Students' Critical Thinking Skills in Solving on The Topic of Sequences and Series
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.941Keywords:
kemampuan berpikir kritis, barisan, deret, pembelajaran online, critical thinking skills, sequence, series, online learningAbstract
Salah satu keterampilan matematika yang paling penting dari abad ke-21 adalah keterampilan berpikir kritis. Pada awal tahun 2020 sistem pendidikan Indonesia menerapkan pembelajaran online akibat Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis dalam memecahkan barisan dan deret pada saat penerapan pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan populasi seluruh siswa kelas 12 SMA Negeri 25 Garut. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan pertimbangan subjek telah mempelajari materi barisan dan deret serta dipilih sebanyak 32 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes dengan tipe deskripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan soal secara online melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas 12 SMA Negeri 25 Garut dalam menyelesaikan materi barisan dan deret berada pada kategori sedang dengan persentase rata-rata 56,92%.
One of the most important mathematical skills of the 21st century is critical thinking skills. In early 2020 the Indonesian education system implemented online learning due to Covid-19. This study aims to analyze the ability of mathematical critical thinking in solving sequence and series at the time of online learning application. This study uses a qualitative descriptive method with a population of all students in 12th grade on SMA Negeri 25 Garut. The sample was chosen based on purposive sampling, with the subject having studied the sequence and series materials and selected a class of 32 students as a research sample. The instrument used is a test with a description type. The data collection technique is done by providing questions online through a google form. The results showed the mathematical critical thinking skills of 12th-grade students on SMA Negeri 25 Garut in solving sequence and series materials were in the medium category with an average percentage of 56.92%.
References
Abdullah, I. H. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66-75.
Afriansyah, E. A. (2021). Realistic Mathematics Education Berbasis Emergent Modeling untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Curiosity Mahasiswa Calon Guru (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Afriansyah, E. A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021, February). Critical thinking skills in mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012013). IOP Publishing.
Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., & Rochmad. (2017). Analysis of Mathematics Critical Thinking Students in Junior High School Based on Cognitive Style. Journal of Physics: Conference Series, 824(3), 1-6.
Ennis, R. H. (2011). Critical Thinking: Reflection and Perspective Part I. SPRINGER, 26(1), 4-14.
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. Jurnal Aksioma, 9(1), 11-20.
Gaol, M. L., Prabawanto, S., & Usdiyana, D. (2019). Students’ Mathematical Critical Thinking Ability on Cube and Cuboid Problems. Journal of Physics: Conf. Series, 1157, 1-5.
Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Barisan dan Deret. Seminar Prosiding pada Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I). Dalam Masduki dan Hirtanto (Penyunting). Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik serta Kemandiriaan Belajar Siswa SMP terhadap Materi SPLDV. Jurnal on Education, 1(2), 515-523.
Iswara, E., Darhim, & Juandi, D. (2021a). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Reflektif dan Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematis. Tesis. SPs UPI: Repository@upi.edu
Iswara, E., Darhim, & Juandi, D. (2021b). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Reflektif dan Impulsif dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Aritmatika. Prisma 4: Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang: Unnes.
Kharisma, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK pada Materi Barisan dan Deret. JRPM: Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 62-75.
Marjuwita, et al. (2020). Students’ critical mathematical thinking process based on their cognitive styles. Journal of Physics: Conference. Series vol.1460.
Marlina, & Jayanti. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sendia, 5(1), 392-396.
Mukhlis, M., Dafik, & Hobri. (2018). Student Critical thinking in Solving Two Dimensional Armetics Problems Based on 21th Century Skills. IJAERS: International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(4), 19-30.
Nisa, et al. (2020). Profile of critical thinking skills in student’s SMPN 1 Kalipare at topic of substance and its characteristics. Journal of Physics: Conference Series vol 1440.
Nurdiansyah, S., Sundayana, R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis serta Habits Of Mind Menggunakan Model Inquiry Learning dan Model Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95-106.
Qing, Z., Huang, Q., & Tian, H. (2013). Developing Students’ Critical Thinking Skills by Task-Based Learning in Chemistry Experiment Teaching. Creat. Educ, 4(12), 40-5.
Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Antara Guided Inquiry dan Problem Posing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-46.
Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 213-224.
Rofi’ah, K., & Masriyah. (2018). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. MathUnesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 550-556.
Rudianti, R., Aripin, A., & Muhtadi, D. (2021). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 437-448.
Sadiyono, B. (2014). Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 25-30.
Salwah, Ashari, N.W., & Ma’rufi. (2020). Mathematical critical thinking ability of students grade VII in solving one variable linear equation questions based on their cognitive style. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1), 1-6.
Stukalo, N., & Simakhova, A. (2020). COVID-19 Impact on Ukrainian Higher Education. Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3673-3678.
Susilo, B. E, Darhim, & Prabawanto, S. (2019a). Students' Critical Thinking Skills Toward The Relationship Of Limits, Continuity, And Derivatives Of Functions. International Journal Of Scientific & Technology Research (vol.8 ).
Susilo, B. E, Darhim, & Prabawanto, S. (2019b). Supporting Activities for Critical Thinking Skills Development Based on Students' Perspective. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things (vol.1).
Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 169-182.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.