Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Cooperative Script terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Authors

  • Eline Yanty Putri Nasution Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Selvia Erita Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Henil Mandalena Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1511

Keywords:

Cooperative Script, LKS, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, SPLDV, Ability to Understand Mathematical Concepts

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Model Pembelajaran Cooperative Script yang valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kerinci. Instrumen menggunakan angket dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. LKS berbasis Model Pembelajaran Cooperative Script dari ahli media dinyatakan valid dengan tingkat persentase 75,33% dan dari ahli materi dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 89%, LKS dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase 87,90%, dan LKS dinyatakan efektif dengan perolehan nilai rata-rata 82,81%. Ini menunjukkan bahwa LKS tersebut telah valid, praktis, dan efektif.

This research aims to produce worksheets based on the Cooperative Script Learning Model that are valid, practical, and effective on students' ability to understand mathematical concepts in SPLDV material. This research uses the ADDIE model. The research was carried out at SMP Negeri 10 Kerinci. The instrument uses a questionnaire and tests the ability to understand mathematical concepts. The LKS based on the Cooperative Script Learning Model from media experts was declared valid with a percentage level of 75.33% and from material experts it was declared very valid with a percentage level of 89%, the LKS was declared very practical with a percentage level of 87.90%, and the LKS was declared effective with a score obtained. average 82.81%. This shows that the worksheet is valid, practical, and effective.

References

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.

Andarwati, D., & Hernawati, K. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan penemuan terbimbing berbantuan Geogebra untuk membelajarkan topik trigonometri pada siswa kelas X SMA. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (pp. 166-174).

Amir, M. F., Wardana, M., & Darmawan, K. (2017). Pengembangan Domino Pecahan Berbasis Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2), 178–188.

Aprilla, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Hakim, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.

Lestari, I., & Luritawaty, I. P. (2021). Peningkatan Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model think pair share dan problem based learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 353-362.

Mahardika, D. A., Gumilar, A. C., & Retnaningrum, E. (2022). Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectual untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 345-356.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http: //staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis Prezi. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205-221.

Nuria, R. S. (2022). Global Learning terhadap Pemahaman Matematika Kelas VIII Materi Teorema Pythagoras. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 429-438.

Putra, A., & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 6(1), 39-49.

Putra, I. G. L. A. K., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model ADDIE pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN 1 Selat. Jurnal EDUTECH Undiksha, 2(1).

Putri, A., & Nasution, E. Y. P. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 127-138.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.

Safitri, N., Anjaswuri, F., & Carolina, D. L. (2020). Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 92-97.

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. in Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan.

Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui mood-understand-recall-digest-expand-review dan discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291-302.

Sofiatun, S., & Ridlwan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (LKS) Bergambar Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa MTs Kelas VIII MIftahul Ulum Pamekasan Madura. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 108-119.

Sulastri, S., & Haq, C. N. (2013). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Jigsaw dan Cooperative Script. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 111-122.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1).

Trisiana, A., & Wartoyo, W. (2016). Desain pengembangan model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui ADDIE model untuk meningkatkan karakter mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. PKn Progresif, 11(1).

Ugu, K. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model cooperative script untuk mengajarkan materi aritmetika sosial. Ventilasi Edukasi Matematika & Sains (VEMS), 4(3), 66-74.

Vitantri, C. A., Sholihah, M., Ulya, H., & Jayus. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa pada materi aljabar. Derivat, 7(1), 21–30.

Widjajanti, E. (2008). Kualitas lembar kerja siswa. In Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 2-5).

Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan pemahaman konsep matematis dengan kemandirian belajar siswa pada kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439-448.

Yudiawati, N. (2017). Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis sekolah menengah pertama (SMP). Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 63-72.

Yulia, P., Gunawan, R. G., & Nasution, E. Y. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhdap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pythagoras, 9(1), 55-62.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nasution, E. Y. P., Erita, S., & Mandalena, H. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Cooperative Script terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 489–502. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1511

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.