Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang mendapatkan Pembelajaran Student Teams Achievement Divison dan Problem Based Learning

Authors

  • Astri Nurmeliyanti Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Reni Nuraeni Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Nitta Puspitasari Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2223

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Student Teams Achievement Division, Problem Based Learning, Mathematical Problem-Solving Ability

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran STAD dan PBL, kualitas kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap kedua model. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang diperoleh dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran STAD dan PBL; kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran STAD dan PBL menunjukkan kualitas sedang.

The research aimed to determine the differences in the improvement of mathematical problem-solving abilities between students who received STAD and PBL learning, as well as the quality of mathematical problem-solving abilities in both models. The research employed a quasi-experimental method. The instrument used was a descriptive test. The data analysis technique involved quantitative analysis based on pretest and posttest results. The findings indicate significant differences in the improvement of mathematical problem-solving abilities between students who received STAD and PBL learning. Furthermore, the quality of the improvement in mathematical problem-solving abilities for students exposed to both the STAD and PBL learning models was categorized as moderate.

References

Anita, Y., Thahir, A., Anita, K., Suherman, & Rahmawati, N. D. (2021). Buku saku digital berbasis STEM: Pengembangan media pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401-412. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.672

Awalia, N. (2023). Model Problem Based Learning dan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 277-288. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1343

Bernard. (2018). Kemandirian Belajar Dan Persepsi Siswa Mengenai Guru Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1).

Djamilah. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6 (1).

Fauziah, N., Muhtadi, D., & Herawati, L. (2024). Kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada materi pemusatan data di smp. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 163-176. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1464

Fatimah, A. E. (2020). Upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Journal of Didactic Mathematics, 1(1), 33-40.

Ferdiani, (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.

Hanifah, H. R. F. N., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara think pair share dan think talk write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 155-166. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.600

Harahap. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika UNIMED, 7, 44-54.

Jayanti, R., & Cesaria, A. (2024). Pengaruh kemampuan literasi numerasi dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika soal cerita di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 137-148. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1441

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think pair share sebagai model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35-46. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.590

Mawaddah N.W. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Math Educa Journal, 4(2), 214-223.

Muhidin, D., Hibatullah, H., Abdul, K. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 32(2), 2022.

Mukhibin, A., Herman, T., Aulia, L. S., & Firdaus, H. (2024). Integrating Computational Thinking in STEM Learning: An Effort to Improve Students’ Problem-Solving Skills. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 49-62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1975

Nadiya, A. A. S., Jufri, L. H., & Suryani, M. (2024). Deskripsi bentuk dan faktor penyebab kesalahan siswa menyelesaikan soal matematika ditinjau dari self-regulated learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 149-162. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1459

Nugraha & Basuki. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Di Desa Mulyasari Pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235-248.

Nuraeni, K., & Afriansyah, E. A. (2021). Perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa antara tps dan stad. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 33-40.

Pitriyani, D. C., & Afriansyah, E. A. (2023). Middle School Mathematics Problem Solving Ability Reviewed from Students' Learning Interests. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 321-340. https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1691

Rahmawati, D., & Afriansyah, E. A. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis melalui proses planning, execution, dan revision ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 191-208. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1336

Ramadoni, & Admulya, B. I. (2023). Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 333-344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1348

Resilona, S., & Hidayat, W. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 1 (4), 487-492.

Ridia, N. S., dan Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetitiondan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Siswono. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecaan Masalah Dengan Konteks Covid-19. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 15-30.

Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49-59.

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Nurmeliyanti, A., Nuraeni, R., & Puspitasari, N. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang mendapatkan Pembelajaran Student Teams Achievement Divison dan Problem Based Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 385–396. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2223

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.