Strategi Mathematical Habits of Mind Berbantuan Wolfram Alpha untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1219Keywords:
Mathematical Habits of Mind, Kemampuan Berpikir kritis, Bangun Datar, Critical Thinking Ability, QuadrilateralAbstract
Tidak sedikit siswa SD yang hanya bisa mengerjakan soal saja tanpa menjelaskan maksud, misalnya dalam menyelesaikan soal bangun datar. Kemampuan berpikir kritis siswa juga masih masuk ke dalam kategori rendah. Jalan keluar dari permasalahan adalah dengan menerapkan strategi Mathematical Habits of Mind berbantu Wolfram Alpha untuk penyelesaian soal bangun datar. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi Mathematical Habits of Mind berbantu Wolfram sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain kajian literatur.
There are not a few elementary school students who can only work on questions without explaining the meaning, for example in solving flat shape problems. Students' critical thinking skills are also still in the low category. The way out of the problem is to apply the Mathematical Habits of Mind strategy assisted by Wolfram Alpha to solve flat shape problems. Thus, the purpose of this study is to describe how the implementation of the Wolfram-assisted Mathematical Habits of Mind strategy is one of the efforts to improve student's critical thinking skills in solving flat shape problems. The method used is a qualitative method with a literature review design.
References
Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi, T., & Dahlan, J. A. (2020). Mendesain soal berbasis masalah untuk kemampuan berpikir kritis matematis calon guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 239-250.
Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 359-368.
Cahyani, I. D., Fathani, A. H., & Faradiba, S. S. (2023). Brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 113-122.
Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind terhadap Kemampuan Generalisasi Matematika. Jurnal JPPM, 11(2).
Emmawita. (2018). Penggunaan Metode Pemberian Contoh untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menguasai Materi Pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 4(1), 25-30.
Fendrik, M. (2015). Analisis Kemampuan Habits of Mind Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 2(2), 80-91.
Handayani, A. D. (2015). Mathematical Habits of Mind: Urgensi dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2).
Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517-8528.
Iswara, E., Darhim, D., & Juandi, D. (2021). Students' Critical Thinking Skills in Solving on The Topic of Sequences and Series. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 385-394.
Khasanah, B. A., & Ayu, I. D. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Eksponen, 7(2), 47-53.
Luritawaty, I. P., Herman, T., & Prabawanto, S. (2022). Analisis Cara Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 191-202.
Luruk, A. A., Disnawati, H., & Simarmata, J. E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 56-62.
Marthani, G. Y., & Ratu, N. (2022). Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 305-316.
Miliyawati, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits Of Mind Matematis. Jurnal Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 174-188.
Nurdiansyah, S., Sundayana, R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis serta Habits Of Mind Menggunakan Model Inquiry Learning dan Model Creative Problem Solving. Jurnal Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95-106.
Nuryanto, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.
Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 83-92.
Putro, P. C., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 131-142.
Ristiani, A., & Maryati, I. (2022). Kemampuan representasi matematis dan self-esteem siswa pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 37-46.
Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 213-224.
Rositawati, D. N. (2018). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Posiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (pp. 74-84). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Rudianti, R., Aripin, A., & Muhtadi, D. (2021). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 437-448.
Simbolon, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510-2515.
Sulistiono, A. (2015). Pengaruh Kepribadian Siswa dan Persepsi Siswa Tentang Model Pembelajaran Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Gondang Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Delta, 3(2), 74-78.
Suparni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat, 3(2), 40-58.
Susanti, E., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Machmudah. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Margorejo VI Surabaya Melalui Model Jigsaw. Jurnal Bioedusiana, 4(1), 55-64.
Tauhid, S. M., Nurmalasari, Foldra, F., & Jaywinangun, R. (2020). Trend Kajian Pembelajaran Daring: Suatu Telaah Pustaka. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 4(2), 123-130.
Umar, W., & Usman, H. (2021). Pengembangan Pembelajaran Abad 21 Berbasis HOTS Matematis Melalui Strategi Mathematical of Mind. Jurnal Sains, Sosial dan Humaniora (JSSH), 1(2), 37-44.
Wulandari, N. N., & Agustika, G. N. (2020). Efikasi Diri, Sikap, dan Kecemasan Matematika Berpengaruh Secara Langsung dan Tidak Langsung terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal for Lesson and Leraning Studies, 3(2), 290-301.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.