Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan CIRC

Authors

  • Rahmi Wilianti Khairunisa Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Basuki Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.881

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Think Pair Square, TPS, Cooperative, Integrated, Reading and Composition, CIRC, Mathematical Communication Skills

Abstract

Pembelajaran matematika yang diberikan di sekolah harus dapat menuntut siswa agar mereka memiliki kompetensi dasar dalam matematika sesuai dengan tujuan umum pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan tujuan penelitiannya yaitu menelaah perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Pair Square (TPS) dengan Cooperative, Integrated, Reading and Composition (CIRC), untuk mengetahui kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis, dan sikap siswa terhadap model pembelajaran TPS dan CIRC. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Garut dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VII-H menggunakan model pembelajaran TPS dan VII-I menggunakan model pembelajaran CIRC. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran TPS lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran CIRC. Kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran TPS berinterpretasi baik, sedangkan siswa yang mendapatkan model pembelajaran CIRC berinterpretasi sedang.

Mathematics learning given in schools must be able to require students to have basic competencies in mathematics following the general objectives of learning mathematics. The study used a quasi-experimental method intending to research the comparison of students' mathematical communication skills who received the Think Pair Square (TPS) learning model with Cooperative, Integrated, Reading, and Composition (CIRC), to determine the quality of improving mathematical communication skills and student attitudes towards the model. TPS and CIRC learning. The population in this study were students of class VII SMP Negeri 6 Garut with a sample of two classes, namely class VII-H using the TPS learning model and VII-I using the CIRC learning model. In this study, it was concluded that the mathematical communication skills of students who received the TPS learning model were better than those who received the CIRC learning model. The quality of the improvement in mathematical communication skills of students who get the TPS learning model has good interpretations, while students who get the CIRC learning model have moderate interpretations.

References

Afriansyah, E. A. (2012). Design Research: Konsep Nilai Tempat pada Penjumlahan Bilangan Desimal. Tesis yang tidak dipublikasikan berasal dari Beasiswa DIKTI dengan program IMPoME (International Master Program on Mathematics Education). Universitas Sriwijaya Palembang–Universitas UTRECHT Belanda.

Afriansyah, E. A. (2021). Realistic Mathematics Education Berbasis Emergent Modeling untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Curiosity Mahasiswa Calon Guru. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435-446.

Darmawan & Supriadie. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 463-474.

Durukan, E. (2011). Effects of cooperative integrated reading and composition (CIRC) technique on reading-writing skills. Educational Research and Reviews, 6(1), 102-109.

Hibattulloh, N., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 169-178.

Hidayatilah, L. N., & Rahadi, M. (2013). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan yang Mendapatkan Model Pembelajaran Numbered Head Together. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 155-168.

Irfan, A., Anzora, A., & Fuadi, T. M. (2018). Analisis Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Pada Program Studi Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 239-250.

Lestari, N., & Madio, S. S. (2013). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 169-178.

Lie. (2008). Cooperative Learning tipe Think Pair Square. Jakarta: PT Grasindo.

Luritawaty, I. P. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Metode Diskusi Berbantuan Microsoft Office Excel. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 213-222.

Marwiyah, W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Square Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pengelolaan Lingkungan Mata Pelajaran IPA. simpuljuara, 2(2), 103-110.

Maulani, L., & Sundayana, R. (2017). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dengan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 217-228.

Octaviyunas, A., & Ekayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 341-352.

Pitriani, R., & Afriansyah, E. A. (2016). Persepsi dalam pembelajaran pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan koneksi matematis siswa (Studi penelitian di SMP Negeri 1 Wanraja). Jurnal Gantang, 1(2), 15-24.

Rahmi, M., Yerizo, Y., & Musdi, E. (2017). Tahap preliminary research pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas viii mts/smp. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 237-246.

Restiana, N., & Pujiastuti, H. (2019). Pengukuran Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Guru Matematika SMA di Daerah Tertinggal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 83-94.

Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 263-274.

Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521-532.

Sari, S. P., & Madio, S. S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatipe Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 37-54.

Slavin. (2010). Cooperative Learning Teori. Bandung: Nusa Media.

Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 451-462.

Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Waru, M. V. (2016). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematika melalui Pembelajaran Quantum dan Pembelajaran Langsung dengan Memperhitungkan Kemampuan Awal Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 93-100.

Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23-34.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Khairunisa, R. W., & Basuki. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan CIRC. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 113–124. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.881

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.