Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.954Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy, Statistika, Mathematical Communication Ability, StatisticsAbstract
Kemampuan komunikasi matematis penting dmiliki oleh siswa. Namun, pencapaiannya masih tergolong rendah. Hal ini terkait dengan self eficacy siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di sebuah desa di kabupaten Garut dengan subjek penelitian yaitu tiga orang siswa SMP kelas IX yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data hasil tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan self eficacy siswa. Siswa dengan self-efficacy tinggi lebih baik di bandingkan dengan self-efficacy sedang dan rendah dalam penguasaaan kemampuan komunikasi matematis.
Mathematical communication skills need to be owned by students. However, the achievement is still relatively low. That is related to students' self-efficacy. This study was conducted to analyze students' mathematical communication skills in terms of self-efficacy. The type of research used is qualitative research. This research was conducted in a village in Garut district with the research subjects being three grade IX junior high school students who were randomly selected. Data collection techniques in this study were test results data, questionnaires, and interviews. The results showed that there was a relationship between mathematical communication skills and students' self-efficacy. Students with high self-efficacy are better than those with moderate and low self-efficacy in mastering mathematical communication skills.
References
Afriansyah, E. A. (2015). Qualitative became easier with ATLAS. ti. In International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS.
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems: The Original Research of Mathematics, 1 (2), 82–91.
Aulia, L. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Self Efficacy Matematik Siswa SMP Melalui Strategi Think Talk Write. Jurnnal Numeracy, 5 (2), 204–216.
Bandura, A. (1998). In Self-Efficacy (Pertama, Vol. 4). New York: Stanford University.
Chalim, M. N., Mariani, S., & Wijayanti, K. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Self Efficacy pada Setting Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 540–550.
Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 463-474.
Hanipah, H., & Sumartini, T. S. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning Dan Direct Instruction. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83-96.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3 (1), 153–164.
Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis serta Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2 (1), 35–45.
Hibattulloh, N., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 169-178.
Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183-196.
Juhrani, Suyitno, H., & Khumaedi. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self- Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran Mea. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6 (2), 251–258.
Khairunisa, R. W., & Basuki, B. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan CIRC. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 113-124.
Liu, X., & Koirala, H. (2009). The Effect of Mathematics Self-Efficacy on Mathematics Achievement of High School Students. NERA Conference Proceedings, 10–22.
Luritawaty, I. P. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Metode Diskusi Berbantuan Microsoft Office Excel. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (3), 213-221.
Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2), 239-248.
Maulani, L., & Sundayana, R. (2017). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dengan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 217-228.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nazihah, V., & Rahadi, M. (2015). Penerapan Model Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 131-139.
Nuraeni, K., & Afriansyah, E. A. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa Antara TPS dan STAD. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 13(1), 33-40.
Nurdiana, H., Pujiastuti, E., & Sugiman. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Menggunakan Model Discovery Learning Terintegrasi Pemberian Motivasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 120–129.
Permendikbud. (2014). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222.
Putri, N. I. P., & Sundayana, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Problem Based Learning dan Inquiry Learning. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 157-168.
Riyanti, R., & Mardiani, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Course Review Horay dan STAD. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 125-134.
Saptika, Y. A., Rosdiana, F., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1 (5), 873.
Schwarzer, R. (1992). Self -Efficacy: Thought Control Of Action (1st ed.; M. Fleitz, ed.). New York: Taylor & Francis Group.
Sofyan, D., & Madio, S. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93-104.
Sugandi, A. I., & Akbar, P. (2020). Efektivitas Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Ditinnjau Dari Self-Efficacy. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2), 737–745.
Sumartini, T. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa melalui Pembelajaran Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 377-388.
Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kampung Paledang Suci Kaler pada Materi Segiempat dan Segitiga. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 373-384.
Yanti, A. W., & Novitasari, N. A. (2021). Penggunaan Jurnal Reflektif pada Pembelajaran Matematika untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 321-332.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.