Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri

Authors

  • Arief Hidayatulloh Afhami UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1119

Keywords:

GeoGebra, geometri, Pemahaman Konsep Matematika, geometry, Understanding Mathematical Concepts

Abstract

Media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di Indonesia yang rendah. Media yang dianggap efektif diantaranya yaitu aplikasi Geogebra Classic. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra Classic dalam pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi transformasi geometri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimental desain The One-Group Pretest-Posttest Control Design. Instrumen berbentuk tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI salah satu SMAN di Trenggalek dengan sampel 31 siswa kelas XI MIPA 2. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t test berbantuan SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra Classic dalam pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi transformasi geometri. Pengaruh tersebut berefek kuat dengan persentase 97,7%. Aplikasi GeoGebra Classic dapat menjadi alternatif media terbaik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika.

Learning media is needed to improve students' ability to understand mathematical concepts in Indonesia, which is low. One of the media that is considered effective is the Geogebra Classic application. This research was conducted to determine the effect of using the GeoGebra Classic application in learning on students' understanding of mathematical concepts in geometric transformation material. The research uses a quantitative approach with the type of quasi-experimental design One-Group Pretest-Posttest Control Design. The instrument is in the form of a test of students' ability to understand mathematical concepts. The research population was students of class XI at a senior high school in Trenggalek with a sample of 31 students of class XI MIPA 2 as the experimental class. The data analysis technique used the paired sample t-test assisted by SPSS 26.0 for Windows. The results showed that there was an effect of using the GeoGebra Classic application in learning on students' understanding of mathematical concepts in geometric transformation material. This influence has a strong effect with a percentage of 97.7%. The GeoGebra Classic application can be the best alternative media to improve the ability to understand mathematical concepts.

References

Abdullah, N., Zakaria, E., & Halim, L. (2012). The Effect of a Thinking Strategy Approach through Visual Representation on Achievement and Conceptual Understanding in Solving Mathematical Word Problems. Asian Social Science, 8(16), 30-37.

Ainley, M. (2019). Curiosity and interest: emergence and divergence. Educational Psychology Review, 31(4), 789-806.

Arcat. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Write-Pair-Squar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Negeri 2 Bangkinang. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(1), 1–6.

Atteh, E., & Asare, J. T. (2022). The Impact of Using GeoGebra Software in Teaching and Learning Transformation (Rigid Motion) on Senior High School Students’ Achievement. Asian Journal of Education and Social Studies, 36-46.

Desniarti, D., & Ramadhani, R. (2019). Pengaruh GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Matakuliah Geometri Analitik Bidang. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 4(1), 237–246.

Dwijayani, N. M. (2019, October). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 2, p. 022099). IOP Publishing.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458.

Faradisa, M., Sulistio, M. Z., & Ayu, Y. A. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 166-172.

Fatahillah, A., Puspitasari, I. D., & Hussen, S. (2020). The development of Schoology web-based learning media with GeoGebra to improve ICT literacy on quadratic functions. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 304-316.

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa smp melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (pair checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 59–66.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Hidayat, P. A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi perpangkatan dan bentuk akar secara daring pada masa pandemi covid-19 di desa jayaraga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 183-192.

Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2005). Combination of dynamic geometry, algebra, and calculus in the software system GeoGebra. In Computer algebra systems and dynamic geometry systems in mathematics teaching conference (2002).

Hoiriyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(1), 123-136.

Ishartono, N., Nurcahyo, A., Waluyo, M., Prayitno, H. J., & Hanifah, M. (2022). Integrating GeoGebra into the flipped learning approach to improve students' self-regulated learning during the covid-19 pandemic. Journal on Mathematics Education, 13(1), 69-86.

Jeheman, A. A., Gunur, B., Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202.

Lestari & Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lestari, I., & Luritawaty, I. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Think Pair Share dan Problem Based Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 353-362.

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take And Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179–188.

Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno, N. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 449-460.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). an-Nida’, 37(1), 27–35.

Mthethwa, M., Bayaga, A., Bossé, M. J., & Williams, D. (2020). GeoGebra for learning and teaching: A parallel investigation. South African Journal of Education, 40(2).

Nopiyani, D., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 45-52.

Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10-19.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122.

Reis, Z. A., & Ozdemir, S. (2010). Using GeoGebra as an information technology tool: Parabola teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 565–572.

Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265-274.

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7-21.

Septian, A., Inayah, S., Suwarman, R. F., & Nugraha, R. (2020, August). GeoGebra-Assisted Problem Based Learning to Improve Mathematical Problem Solving Ability. In SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019) (pp. 67-71). Atlantis Press.

Simanjuntak, Y. L., Agung, H., & Yani, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Software GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Lingkaran Di Kelas Xi Sma. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(5), 1–10.

Suhaifi, A., Rufi’i, R., & Karyono, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220–230.

Tamam, B., & Dasari, D. (2021, May). The use of Geogebra software in teaching mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012042). IOP Publishing.

Ziatdinov, R., & Valles Jr, J. R. (2022). Synthesis of modeling, Visualization, and programming in GeoGebra as an effective approach for teaching and learning STEM topics. Mathematics, 10(3), 398.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449–460. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1119

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.