Media Development of Runner Mathematics Educational Game Based on Website Using Unity on Simple Fraction Material 5th Grade Elementary School

Authors

  • Hanifah Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Kusmajid Abdullah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i2.2916

Keywords:

Game edukasi, interaktif, matematika, pengembangan media, Unity, Educational game, interactive, mathematics, media development

Abstract

Rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada materi pecahan sederhana di kelas 5 SD menjadi dasar pengembangan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi Runner Mathematics berbasis website menggunakan Unity dengan model ADDIE. Data dikumpulkan melalui observasi, angket validasi ahli, dan angket respon siswa, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini layak digunakan dan mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Game ini berpotensi menjadi media pembelajaran matematika yang interaktif dan mudah diakses.

The low interest and learning outcomes of students in 5th-grade elementary school regarding simple fractions are the basis for the development of innovative learning media. This research aims to develop a website-based Runner Mathematics educational game using Unity with the ADDIE model. Data were collected through observation, an expert validation questionnaire, and a student response questionnaire, and then analysedanalysed both descriptively and quantitatively. The results show that this media is feasible to use and can increase student motivation and engagement. This game has the potential to be an engaging and accessible medium for learning math.

References

Apriyantini, N. P. D., Warpala, I. W. S., & Sudatha, I. G. W. (2024). Game Edukasi Berbasis Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(1), 40-54. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v14i1.3085

Awaliyah, I. N., & Yani, A. (2025). Mathematics Learning Innovation: Interactive Learning Videos to Increase Student Learning Activity and Motivation. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 10(1) 1-18. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v10i1.6080

Azzahra, L., & Irawan, D. (2023). Pentingnya Mengenalkan Alqur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(1), 13-20. https://doi.org/10.61930/pjpi.v1i1.83

Candra, A. M. & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311-2321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212

Devinra, Hadiana, O., Nasrulloh, S. F., Fahrudin, S., & Casnan. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Digital Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. JES-MAT: Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 10(1), 13-26. http://dx.doi.org/10.25134/jes-mat.v10i1.9292

Efwan, N. S., Afriansyah, E. A., Luritawaty, I. P., Arwadi, F., & Yadav, D. K. (2024). The Level of students' mathematical creative thinking skills as measured by their self-confidence. International Journal of Didactic Mathematics in Distance Education, 1(2), 125-136.

Fadda, D., Pellegrini, M., Vivanet, G., & Callegher, C. Z. (2021). Effects of digital games on student motivation in mathemathics: A meta-analysis in K-12. Journal of Computer Assisted Learning, 38, 304-325. http://dx.doi.org/10.1111/jcal.12618

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 1-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938

Febriyanti, I.P.W., & Rachmawati, I. (2022). Pengembangan media game interaktif berbasis wordwall (gateball) pada materi perkalian bilangan cacah kelas III sekolah dasar. JPPGSD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 61-76.

Fitriya, Y., Kurniawan, H. L., & Latif, A. (2023). Development of Mathematical Cognitive Test Instruments on Fraction Materials for Elementary School Students Based on Idea Exploration Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 557-570. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.827

Hamid, H., & Afriansyah, E. A. (2024). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pendekatan realistic mathematics education berbantuan kahoot ditinjau dari gaya belajar honey-mumford. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(3), 356-371. https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2661

Hani, M., Karlimah, & Apriani, I. F. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Syntax Idea, 6(3), 1-17. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i3.3109

Haptanti, F. S., Hikmah, M., Basuki, I. A. (2024). Peran Media Pembelajaran dlam Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Universitas Nergeri Malang, 4(9), 972-980. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p972-980

Istiq’faroh, N., Kiettikunwong, N., Setiawan, R., & Muhimmah, H. A. (2024). Educational Games as Learning Media in the 21st Century for Elementary School Students: A Systematic Literature Review. Elementary: Islamic Teacher Journal, 12(1), 1–30. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v12i1.22636

Legina, N., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 375-385. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5285

Lozano, A. S., Canlas, R. J. B., Coronel, K. M., Canlas, J. M., Duya, J. G., Macapagal, R. C., Dungca, E. M., & Miranda, J. P. P. (2023). A Game-Based Learning Application to Help Learners to Practice Mathematical Patterns and Structures. International Journal of Cimputing Sciences Research, 7, 2212-2226. https://doi.org/10.25147/ijcsr.2017.001.1.156

Maharani, A., Sudiana, R., & Rahayu, I. (2024). Studi Literatur: Dampak Game Edukasi pada Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2386-2398. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3

Mas U'd, M. F., & Huda, S. N. H. (2024). Rancang Bangun Gim Math Runner untuk Sekolah Dasar Berbasis Android. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(2): 756-768. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i2.1082

Norviansyah, Chotimah, U., & Oktarina, S. (2024). Analysis of the Needs of Games-Based Interactive Learning Media on Scale and Dena Materials in Elementary Schools. Journal of Curriculum Indonesia, 7(1), 17-22. http://dx.doi.org/10.46680/jci.v7i1.104

Putri, A. R. S., & Airlanda, G. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game PEKA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Pecahan. EFEKTOR: Jurnal Ilmiah, 7(2), 109-116. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14978

Rachman, A., Prasetyo, B. E., Arief, R., Ferdiansyah, M. A., & Sulistyowati. (2019). Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Matematika “Momon Math Run” Berbasis Dekstop Menggunakan Model Waterfall. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, 433-438.

Rachman, D. A., & Mahardika, G.P. (2020). Tinjauan Literatur: Game Edukasi Matematika Materi Bilangan Pecahan. Automata: Diseminasi Tugas Akhir Mahasiswa, 3(2).

Rahmawati, T. D., Santoso, A. D., Kristanto, V. H., & Rini, A. P. (2024). Analysis of Critical Mathematical Thinking Skills in Level 1 Cadets of Surabaya Maritime. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 47-54. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1520

Saputri, D., Mellisa, Hifayati, N., & Fauziah, N. (2023) Lembar Validasi: Instrumen yang Digunakan Untuk Menilai Produk yang Dikembangkan Pada Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan. Biology and Education Journal, 3(2), 133-151. https://doi.org/10.25299/baej.2023.15347

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Srisulistiowati, D. B., Khaerudin, M., & Rejeki, S. (2021). Sistem Informasi Prediksi Penjualan Alat Tulis Kantor dengan Metode FP-Growth (Studi Kasus Toko Koperasi Sekolah Bina Mulia). JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 8(2), 243-256. https://doi.org/10.35968/jsi.v8i2.739

Supriadi, U., Islamy, M. R. F., & Hermawan, W. (2020). Islam dan Madzhab: Analisis Distribusi Pengikut Madzhab Muathabarah di Berbagai Belahan Dunia. Istinbath: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam, 19(2), 221-469. https://doi.org/10.20414/ijhi.v19i2.270

Sutmo, F., Dewanto, B. A., Mucoffa, M. A. M., Kurniawan, Y. I., & Wijayanto, B. (2023). Math Runner: Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 3(4), 165-173. https://doi.org/10.52436/1.jpti.286

Suwanto, S., Siagian, M. D., Purba, B. P., Siahaan, C. K. M. S., Tambunan, C., Amanda, D., & Perangin-angin, T. D. (2025). Analisis computational thinking pada pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan algoritma pemrograman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(1), 175-186. https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2648

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Azizah, H. N., & Abdullah, K. (2025). Media Development of Runner Mathematics Educational Game Based on Website Using Unity on Simple Fraction Material 5th Grade Elementary School. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 279–298. https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i2.2916

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.