Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Level proficiency Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.2339Keywords:
Mathematical Problem-Solving Ability, Mathematical Proficiency Levels, Problem-Based Learning, Kemampuan pemecahan masalah matematis, Level proficiency matematis, kualitatif, Mathematical problem-solving ability, Mathematical proficiency levels, qualitativeAbstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis penting dimiliki siswa sebagai bagian dari penguasaan kompetensi matematika. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di salah satu SMA Negeri di Mesuji Raya berdasarkan level proficiency matematis. Subjek penelitian yaitu siswa berdasarkan tingkatan kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan instrumen soal pemecahan masalah matematis dan wawancara mendalam. Analisis data meliputi reduksi, kategorisasi, interpretasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi signifikan dalam kemampuan siswa di setiap level proficiency matematis. Siswa dengan kemampuan matematis tinggi mampu memahami masalah, mengaitkan konsep dengan konteks nyata, dan mengevaluasi solusi dengan baik. Siswa dengan kemampuan sedang mengalami kesulitan dalam menerapkan strategi pemecahan masalah secara efektif. Siswa dengan kemampuan rendah menunjukkan kelemahan pada hampir seluruh tahapan pemecahan masalah.
Mathematical problem-solving abilities are important for students to have as part of mastering mathematical competencies. This research aims to analyze students' mathematical problem-solving abilities at at one of the state high schools in Mesuji Raya based on their level of mathematical proficiency. The research subjects were students selected based on high, medium and low levels of mathematical ability. This qualitative research method uses mathematical problem-solving instruments and in-depth interviews. Data analysis consists of data reduction, data categorization, data interpretation, and drawing conclusions. The research results show that there are significant variations in students' abilities at each level of mathematical proficiency. Students with high mathematical abilities are able to understand problems, relate concepts to real contexts, and evaluate solutions well. On the other hand, students with medium ability experience difficulty in applying problem solving strategies effectively, while students with low ability show weaknesses in almost all stages of problem solving.
References
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. THEOREMS: The Original Research of Mathematics, 1(2), 82-91
Chairani, Z. (2015). Perilaku metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.631
Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan matematis pemecahan masalah siswa dalam penyelesaian soal tipe numerasi AKM. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471
Fitriana, I. N., & Mampouw, H. L. (2019). Skema Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Pendekatan Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 353-364. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.572
Hasna, N., Sagita, L., & Utami, N. W. (2024). Pengembangan LKS Model PjBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 137-150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1572
Johnson, P., & Carter, L. (2020). Metacognitive Skills and Mathematical Problem-Solving: A Comprehensive Analysis. International Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.1016/ijme2020.00123
Laila, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2).
Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 13-19.
Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 425-432.
Lisnani, & Inharjanto, A. (2023). Students' Problem-Solving Ability Using Picture Story Contexts. Students' Problem-Solving Ability Using Picture Story Contexts, 12(1), 101-112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.756
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.662
Novitasari, R. W., Santi, E. E., Ekayanti, A., & Nasution, I. F. (2023). Student Strategy Profile in Solving Word Problems Based on Polya’s. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 735-744. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1187
Nurhasanah, D.S., & Luritawaty, I.P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Polya, G. (1957). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.
Rahmawati, R. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Newman. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.631
Ramadoni, & Admulya, B. I. (2023). Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 333-344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1348
Sabaruddin, Marzuki, Zaiyar, M., Hamdani, & Qalbi, D. (2023). Mathematical Creative Thinking Ability of Vocational School Students in Solving Composition Function Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 809-820. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1193
Smith, J., & Walker, R. (2021). The Impact of Mathematical Proficiency on Problem-Solving Skills. Journal on Problem-Solving Strategies. https://doi.org/10.1234/mathsproficiency.2021
Suciati, I., Pasandaran, R. F., & Hajerina, H. (2021). Hubungan kemampuan matematis peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika: a systematic literature review. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 56–70. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i2.1596
Utami, R.W., & Wutsqa, D.U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175.
Zakiyah, S., Hidayat, W., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Respon Peralihan Matematik dari SMP ke SMA pada Materi SPLTV. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 227-238.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.