Improving Mathematical Literacy Skills of Grade X Vocational Students Through Project Based Learning

Authors

  • Nur Elisah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Reflina Reflina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i2.3085

Keywords:

Literasi Matematika, Pembelajaran Matematika, Project Based Learning, Mathematical Literacy, Mathematics Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan literasi matematika siswa kelas X SMKN 1 Aek Nabara Barumun melalui model Project-Based Learning (PjBL). Menggunakan desain one group pretest-posttest, intervensi dilakukan selama empat pertemuan pada semester genap 2024/2025 dengan 16 siswa. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan skor pretest ke posttest, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,57 (kategori sedang). Temuan ini menunjukkan efektivitas PjBL dalam mendorong pembelajaran aktif dan pemecahan masalah, serta layak dipertimbangkan sebagai alternatif pendekatan oleh guru matematika di SMK.

This study aims to improve the mathematical literacy of tenth-grade students at SMKN 1 Aek Nabara Barumun through the Project-Based Learning (PjBL) model. Using a one-group pretest-posttest design, the intervention was conducted over four meetings in the even semester of 2024/2025 with 16 students. The analysis showed a significant increase in pretest-posttest scores, with an average N-Gain of 0.57 (moderate category). These findings demonstrate the effectiveness of PjBL in encouraging active learning and problem-solving, and are worthy of consideration as an alternative approach for mathematics teachers in vocational high schools.

References

Astria, R., Haji, O., & Suddin, S. (2021). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Audio Visual Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Online Siswa SMA. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(2), 50–57. https://doi.org/10.32938/jipm.6.2.2021.50-57

Astuti, R., & Wardono, W. (2022). Mathematical Literacy in Terms of Cognitive Style with Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Learning by Google Classroom. Unnes Jurnal of Mathematics Education, 11(3), 264-271.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Fadillah, R., Ambiyar, A., Giatman, M., Fadhilah, F., Muskhir, M., & Effendi, H. (2021). Meta Analysis: Efektivitas Penggunaan Metode Proyect Based Learning Dalam Pendidikan Vokasi. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32408

Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Gammath: Jurnal Imliah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember, 7(2).

Harisman, Y., Mayani, D E., Armiati, A., Syahputra, H., & Amiruddin, M. H. (2023). Analysis of student's ability to solve mathematical literacy problem in junior high schools in the city area. Infinity Juornal, 12(1), 55-68.

Hapsari, W., & Mada, N. T. (2023). Inovasi Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMKN 1 Surakarta Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 104–111. https://doi.org/10.36418/japendi.v4i2.1562

Jannah, R. R., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2021). Systematic Literatur Review: Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(02), 227–234.

Kumalaretna, W. N. D., & Mulyono. (2017). International Journal of Educational Studies in Mathematics. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195–205. https://doi. org/10. 17278/ijesim

Kusumawardani, D. R. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal UNNES.

Makhmudah, S. (2018). Analisis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dan Pendidikan Karakter Mandiri. Jurnal UNNES.

Maysarah, S., Saragih, S., Armanto, D., & Siregar, H. (2024). Kemampuan literasi matematis dan keterampilan sosial melalui model project based learning. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 68–81. https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7076

Maysarah, S., Saragih, S., & Napitupulu, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematik Dengan Menggunakan Model Project-Based Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1536. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6627

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

Prendergast, M., Faulkner, F., & O’Hara, C. (2016). International Journal of Educational Studies in Mathematics. International Journal of Educational Studies in Mathematics, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.17278/ijesim

Ramadhan, S., Purbaningrum, M., Thauzahra, R., & Setyaningrum, W. (2023). Penggunaan Teknologi Untuk Mengembangkan Literasi Matematika Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3231. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7526

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1).

Ruddin, R. H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 7 Makassar. Jurnal UNM.

Sa’diyah, H., Fajari, L. E. W., Aini, S., & Fajrudin, L. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i1.71789

Safitri, P. T., Azhar, F., & Purbaningrum, K. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Model PBL & TPS. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(2), 81–88. https://doi.org/10.21009/jpi.072.09

Sektiwulan, A., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa: Systematic Literature Review. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 285–295. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15620

Siregar, R. M. R. (2022). Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Melalui Model Pembelajaran project Based Learning. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 8(2), 91–96. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3171

Suhengrin, S., & Sukestiyarno, Y. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berbasis HOTS Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Pembelajaran PBL Berbantuan E-Modul. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2279–2293. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3559.

Thomas, J. W (2000). A Review of Research on Project Based Learning. California: The Autodesk Foundation.

Undari, M., Darmansyah, & Desyandri. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Abad 21. Jurnal Tunas Bangsa, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i1.1970

Wati, P., Nusantara, T., & Utama, C. (2024). Efektivitas PjBL-STEM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 126–143. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i2.3264

Zuhri, Z. (2021). The Effect of Online Learning Methodes on Student’s Learning Abilities in Statistics Course. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2913. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4281

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Nasution, N. E., & Reflina, R. (2025). Improving Mathematical Literacy Skills of Grade X Vocational Students Through Project Based Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 421–430. https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i2.3085

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.