Eksplorasi Pembelajaran Kalkulus Integral dengan Menggunakan Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1526Keywords:
Eksplorasi, Kalkulus Integral, Teknologi, Exploration, Integral Calculus, TechnologyAbstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui alat teknologi yang digunakan dalam pembelajaran Kalkulus Integral, peran alat teknologi bagi mahasiswa dalam pembelajaran Kalkulus Integral, topik Kalkulus Integral yang sudah dikembangkan dengan alat teknologi, dan visualisasi alat teknologi dalam pembelajaran Kalkulus Integral. Metode yang digunakan adalah SLR menggunakan protokol PRISMA untuk memilih artikel yang memenuhi syarat melalui database Google Scholar periode 2018-2023. Protokol PRISMA berisi empat tahapan yaitu identification, screening, eliglibility, dan include. Dari 93 artikel yang terjaring hanya 5 artikel yang memenuhi kriteria untuk dikaji lebih lanjut. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Kalkulus Integral masih sangat sedikit.
The research was conducted to determine the technological tools used in learning Integral Calculus, the role of technological tools for students in learning Integral Calculus, Integral Calculus topics developed using technological tools, and visualization of technological tools in learning Integral Calculus. The method used is SLR using the PRISMA protocol to select eligible articles through the Google Scholar database for 2018-2023. The PRISMA protocol contains four stages, namely identification, screening, eligibility, and inclusion. Of the 93 articles collected, only 5 met the criteria for further study. The research results state that the use of technology in teaching Integral Calculus is still very small.
References
Awaludin, Wibawa, B., Sitepu, B. P., & Winarsih, M. (2019, November). The Effect of Hypermedia-Based E-Book on Learning Achievement of Integral Calculus. Prosiding ICTES Bali-Indonesia.
Awaludin, & Salam, M. (2017). Pengembangan Bahan Pembelajaran Kalkulus Integral Berbasis Konteks untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 1-6.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2008). Research Methods in Education (8th ed.). Taylor & Francis.
Elyana, D., Wulandari, A. A., & Mulyani, O. B. T. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77-86.
Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Hartati, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Integral dengan Strategi Small Group Discussion. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 351-360.
Himmi, N., Dewi, I., & Ahyaningsih, F. (2023). Epistemological and Ethical Philosophy of Mathematics in 21ST Century Mathematics Learning Practices. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(4), 1507-1520.
Jafar, A. F., Rusli., Dinar, M., Irwan., & Hastuty. (2020). The Effectiveness of Video-Assisted Flipped Classroom Learning Model Implementation in Integral Calculus. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 2(1), 97-103.
Kennedy, T. J., & Sundberg, C. W. (2020). 21st century skills. Science education in theory and practice: An introductory guide to learning theory, 479-496.
Kitchenham, B., & Charters, S. (2007). Guidelines for performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering (version 2.3). Technical Report. Keele University and University of Durham.
Laja, Y. P. W. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Limit Trigonometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 37-48.
Listiani, T., Maharani, R., & Chong, S. T. (2023). Qualitative Research in Geometry: ExamView as an Application in Facilitating Question Input in Moodle. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 345-358.
Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. (2022). Deskripsi disposisi matematis mahasiswa pada mata kuliah kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 349-358.
Mariko, S. (2019). Aplikasi Website Berbasis Html Dan Javascript Untuk Menyelesaikan Fungsi Integral Pada Mata Kuliah Kalkulus. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 80-91.
Mefiana, S. A., & Juandi, D. (2023). Relational Understanding in Solving Mathematical Problems: A Systematic Literature Review. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 473-488.
Muhtadi, D., & Wulandari, W. (2023). Kesulitan peserta didik pada materi luas permukaan dan volume limas. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 361-372.
Nedic, D. D., Jotanovic, G., Krsic, A., & Paunovic, T. (2020, October). Calculating the Surface of a Flat Figure–application of the Definite Integral in the GeoGebra Program Package. Prosiding International Conference on Information Technology and Development of Education. Zrenjanin, Republic of Serbia.
Ningsih, F., & Deswita, R. (2023). Developing an e-Module on Blended Learning-based Calculus Courses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 429-440.
Nur, A. S., Marlissa, I., Kamariah, K., Palobo, M., & Ramadhani, W. P. (2021). Mathematics education research in Indonesia: A scoping review. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 14(2), 154-174.
Nuraeni, R., & Juandi, D. (2023). Assessing Technological Pedagogical Content Knowledge Proficiency Among Prospective Mathematics Teachers in Micro-Learning Courses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 843-852.
Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 289-298.
Nurillahwaty, E. (2022, Desember). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas PGRI Palembang, 1, 81-85.
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.
Ompusunggu, V. D. K. (2022, Mei). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di SMP Negeri 1 Paranginan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Saintek, Sosial, dan Hukum.
Putra, Z. H., Hermita, N., & Alim, J. A. (2021). Analisis pengetahuan matematika, didaktika, dan teknologi calon guru sekolah dasar menggunakan rasch model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 345-356.
Rahayu, M., Aima, Z., & Juwita, R. (2023). Validitas E-Modul Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Peluang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 265-276.
Ranila, R., Yunianta, T. N. H., & Prihatnani, E. (2023). Developing Android-Based Counting Game as Learning Media to Train Students' Creative Thinking. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 599-614.
Saparwadi, L. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kalkulus Integral melalui Kegiatan Lesson Study di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-14.
Shodikin, A. (2016). Dokumentasi Hasil Belajar Kalkulus Integral Jurusan Matematika. Lamongan: Perpustakaan Jurusan Matematika Unisda.
Shodikin, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Animasi. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-11.
Silalahi, S. M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam penyampaian materi menggunakan lembar kerja mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 215-226.
Sofyan, D., Puspitasari, N., Maryati, I., Basuki., & Madio, S. S. (2019, Juli). The Effects of GeoGebra on Problems Solving Skill in the Integral Calculus. Prosiding ICONISTECH Bandung-Indonesia.
Syafriafdi, N. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Aulia, 6(1), 1-8.
Widyatama, A., & Pratama, F. W. (2022). Pengembangan Mobile Learning PINTHIR Berbasis Android sebagai Sumber Belajar dan Sarana Mengerjakan Soal Trigonometri SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 25-36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.