Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Self-Regulated Learning Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1632Keywords:
Discovery Learning, Berpikir Kritis Matematis, Self-Regulated Learning, Mathematical Critical Thinking AbilityAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self -regulated learning. Jenis penelitian yaitu quasy eksperimen. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Tambang. Teknik pengumpulan data berupa soal tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu uji-t dan anova dua arah. Dari hasil analisis disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara dua kelompok siswa, jika ditinjau dari Self-Regulated Learning tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara dua kelompok siswa, dan tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan Self-Regulated Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
The research aims to determine the effect of Discovery Learning on critical mathematical thinking skills in self-regulated learning. The type of research is quasi-experimental. The study was conducted at SMAN 1 Tambang. Data collection techniques include test questions, questionnaires, observation sheets, and documentation. The analysis used is the t-test and two-way ANOVA. From the analysis results, it was concluded that there were differences in mathematical critical thinking abilities between the two groups of students. If viewed from Self-Regulated Learning, there were no differences in mathematical critical thinking abilities between the two groups of students, and there was no interaction effect between the learning model and Self-Regulated Learning on thinking abilities. students' mathematical critical skills.
References
Abror, M. H. (2022). Self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233-242.
Afsari, S., Safitri, I., Khadijah Harahap, S., & Sahena Munthe, L. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/IJIPUBLICATION.V1I3.117
Alfitry, S., Pd, M., Nurhadi, S. P. I., Sy, S. E., & SH, M. S. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar. Guepedia.
Andriyani, E., Muhaimin, M., & Syaiful, S. (2021). Pengaruh Model Self Regulated Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 54–64. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.14599
Anugraheni, N., & Adistana, G. agus Y. P. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa Kelas X Dpib Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 9(1).
Aprilia, I. S., & Diana, H. A. (2023). Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Taruna Terpadu Bogor. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 83-92.
Atiyah, A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 103-112.
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X dalam memecahkan masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922.
Cahyani, I. D., Fathani, A. H., & Faradiba, S. S. (2023). Brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 113-122.
Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2023). Strategi Mathematical Habits of Mind Berbantuan Wolfram Alpha untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Bangun Datar. Plusminus: jurnal pendidikan matematika, 3(1), 15-28.
Lestari, E., Yudhanegara, & Ridwan, M. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (1st ed.). PT. Refika Aditama.
Ghassani, D. A., Nursa’adah, A., Septira, F., Effendi, M., Herman, T., & Hasanah, A. (2023). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Kurikulum Merdeka. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 307-316.
Gusmawan, D. M., Priatna, N., & Martadiputra, B. A. P. (2021). Perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self-regulated learning. Jurnal Analisa, 7(1), 66–75. https://doi.org/10.15575/JA.V7I1.11749
Hanifah, S. Z., Febriana, K., & Sandha, S. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika: Meta Analysis: The Effect Of Discovery Learning Model On Increasing Mathematics Critical Thinking Ability. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153–164.
Hanipah, N., & Kania, N. (2023). Unveiling the Power of Discovery Learning: Boosting Students' Mathematical Understanding and Confidence. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 281-288.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203.
Kemdikbud. (2022). Permendikbud Ristek (Kepmen 033 Tahun 2022).
Kosasih, U., Saputra, S., & Mutmainnah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bernuansa Islami Terkait Kemampuan Koneksi Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 479-488.
Kusumadewi, R. F., Ulia, N., & Ristanti, N. (2019). Efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan literasi matematika di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 11–16.
Mardarani, F. D., & Apriyono, F. (2023). Kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah ditinjau dari self-concept matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 243-252.
Mulyatiningsih, E. (2015). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Uny Press.
Murniati, S., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kesesuaian Materi Himpunan Buku Teks Siswa Matematika Kelas VII terhadap Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 177-188.
Murwanto, A., Qohar, A., & Sa’dijah, C. (2022). Pengembangan LKPD daring pendekatan guided discovery berbasis HOTS materi persamaan dan fungsi kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 391-402.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68–84.
Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 83-92.
Putri, E. A., Mulyanti, Y., & Imswatama, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 167–174. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.167-174
Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175-184.
Sabina, F. (2019). Penerapan discovery learning dengan pendekatan scientific dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis serta dampaknya terhadap self regulated learning siswa smp. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 201–215.
Saragih, S. (2007). Mengembangkan kemampuan berpikir logis dan komunikasi matematik siswa sekolah menengah pertama melalui pendekatan matematika realistik. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Setiana, D. S., Nuryadi, N., & Santosa, R. H. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari aspek overview. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 1–12.
Setiawarni, A., Rahmi, D., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan koneksi matematis berdasarkan self regulated learning siswa sekolah menengah pertama. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 227-238.
Sugiyono, P. D. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Keempat). Alfabeta.
Sulastri, E., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 289-302.
Susanti, L., Kosasih, U., Fadilawati, F., & Indriani, T. (2023). Model Brain-Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa MTs. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 317-332.
Susanti, D., Retnawati, H., Arliani, E., & Irfan, L. (2023). Peluang dan tantangan pengembangan asesmen high order thinking skills dalam pembelajaran matematika di indonesia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 229-242.
Syahrum, & Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Ananda Rusydi (ed.). Ciptapustaka Media.
Tajuddin, A. T., Sujadi, I., Slamet, I., & Hendriyanto, A. (2023). Mathematical Critical Thinking: Analysis of Middle School Students' Thinking Processes in Solving Trigonometry Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 703-720.
Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117-128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.