Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1121Keywords:
Kecemasan Belajar, Pemecahan Masalah Matematika, SMA, Learning Anxiety, mathematical problem-solving, senior high schoolAbstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Indonesia rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya yaitu kecemasan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA. Penelitian ex-post facto ini merupakan penelitian Causal Comparative Research. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI salah satu SMA Negeri di Tinambung, dengan sampel sebanyak 48 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berbentuk instrumen angket kecemasan matematika dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensian dengan uji regresi linear sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dengan kontribusi 15,4%. Faktor kecemasan siswa pada matematika perlu diperhatikan dengan baik oleh guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Students' mathematical problem-solving ability in Indonesia is low. One of the factors that influence it is anxiety. This research was conducted to determine the effect of math anxiety on the math problem-solving abilities of class XI high school students. This ex-post facto research is a Causal Comparative Research study. The study population was all students of class XI at one of the State Senior High Schools in Tinambung, with a sample of 48 students selected by cluster random sampling technique. The data collection technique was in the form of a mathematical anxiety questionnaire and a mathematical problem-solving ability test. Data analysis was carried out descriptively and inferentially with a simple linear regression test. The test results show that there is an effect of math anxiety on math problem-solving abilities, with a contribution of 15.4%. The student's anxiety factor in mathematics needs to be properly considered by the teacher to improve the ability to solve mathematical problems.
References
Abror, M. H. (2022). Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233-242.
Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal on Education,1(1), 14-21.
Arief, B. W., & Saufi, M. (2013). Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika Dan Pemahaman Matematis. Jurnal Formatif, 6(1), 12-22.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Coccia, M. (2020). The evolution of scientific disciplines in applied sciences: dynamics and empirical properties of experimental physics. Scientometrics, 124(1), 451-487.
Dzulfikar, A. (2013). Studi Literatur: Pembelajaran Kooperatif Dalam Mengatasi Kecemasan Matematika Dan Mengembangkan Self Efficacy Matematis Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Esterwood, E., & Saeed, S. A. (2020). Past epidemics, natural disasters, COVID19, and mental health: learning from history as we deal with the present and prepare for the future. Psychiatric quarterly, 91(4), 1121-1133.
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.
Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV. SJME: Supremum Journal of Mathematics Education,3(1), 32-36.
Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The difficulties of high school students in solving higher-order thinking skills problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 44-54.
Herlambang. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswakelas Vii-A Smp Negeri 1 Kepahiang Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Skripsi pada Universitas Bengkulu: Tidak Diterbitkan.
Hidayat, W., & Ayudia, D. B. (2019). Kecemasan Matematik Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 205–214.
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. de Format: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.
Istigosah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau gaya kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 149-160.
Kusmaryono, I., & Ulia, N. (2020). Interaksi gaya mengajar dan konten matematika sebagai faktor penentu kecemasan matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 143-154.
Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.
Lutovac, S. (2020). How failure shapes teacher identities: Pre-service elementary school and mathematics teachers’ narrated possible selves. Teaching and Teacher education, 94, 103120.
Masruroh, L., & Reza, M. D. (2015). Pengaruh Kecemasan Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematikadi SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 175-186.
Mukholil. (2018). Kecemasan Dalam Proses Belajar. Jurnal Eksponen, 8(1), 1-8.
Murtafiah, M., & Amin, N. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 75-82.
Orishev, J., & Burkhonov, R. (2021). Project for training professional skills for future teachers of technological education. Mental Enlightenment Scientific-Methodological Journal, 2021(2), 139-150.
Osman, S., Yang, C. N. A. C., Abu, M. S., Ismail, N., Jambari, H., & Kumar, J. A. (2018). Enhancing students’ mathematical problem-solving skills through bar model visualisation technique. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 273-279.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84.
Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018, September). Urgency of higher order thinking skills (HOTS) content analysis in mathematics textbook. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012147). IOP Publishing.
Rafiqah, M., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Alibkin: jurnal bimbingan dan konseling, 2(2).
Rashidov, A. S. (2022). Using of problem educational technologies in the development of students'creative and logical thinking skills. Berlin Studies Transnational Journal of Science and Humanities, 2(1.5 Pedagogical sciences).
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.
Septiarini, I., Kesumawati, N., & Jumroh, J. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri se-kecamatan banyuasin. Journal of Mathematics Science and Education, 3(1), 8–16.
Sholihah, T. M., & Lastariwati, B. (2020). Problem Based Learning to Increase Competence of Critical Thinking and Problem Solving. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 148-154.
Stoet, G., & Geary, D. C. (2018). The genderequality paradox in science, technology, engineering, and mathematics education. Psychological science, 29(4), 581-593.
Sugianto, R., Darmayanti, R., & Vidyastuti, A. N. (2022). Stage of Cognitive Mathematics Students Development Based on Piaget's Theory Reviewing from Personality Type. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 17-26.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Suparman, S., Juandi, D., & Herman, T. (2021, March). Achievement emotions of female students in mathematical problem-solving situations. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012106). IOP Publishing.
Szczygieł, M., & Pieronkiewicz, B. (2022). Exploring the nature of math anxiety in young children: Intensity, prevalence, reasons. Mathematical Thinking and Learning, 24(3), 248-266.
Tohir, M. (2019, Desember). HASIL PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibandingkan Dengan 2015.
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57-68.
Utami, A. H., & Warmi, A. (2020). Analisis kesulitan belajar ditinjau dari rasa kecemasan matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Vos, P. (2018). “How real people really need mathematics in the real world”—Authenticity in mathematics education. Education Sciences, 8(4), 195.
Yuanita, P., Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2018). The effectiveness of Realistic Mathematics Education approach: The role of mathematical representation as mediator between mathematical belief and problem solving. PloS one, 13(9), e0204847.
Zhou, D., Du, X., Hau, K. T., Luo, H., Feng, P., & Liu, J. (2020). Teacher-student relationship and mathematical problem-solving ability: mediating roles of self-efficacy and mathematical anxiety. Educational Psychology, 40(4), 473-489.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.