Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari

Authors

  • Alti Yulinawati Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Reni Nuraeni Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.959

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Self-Confidence, Statistika, Mathematical Representation Ability, Statistics

Abstract

Kesulitan dalam mempresentasikan ide-ide matematik dalam membuat persamaan matematis atau menggambarkan grafik dari suatu permasalahan yang akan menghambat siswa dalam menentukan penyelesaian dari permasalahan matematika yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-confidence pada materi Statistika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Desa Talagasari dengan subjek penelitian 8 siswa kelas VIII SMP/MTs sederajat. Instrumen penelitiannya adalah tes kemampuan representasi matematis, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa terbagi menjadi 3 kategori, yaitu memiliki kemampuan representasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tingkat self-confidence mempengaruhi tingkat kemampuan representasi matematis siswa.

Difficulty in presenting mathematical ideas in making mathematical equations or drawing graphs of a problem that will hinder students in determining the solution to a given mathematical problem. This study aims to analyze students' mathematical representation abilities in terms of self-confidence in Statistics material. This research is descriptive qualitative research. The research was conducted in Talagasari Village with 8 students of class VIII SMP/MTs as the research subject. The research instrument is a mathematical representation ability test, interviews, and questionnaires. Data analysis techniques are carried out by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results showed that students' mathematical representation abilities were divided into 3 categories, namely those with high, medium, and low mathematical representation abilities. This study concludes that the level of self-confidence affects the level of students' mathematical representation abilities.

References

Afriansyah, E. A. (2013). Design Research: Place Value in Decimal Numbers Using Metric System. In International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pembelajaran Matematika Inofatif, 1(3), 281–288. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.281-288

Agustina, T. B., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model STAD dan TPS. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 315-326.

Aiman. (2014). Pendekatan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Tidak diterbitkan.

Aisyah, A. S. N., & Madio, S. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Konstekstual dan Matematika Realistik. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 363-372.

Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16.

Chen, M. J., Lee, C. Y., & Hsu, W. C. (2015). Influence of mathematical representation and mathematics self-efficacy on the learning effectiveness of fifth graders in pattern reasoning. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 13(1).

Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30-39.

Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 463-474.

Dinar, M., & Minggi, I. (2021). Description of students Mathematical anxiety based on the students’ mathematics ability. ARRUS Journal of Mathematics and Applied Science, 1(1), 33-42.

Fitriani, N. (2015). Hubungan antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self-Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid, 2(2), 341–351.

Fuster Guillen, D. E. (2019). Qualitative Research: Hermeneutical Phenomenological Method. Journal of Educational Psychology-Propositos y Representaciones, 7(1), 217-229.

Hudha, M. N., & Batlolona, J. R. (2017). How are the physics critical thinking skills of the students taught by using inquiry-discovery through empirical and theorethical overview?. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 691-697.

Kurniawati. (2010). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa melalui Pendekatan Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan Menggunakan Alat Peraga Matematika di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Gatak Tahun 2009/2010. Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Surakarta: Tidak diterbitkan.

Laird, T. F. N. (2005). College students’ experiences with diversity and their effects on academic self-confidence, social agency, and disposition toward critical thinking. Research in higher education, 46(4), 365-387.

Lesi, A. N., & Nuraeni, R. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa antara Model TPS dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 249-262.

Lestari, R., & Fajar, M. (2020). Gratitude, Self-Esteem and Optimism in People with Physical Disabilities. Prizren Social Science Journal, 4(2), 14-21.

Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373

Maryati, I., & Monica, V. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri dalam Kemampuan Representasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 333-344.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Mohajan, H. K. (2018). Qualitative research methodology in social sciences and related subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1), 23-48.

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian kualitatif. Bandung: Rosdakarya Remaja.

Nadia, L. N. & Waluyo, S. T. B. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik melalui Inductive Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 242–250.

Nurmala, S., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 468–475.

Nurmalasari, R. (2019). Kemampuan Representasi Matematik ditinjau dari Self-Efficacy Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 516–522.

Peiró-Signes, Á., Trull, O., Segarra-Oña, M., & García-Díaz, J. C. (2021). Anxiety towards Statistics and Its Relationship with Students’ Attitudes and Learning Approach. Behavioral Sciences, 11(3), 32.

Pujiastuti. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2): 183.

Rista, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Self-confidence Siswa melalui Pembelajaran Humanistik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik. 03(02), 539–546. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1093

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275-290.

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439-450.

Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483-492

Siregar, I., & Sari, V. T. A. (2020). Strategi Motivasi Green’s, Gaya Baru Pembelajaran Matematika pada Siswa Kemampuan Rendah di Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 383-394.

Suciawati, V. (2019). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 17-22.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234.

Suwanti, S., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning dan Probing Prompting Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 303-314.

Wahyuni, D. S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self-confidence Siswa pada Materi Lingkaran. Jurnal Matematika, 5(1), 55.

Wicaksono, B. D., & Prihatnani, E. (2019). Profil Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 71-82.

Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251-262.

Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47-60.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Yulinawati, A., & Nuraeni, R. (2021). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 519–530. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.959

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.