Cultural Perspectives in Geometry: Designing Ethnomathematics-Inspired Educational Tools for Geometric Thinking

Authors

  • Fayza Sandya Wibawa Universitas Majalengka
  • Iik Nurhikmayati Universitas Majalengka
  • Nia Kania Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.2276

Keywords:

Ethnomathematics, Geometri, Pengembangan bahan ajar, Geometry, Development of teaching materials

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika guna meningkatkan keterampilan berpikir geometri siswa. Metode yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dengan pendekatan 4D. Teknik analisis data meliputi penghitungan skor validitas dan kepraktisan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan memiliki validitas rata-rata sebesar 85% dan kepraktisan rata-rata 90,5%, menandakan bahwa bahan ajar sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Keberhasilan ini dicapai melalui integrasi konsep geometri dengan budaya lokal, sehingga pembelajaran menjadi lebih kontekstual, relevan, dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

This research aims to develop ethnomathematics-based teaching materials to improve students' geometric thinking skills. The method used is a research and development model with a 4D approach. Data analysis techniques include calculating validity and practicality scores through questionnaires. The research results show that the teaching materials developed have an average validity of 85% and an average practicality of 90.5%, indicating that the teaching materials are very valid and very practical to use in learning. This success was achieved through integrating geometric concepts with local culture, so that learning becomes more contextual, relevant, and can increase student motivation in learning.

References

Agrestian, R., & Nurhikmayati, I. (2024). Pengembangan Alat Peraga Valorem Fractus untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pecahan Senilai. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 3(1). https://doi.org/10.56916/pjmsr.v3i1.750

Agusta, E. S. (2021). Pembelajaran Etnomatematika Pada Budaya Betawi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Siswa Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 53–67. https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.7

Alvianto, A. L., & Setianingsih, R. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Peninggalan Sejarah Dan Budaya Sumenep. MATHEdunesa, 13(1), 234–254. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n1.p234-254

Andrea, J., Sakinah, F., Gistituat, N., & Hardiyantot. (2024). 7158 Merdeka Belajar Dalam Revolusi Pendidikan Indonesia di Era Disrupsi.

Ardiyanti, B., Choirudin, C., & Ningsih, E. F. (2024). Etnomatematika Bangunan Pionering Pramuka terhadap Minat dan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 156–161. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.509

Atmaja, I.M.D. (2024). Prosiding MAHASENDIKA III Tahun 2024 Logika Berpikir Manusia Dalam Konteks Etnomatematika Dan Konsep Matematika.

Fatimah, N., Setiawati, E., Suharto, T. H., Kunci, K., Datar, B., Banjar, B., & Dasar, S. (2024). Integrasi Etnomatematika Budaya Banjar dalam Pembelajaran Bangun Datar untuk Siswa Kelas 2 SD. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(6).

Febriyanti, I., & Rahmawati, I. (2020). Eksplorasi Geometri Pada Candi Bajang Ratu Sebagai Implementasi Etnomatematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3).

Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145–158. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.705

Hartanti, S., & Ramlah, R. (2021a). Etnomatematika: Melestarikan Kesenian dengan Pembelajaraan Matematika. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(2), 33. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i2.347

Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Didaxei, 3(2).

Kania, N., & Ratnawulan, N. (2022). Kompetensi matematika: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menurut-polya. Journal of Research in Science and Mathematics Education, 1(1)

Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky). Jurnal Madaniyah, 11.

Lestari, S. A. P., Kusumaningrum, D. S., & Nurapriani, F. (2024). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Bangun Datar Segi Empat Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 161–171. https://doi.org/10.53621/jippmas.v4i2.369

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Matos, G. A., & Agetta, M. Y., Khowiyah. (2024). Persepsi Kesulitan Belajar Matematika Geometri Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. 7. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 7(12).

Miranti, M., Mukodas, M., & Anwar, M. (2024). Representasi Budaya dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Tingkat SMA. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(2), 233–245. https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i2.1866

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Nurmaya, R., Herawati, R., & Ratnaningsih, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Oktaviana, E.B.N., Setiyadi, D., & Siregar, F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Etnomatematika Bernuansa Rumah Adat Provinsi Banten Pada Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1835–1845. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7195

Pawartani, T, Suyono, & Rufiana, I.S. (2024). Merajut Bahasa, Seni, Dan Numerasi Melalui Pengembangan Cerita Bergambar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2).

Pertiwi, A. (2020). Konsep Informatika Dan Computational Thinking Di Dalam Kurikulum Sekolah Dasar, Menengah, Dan Atas. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 146. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.53

Putri, F. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Ukir Kayu Jepara Pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX SMP/MTs. PEMANTIK: Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 2(1).

Rahman, B., & Margaretha Sinaga, R. (2024). Penanaman Nilai Keindonesiaan Dalam Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Digital: Etnomatematika Dalam Gerakan Tari Sigeh Penguten. JPGMI, 10(2).

Renanda, A., Qohar, Abd., & Chandra, T. D. (2023). Analisis Peningkatan Level Berpikir Geometri Mahasiswa Berdasarkan Teori Van Hiele dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.101-114

Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1222

Setiyadi, D., Hartono, Rokhman, F., & Wagiran. (2024). Menjaga Tradisi Lewat Tari: Eksplorasi Seni Lengger Banyumasan Sebagai Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. JTIEE: Journal of Teaching in Elementary Education, 8(2).

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E.A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan matematika, 6(2).

Siregar, T. J., Br Ginting, S. S., & Nasution, H. A. G. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Geometri Transformasi Berbasis Budaya Sumatera Utara. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(2), 233. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i2.15644

Tarlina, Y., & Madawistama, S. (2024). Analisis Struktur Berpikir Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(2).

Vivinenda, N., & Setiawati, D. (2024). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Regulated Learning Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa Smpn 1 Sooko Mojokerto. Jurnal BK UNESA, 14(3).

Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y.L. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 301–308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Wibawa, F. S., Nurhikmayati, I., & Kania, N. (2024). Cultural Perspectives in Geometry: Designing Ethnomathematics-Inspired Educational Tools for Geometric Thinking. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 453–470. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.2276

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.