Validitas E-Modul Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Peluang
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1342Keywords:
Peluang, e-Modul, Sigil Software, Android, Opportunity, e-Module, AndroidsAbstract
Penggunaan teknologi dalam pembelajaran adalah suatu upaya dalam memajukan kualitas proses pembelajaran dengan harapan mampu menumbuhkan kualitas hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Android menggunakan Sigil Software yang valid pada materi peluang Kelas VIII SMP N 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp. Tahapan yang digunakan dalam model pengembangan ini hanya tahap 1 yaitu tahap investigasi awal yang merangkap uji validitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas guna melihat kevalidan e-modul. Berdasarkan penilaian validator, diperoleh hasil validitas e-modul berbasis android menggunakan Sigil Software sebesar 87,3% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis android menggunakan sigil software pada materi peluang di kelas VIII SMP N 24 Padang dinyatakan valid.
The use of technology in learning is an effort to advance the quality of the learning process in the hope of being able to foster the quality of student learning outcomes. This study aims to produce an Android-based e-module using Sigil Software that is valid for Class VIII opportunity material at SMP N 24 Padang. This type of research is research and development (R&D) with the development model proposed by Plomp. The stages used in this development model are only stage 1, namely the initial investigation stage which concurrently tests the validity. The research instrument used was a validity questionnaire to see the validity of the e-module. Based on the validator's assessment, the results of the validity of the android-based e-module using Sigil Software were 87.3% with a very valid category. Based on the results of the study it can be concluded that the android-based e-module using sigil software on opportunity material in class VIII SMP N 24 Padang is declared valid.
References
Al-Qonuni, S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa smp pada materi perbandingan dengan menggunakan four tier diagnostic test. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 205-214.
Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165.
Audia, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran E- book dengan bantuan Sigil Software untuk kelas VII MTS Mata Pelajaran Fiqh. Skripsi. Repository Raden Intan.
DEPDIKNAS. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta.
Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 1-7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987
Fausih. (2015). pengembangan media e-modul mata pelajaran produktif pokok bahasan "instalasi jaringan lan (Local Area Network)" untuk siswa kelas XI jurusan teknik komputer jaringan di smk negeri 1 labang bangkalan madura. UNESA.
Fitriana, R., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Geogebra pada Aplikasi Sigil sebagai Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika. Prisma, 10(1), 106. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1118
Handika, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Matriks di kelas XI Siswa MAS MUS Canduang kabupaten Agam. Skripsi. STKIP PGRI Sumatera Barat.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Junaeti, E., Herman, T., Priatna, N., Dasari, D., & Juandi, D. (2023). Students' Computational Thinking Ability in Calculating an Area Using The Limit of Riemann Sum Approach. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 215-228.
Maharani, P., Alqodri, F., & Cahya, R. A. D. (2015). Pemanfaatan Software Sigil Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Yang Mudah, Murah dan User Friendly dengan Format Epub sebagai Sumber Materi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 6(8), 25-30.
Mutiarahman, W., Edriati, S., & Suryani, M. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Peluang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 159-170.
Ningsih, F., & Deswita, R. (2023). Development of E-Module Based on Blended Learning in Calculus Courses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 429-440.
Pane, A., & Darwis, D. M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Rahayu, I., & Sukardi, S. (2021). The Development Of E-Modules Project Based Learning for Students of Computer and Basic Networks at Vocational School. Journal of Education Technology, 4(4), 398. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29230
Ratnasari, K. I. (2019). Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100-109. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta: Bandung.
Sari, D. L., Fitriani, D. A., Khaeriyah, D. Z., Hartono, H., & Nursyahidah, F. (2022). Hypothetical learning trajectory pada materi peluang: konteks mainan tradisional ular naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 203-214.
Septyani, R., Salim, A., Rakhmawati, R., & Masykur, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Modul Bilingual Bergambar Berbasis Kewirausahaan Pada Aritmetik Sosial. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.32665/james.v2i1.46
Sofia, E. (2014). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Konstruktivisme dan Berbasis ICT. Tesis. Universitas Negeri Padang.
Sriyanti, A., Wahyuni, S., Latuconsina, N. K., & Amin, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Software Sigil dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Program Linear Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Cendekia, 06(01), 300-313.
Subiyantoro, S. (n.d.). panduan membuat e-Book menggunakan Sigil.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. (2014). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.
Suparjan, S., & Mariyadi, M. (2021). Google Classroom as a Distance Learning Media: Limitations and Overcoming Efforts. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 407-416. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.460
Susanti, D., Retnawati, H., Arliani, E., & Irfan, L. (2023). Peluang dan tantangan pengembangan asesmen high order thinking skills dalam pembelajaran matematika di indonesia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 229-242.
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, V(1), 18-27. https://doi.org/10.37567/jie.v5i1.53
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.