Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa

Authors

  • Iqrima Universitas Lambung Mangkurat
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat
  • Kamaliyah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1221

Keywords:

pengembangan, soal statistika, etnomatematika, literasi matematis, development, statistical questions, ethnomathematics, mathematical literacy

Abstract

Soal yang digunakan di sekolah belum memfasilitasi siswa dengan literasi matematika. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengembangkan soal matematika pada materi Statistika kelas VIII berbasis etnomatematika untuk mengukur literasi matematika siswa secara praktis serta valid. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Uji coba dilakukan di kelas VIII H SMP Negeri 6 Banjarmasin dengan jumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil yang didapat produk dikatakan valid oleh ahli dengan kategori Sangat Tinggi dan valid berdasarkan hasil uji coba. Reliabilitas produk mencapai kategori Sangat Tinggi, dan kepraktisan produk termasuk dalam kategori Praktis berdasarkan rata-rata angket respon positif siswa.

The questions used in schools have not facilitated students with mathematical literacy. The aim of the research is to develop math problems in class VIII statistics based on ethnomathematics to measure students' mathematical literacy in a practical and valid way. The research method used is development research (R&D) with the 4D model. The trial was conducted in class VIII H of SMP Negeri 6 Banjarmasin with a total of 31 students. Based on the results obtained, the product is said to be valid by experts in the Very High category and valid based on the trial results. Product reliability reached the Very High category, and product practicality was included in the Practical category based on the average student positive response questionnaire.

References

Astuti, R. S. S. D. (2018). Pengembangan Soal Matematika Model PISA untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Auliya, L. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematis Berbasis Budaya Betawi untuk Siswa SMP/MTs. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Budiarto, M. T. (2016). Etno-Matematika: Sebagai Batu Pijakan untuk Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, Surabaya.

Cahyono, A. D., & Budiarto, M. T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Kesenian Rebana untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2).

Ditasona, C. (2018). Ethnomathematics Exploration of the Toba Cummunity: Elements of Geometry Transformation Contained in Gorga (Ornamen on Bataks House). IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 1(335), 1-7.

Hidayat, P. A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi perpangkatan dan bentuk akar secara daring pada masa pandemi covid-19 di desa jayaraga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 183-192.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134-150.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Daring. Jurnal PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 1(1), 1-13.

Meilina, A., Mariana, N., & Rahmawati, I. (2023). Implementasi lkpd pmri dalam materi membilang sampai 20 untuk siswa fase a sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 45-54.

Muhtadin, A., Fendiyanto, P., Rizki, N. A, (2021). Modul Soal Literasi Matematika Model PISA dengan Pendekatan Etnomatematika (Konsteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). Samarinda: Universitas Mulawarman.

Nasir. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Power Point di kelas VIII SMO Unismuh Makassar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 1(2). https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.959.

Nugraha, G. (2017). Panduan Pemeriksaan Laboratorium Hematologi Dasar. Trans Info Medika. Jakarta.

Nurhasanah, W. F., & Puspitasari, N. (2022). Studi Etnomatematika Rumah Adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 27-38.

OECD. (2019). PISA 2018 Result (Volume I): What Student Know and Can Do, Paris OECD Publishing.

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able to Put the Mathematics We Learn into Everyday Use?. Jurnal of Mathematics Education, 4, 98-100.

Oktaviranda, A. & Asmara, A. (2021). Kemampuan Literasi Melalui Pengembangan Soal pada Materi Statistika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika.

Permatasari, R. P. D., & Afriansyah, E. A. (2022). Kendala orang tua dalam mendampingi siswa ditinjau dari hasil belajar matematika secara online. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 27-36.

Rahmawati, A., Cholily, Y. M., & Zukhrufurrohmah, Z. (2023). Analyzing Students' Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.

Sugihami, G. A. D. & Setiasih, N. W. (2018). Validasi Butir Instrumen Evaluasi Model Alken Menggunakan Formula Aiken. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Develop R&D). Bandung: Alfabeta.

Thirafi, G. (2017). Analisis Tingkat Literasi Statistik pada Siswa Kelas IX MTs. Al-Aziziyah Putra Gunung Sari Tahun Pelajaran 2016/207. Mataram: Universitas Mataram.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W, & Sano, B (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wibowo, A. A., Rif’at, M., & Yani, A. (2020). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(7). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i7.41316

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Iqrima, Zulkarnain, I., & Kamaliyah. (2023). Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1221

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.