Kemampuan Penalaran Proporsional pada Materi Perbandingan

Authors

  • Tita Puspita Universitas Siliwangi
  • Ipah Muzdalipah Universitas Siliwangi
  • Elis Nurhayati Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1227

Keywords:

Kemampuan Penalaran Proporsional, Indikator Penalaran Proporsional, Kesulitan Peserta Didik, Proportional Reasoning Ability, Indicators of Proportional Reasoning, Student Difficulty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran proporsional peserta didik serta kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi perbandingan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi dengan pengambilan data menggunakan think aloud. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan penalaran proporsional dan wawancara tidak terstruktur. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas IX A SMP Negeri 2 Teluk Gelam Palembang. Penentuan subjek berdasarkan hasil pengerjaan soal tes peserta didik yang memenuhi 4 indikator kemampuan penalaran proporsional peserta didik terlepas dari jawaban benar atau salah, serta mampu memberikan informasi yang jelas sekaitan pengerjaan soal tes. Teknik analisis data yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menggunakan think aloud disimpulkan bahwa terdapat dua peserta didik yang mampu mengerjakan soal tes dan mampu memenuhi empat indikator kemampuan penalaran proporsional terlepas dari jawaban benar atau salah.

This study aims to analyze the proportional reasoning abilities of students and the difficulties faced by students in solving problems on comparative material. This research includes qualitative research with exploratory methods with data collection using think aloud. Data collection techniques used in the form of proportional reasoning ability tests and unstructured interviews. The subjects of this study were students of class IX A of SMP Negeri 2 Teluk Gelam Palembang. Subject determination is based on the results of students' test questions that meet 4 indicators of students' proportional reasoning abilities regardless of right or wrong answers, and are able to provide clear information regarding test questions. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion drawing. From the results of the study using think aloud, it was concluded that there were two students who were able to work on the test questions and were able to meet the four indicators of proportional reasoning ability regardless of right or wrong answers.

References

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 103-112.

Fatmaningrum, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Proporsional Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas VIII SMP. (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika-FKIP).

Hajidah, R. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Kelas VII Pada Materi Perbandingan. [SKRIPSI]

Hudiria, I., Haji, S., & Zamzaili, Z. (2022). Mathematical Disposition dan Self-concept terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa pada Masa Pandemi COVID-19. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 435-446.

Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508.

Nugraha, Y., Sujadi, I., & Pangadi, P. (2016). Penalaran proporsional siswa kelas VII. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 34-47.

Permatasari, D. I. (2017). Penalaran Proporsional Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 199-207.

Purwanti, K. L., & Adriyani, Z. (2018). Kemampuan Literasi Matematika Pada Discovery Learning Pendekatan RME Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas V. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 183-195.

Putra, A., Tensa, Y., & Erita, S. (2020). Analisis Penalaran Proporsional Siswa dengan Gaya Belajar Auditori dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan. Journal on Education, 2(4), 323-330.

Putri, A. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah rutin dan non-rutin pada materi aturan pencacahan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 890-896.

Rahmawati, K. D., & Astuti, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Pertidaksamaan Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 187-200.

Ramdhani, S. (2017). Kemampuan Penalaran Analogis Santri Dalam Geometri: Penelitian Kualitatif Di Sebuah Pondok Pesantren. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 385-396.

Sadiah, D. S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa ditinjau dari tingkat penyelesaian masalah pada materi operasi pecahan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 31-44.

Saputra, C. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 62-73.

Soejono. (1984). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidial Matematika. Jakarta. P2LPTK.

Zamnah, L. N., & Ruswana, A. M. (2018). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence melalui pembelajaran peer instruction with structured inquiry (PISI). JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Puspita, T., Muzdalipah, I., & Nurhayati, E. (2023). Kemampuan Penalaran Proporsional pada Materi Perbandingan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 107–116. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1227

Issue

Section

Articles