelitian yaitu 212 siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Blitar. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol masing-masing 32 siswa, dipilih dengan purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu 5 soal tes uraian kemampuan pemahaman matematika. Data dianalisis dengan uji-t dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dari penerapan model global learning terhadap pemahaman matematika siswa kelas VIII sebesar 84% dengan interpretasi tinggi. Model Global learning dapat menjadi alternatif model pembelajaran efektif untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa.

The low understanding of students' mathematics causes the achievement of learning objectives to be hampered. Learning models such as global learning are needed to balance the right brain and left brain so that the material can be understood properly and stored in long-term memory. This study aims to determine the effect of the global learning model on students' understanding of mathematics. This quantitative research is of the experimental type with a post-test-only control design. The population of the study was 212 students of class VII at one of the public junior high schools in Blitar. The research sample was class VIII A as the experimental class and class VIIIB as the control class, each of which consisted of 32 students, selected by purposive sampling. The research instrument is 5 questions describing the ability to understand mathematics. Data analysis technique using t-test and effect size. The results of the study showed that there was a positive influence from the application of the global learning model on the mathematics understanding of class VIII students by 84% with a high interpretation. The Global learning model can be an effective alternative learning model to improve students' understanding of mathematics.

References

Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal on Education,1(1), 14-21.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12-16.

Gazali, R. Y. Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.

Hamruni. (2009). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4(1), 30-41.

Jannah, R. N., Wulandari, N. L., & Budi, S. (2020). Pengalaman Belajar Daring Siswa Berkebutuhan Khusus pada Pandemi COVID-19 di SD Inklusif. Elementary Islamic Teacher Journal, 8(2), 359-376.

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus, 1, 21-32.

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.

Mustangin & Debora, A. (2009). Penerapan Global Learning dan Mind Mapping dalam pembelajaran Matematika sebagai Jaringan Konsep. Makalah Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Malang.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teacher Mathematics.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa Mts Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik: Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16-25.

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Di Bandung Barat. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Matematika, 11(1), 19-30.

Rosana, D. (2000). Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Bermain dalam Pengajaran Sains di Taman Kanak-kanak. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 30(1), 1-18.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 150-163.

Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun Keterampilan 4C Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Stoet, G., & Geary, D. C. (2018). The genderequality paradox in science, technology, engineering, and mathematics education. Psychological science, 29(4), 581-593.

Sumarmo, U. (2003). Pembelajaran ketrampilan Membaca pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru. Makalah Pada Seminar Nasional Pendidikan MIPA UPI.

Suwardana, H. (2017). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. Jurnal JATI UNIK, 1(2), 102-110.

Wahyuningsih, B. Y., & Sunni, M. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Otak Kanan dan Otak Kiri Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi STMIK Mataram). PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 351-368.

Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut PISA 2018: Pengembangan Literasi Matematika Untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. De-Format: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-38.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Nuria, R. S. (2022). Global Learning terhadap Pemahaman Matematika Kelas VIII Materi Teorema Pythagoras. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 429–438. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1117

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.