Analysis of Critical Mathematical Thinking Skills in Level 1 Cadets of Surabaya Maritime

Authors

  • Tanti Diyah Rahmawati POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA
  • Agus Dwi Santoso Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Vigih Heri Kristanto Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Ambar Prisetia Rini Politeknik Pelayaran Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1520

Keywords:

Analisis, Keterampilan berpikir kritis matematis, Level 1, Analysis, Critical mathematical thinking Skills

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan seseorang untuk mengajukan dan menganalisis informasi, membuat kesimpulan berdasarkan bukti, dan mengevaluasi proses berpikirnya sendiri. Dalam konteks taruna, kemampuan berpikir kritis matematis penting karena banyak tugas yang membutuhkan pemecahan masalah dalam mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis matematis pada seorang taruna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu taruna Politeknik Maritim Surabaya Jenjang 1 Program Studi Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal. Data dikumpulkan melalui tes uraian berpikir kritis dan dianalisis secara deskriptif sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis subjek memiliki berbagai Interpretasi dari kategori rendah, cukup dan tinggi. Pada indikator Analisis, 64% subjek berada pada kategori cukup, pada tahap evaluasi, 71 % termasuk katefori tinggi, dan pada indikator inferensi, 74 % juga pada kategori tinggi. Secara keseluruhan kemampuan taruna dalam berpikir kritis memiliki persentase 64,75% dengan kategori cukup.

Critical thinking skills are needed by someone to submit and analyze information, make conclusions based on evidence, and evaluate their thinking processes. Mathematical critical thinking skills are important in cadets because many tasks require problem-solving when making decisions. This study aims to determine how mathematical critical thinking skills are in a cadet. This study uses a descriptive method. The study subjects were cadets of the Surabaya Maritime Polytechnic Level 1, Ship Machinery Engineering Technology Study Program. Data were collected through critical thinking essay tests and analyzed descriptively according to the indicators of critical thinking skills. The results showed that the subjects' essential skills of thinking had various interpretations from the low, sufficient, and high categories. In the Analysis indicator, 64% of subjects were in the sufficient category, in the evaluation stage, 71% were in the high category, and in the inference indicator, 74% were also in the high category. Overall, the cadets' ability to think critically had a percentage of 64.75% with a sufficient category.

References

Andriani, I., & Suparman. (2018). Deskripsi bahan Ajar Matematika Berbasis PMRI Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 6(0), 221–226.

Aprilia, I. S., & Diana, H. A. (2023). Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Taruna Terpadu Bogor. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 83-92.

Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Kelistrikan dan Penerapannya dalam Kehidupan. Fisika, 10(1), 1–11.

Arsal, Z. (2017). The Impact of Inquiry-Based Learning On The Critical Thinking Dispositions of Pre-Service Science Teachers. International Journal of Science Education, 39(10), 1326–1338. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1329564

Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8.

Cahyani, I. D., Fathani, A. H., & Faradiba, S. S. (2023). Brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 113-122.

Ennis, R. (2011). Critical Thinking: Reflection and Perspective Part I. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(1), 4–18.

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (ISBN 13: 978-1-891557-07-1).

Fulgensius Efrem Men. (2017). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pengajuan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(1), 35–42. https://doi.org/10.36928/jpkm.v9i1.115

Herunata, H., Amayliadevi, R., & Widarti, H. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Indikator Memberikan Penjelasan Lebih Lanjut Materi Hidrokarbon. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 5(1), 47–58. https://doi.org/10.17977/um026v5i12020p047

Iswara, E., Darhim, & Juandi, D. (2021). Students' Critical Thinking Skills in Solving on The Topic of Sequences and Series. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 385-394.

Kozikoğlu, İ. (2019). Investigating Critical Thinking in Prospective Teachers: Metacognitive Skills, Problem Solving Skills And Academic Self-Efficacy. Journal of Social Studies Education Research, 10(2), 111–130.

Luritawaty, I. P., Herman, T., & Prabawanto, S. (2022). Analisis Cara Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 191-202.

Mardarani, F. D., & Apriyono, F. (2023). Kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah ditinjau dari self-concept matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 243-252.

Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik smp ditinjau dari self-efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143-154.

Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194

Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa antara guided inquiry dan problem posing. PLUSMINUS: Jurnal pendidikan matematika, 1(1), 33-46.

Sari, A. C., Ilmiyah, N., & Lestari, I. Y. (2021). Analisis Berpikir Kritis Pada Masa Pandemi (Covid-19) Ditinjau Dari Gender. Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 91–100. https://doi.org/10.32665/james.v4i2.246

Siburian, J., Corebima, A. D., Ibrohim, & Saptasari, M. (2019). The Correlation Between Critical and Creative Thinking Skills On Cognitive Learning Results. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(81), 99–114. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.81.6

Tajuddin, A. T., Sujadi, I., Slamet, I., & Hendriyanto, A. (2023). Mathematical Critical Thinking: Analysis of Middle School Students' Thinking Processes in Solving Trigonometry Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 703-720.

Yanti, O. F., & Prahmana, R. C. I. (2017). Model Problem Based Learning, Guided Inquiry, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 120–130. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.120-130

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Rahmawati, T. D., Santoso, A. D., Kristanto, V. H., & Prisetia Rini, A. (2024). Analysis of Critical Mathematical Thinking Skills in Level 1 Cadets of Surabaya Maritime. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1520

Issue

Section

Articles