Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Kelas VIII SMP

Authors

  • Vanda Putri Yani Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Yulia Haryono Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Lita Lovia Universitas PGRI Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1118

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar, korelasional, Understanding of Mathematical Concepts, Independent Learning, correlational

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampunan dasar yang harus dikuasai siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk melihat hubungan pemahaman konsep matematis dengan kemandirian belajar siswa pada kelas VIII di salah satu SMP di Lubuk Basung. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kemandirian belajar siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan arah hubungan positif sebesar 0,845, artinya semakin baik kemandirian belajar maka akan baik juga kemampuan pemahaman konsep matematis.

The ability to understand mathematical concepts is a basic ability that must be mastered by students. This study uses a correlational approach that aims to see the relationship between understanding mathematical concepts and student learning independence in class VIII one of the SMP in Lubuk Basung. The sampling technique uses simple random sampling. The instruments used were tests of understanding mathematical concepts and questionnaires for student learning independence. The data analysis technique used is simple linear regression analysis. Based on the results of the study, it can be concluded that there is a relationship between student learning independence and the ability to understand mathematical concepts with a positive relationship direction of 0.845, meaning that the better the independent learning, the better the ability to understand mathematical concepts.

References

Belanisa, S. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survei pada MTs Swasta di Kota Tangerang Selatan). Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 73–79.

Darmawanti, V. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Skripsi pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Gorev, P. M., Telegina, N. V., Karavanova, L. Z., & Feshina, S. S. (2018). Puzzles as a didactic tool for the development of mathematical abilities of junior schoolchildren in basic and additional mathematical education. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10), em1602.

Hanifah, A. N., & Sugandi, A. I. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Pemahaman Matematik Dengan Kemandirian Belajar Siswa SMP Yang Menggunakan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1071-1078.

Julaecha, S., & Baist, A. (2019). Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SMK kelas XII pada pelajaran matematika. Jurnal Analisa, 5(2), 103–108.

Kidjab, M. R., Ismail, S., & Resmawan. (2018). Deskripsi Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo, 1–17.

Lo, C. K., & Hew, K. F. (2020). A comparison of flipped learning with gamification, traditional learning, and online independent study: the effects on students’ mathematics achievement and cognitive engagement. Interactive Learning Environments, 28(4), 464-481.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.

Nirmalasari. (2020). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Awal Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 1 BUA. Skripsi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo.

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa antara yang Menggunakan Pembelajaran Inside-Outside-Circle dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 441-450.

Nurhafsari, A. (2019). Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Aktivitas Quick on The Draw. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 97–107.

Permatasari, R., & Nuraeni, R. (2021). Kesulitan Belajar Siswa SMP Mengenai Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 145-156.

Putra, M. A., Jaeng, M., & Sukayasa. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Al-Azhar Mandiri Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 303-316.

Regina, U. C., Toriana, Anitra, & Styowati. (2021). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas V. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 154-162.

Rosyidah, U., Mustika, J., & Setiawan, F. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Mata Kuliah Aljabar Dasar. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 46-56.

Sapendi. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa di SMPN 3 Narmada Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi pada UIN Mataram.

Winata, R., Friantini, R. N., & Sukirno, S. (2021). E-Learning: Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pembelajaran dengan Google Classroom. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 148–157.

Yusuf, V. H., Sutiarso, S., & Noer, S. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 22-33.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439–448. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1118

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.