Pengembangan LKS Model PjBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Nawar Hasna Universitas PGRI Yogyakarta
  • Laela Sagita Universitas PGRI Yogyakarta
  • Niken Wahyu Utami Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1572

Keywords:

E-LKS, project-based learning, mathematical problem-solving abilities, LKS, PjBL, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS model PjBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Model penelitian ini menggunakan ADDIE. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Instrumen penelitian meliputi angket penilaian kepraktisan guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis PjBL yang dikembangkan memenuhi aspek valid dengan kriteria “baik”, memenuhi aspek praktis dengan kriteria “Sangat Baik”, dan memenuhi aspek efektif dimana diperoleh nilai rata-rata siswa lebih dari 73. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis PjBL efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

This research aims to develop PjBL model worksheets to improve students' mathematical problem-solving abilities. This research model uses ADDIE. The research subjects were 29 students of SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Research instruments include teacher and student practicality assessment questionnaires, learning implementation observation sheets, and problem-solving ability tests. The results of the research show that the PjBL-based LKS that were developed meet the valid aspects with the "good" criteria, fulfill the practical aspects with the "Very Good" criteria, and fulfill the effective aspects where the average student score is more than 73. It can be concluded that the PjBL-based LKS are effective in improving students' problem-solving abilities and fulfilling aspects of validity, practicality, and effectiveness.

References

Afriani, J. (2015). Project Based Learning. Makalah Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Ali, N. N., Lestari, P., & Rahayu, D. V. (2023). Kesulitan Siswa SMP Pada Pembelajaran Geometri Materi Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139-146.

Arwadi, F. (2023). Efektivitas Aplikasi Everyone is a Teacher Here dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 241-250.

Astuti., Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran matematika siswa kelas X SMA. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Awalia, N. (2023). Model Problem Based Learning dan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 277-288.

Barlenti, I., Hasan, M., & Mahidin. (2017). Pengembangan LKS berbasis Project Based Learning utuk meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.

Fatimah, A. E., Wahyuni, F., & Fitriani. (2022). Meningkatkan Kemampuan pemecahan Masalah matematis mahasiswa melalui model pembelajaran Project Based Learning. Jurnal of Didactic Mathematics.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS INDONESIA (Trends in International mathematics and Science Study). Jurnal Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.

Hasanudin, & Maryati, I. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas v pada materi akar pangkat tiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 193-204.

Hidayah, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Bengkalis. Skripsi UIN Suska Riau.

Khoeriah, N., Mahmudi, A., & Sudrajat. (2023). Pengembangan LKS Berbasis PBL Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kesadaran Metakognitif Siswa. Jurnal program Studi Pendidikan Matematika.

Mardarani, F. D., & Apriyono, F. (2023). Kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah ditinjau dari self-concept matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 243-252.

Marianti, M. S. (2023). Mathematical problem-solving ability of junior high school students on flat-sided geometric shapes. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 309-320.

Nasution, E. Y. P., Erita, S., & Mandalena, H. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Cooperative Script terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 489-502.

Novita, D., Darmawijoyo., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Pembelajaran Materi Segitiga di Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya.

Pebrianti, R., Friansah, D., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III SD Negeri 27 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Linggau.

Pitriyani, D. C., & Afriansyah, E. A. (2023). Middle School Mathematics Problem Solving Ability Reviewed from Students' Learning Interests. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 321-340.

Pratami, S. R., Sundayana, R., & Sofyan, D. (2023). Kesalahan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan prosedur newman pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 165-174.

Pusporini, W., Widodo, S. A., Wijayanti, A., Wijayanti, N., Utami, W. B., Taqiyudin, M., & Irfan, M. (2023). Mathematical knowledge content in junior high school curriculum: a comparative study of the 2013 curriculum and merdeka curriculum. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 389-404.

Robbani, I. A., & Sumartini, T. S. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 185-192.

Rochim, A., Hidayati, W. S., & Masruroh, F. (2023). Students’ Profiles with Interpersonal and Intrapersonal Intelligence in Solving Mathematical Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 35-46.

Rouf, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Koordinat Kartesius. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Saputra, R. J., Sofyan, D., & Mardiani, D. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 79-92.

Sari, S. R. (2019). Pengembangan LKS dengan model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VIII SMP N 11 Yogyakarta. Skripsi Universitas PGRI Yogyakarta.

Satiti, N. (2012). Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika pokok Bahasan Statistika dengan Metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together SMA BOPKRI 2 YOGYAKARTA Tahun ajaran 2011/2012. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Silvi, K. L., & Auliya, N. N. F. (2022). Bahan Ajar E-LKS Berbasis Realistic Mathematics Education Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 381-390.

Sofyan, Y., Sumarni., & Riyadi, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika.

Winarlis, H. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pekanbaru. Jurnal for Research in Mathematics Learning Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Yusup, M. (2023). Students' errors in solving math problems in the form of stories on the topic of sequences and series. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 269-280.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Hasna, N., Sagita, L., & Utami, N. W. (2024). Pengembangan LKS Model PjBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 137–150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1572

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.