Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang - Malam menurut Tradisi Sunda

Authors

  • Dedi Muhtadi Universitas Siliwangi
  • Rochmad Universitas Negeri Semarang
  • Isnarto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.900

Keywords:

budaya sunda, bahasa matematis, pembelajaran matematika

Abstract

Tasikmalaya merupakan wilayah Tatar Sunda yang julukannya sebagai: “Sang Mutiara Priangan Timur”, memiliki peran penting di Provinsi Jawa Barat Selatan. Peran ini sangat berpengaruh terhadap potensi masyarakat, termasuk di bidang kebudayaan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, budaya tersebut kurang dikenal oleh generasi muda saat ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk melestarikan budaya masyarakat Sunda khususnya di Tasikmalaya agar budaya tersebut tetap terjaga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi yang bersumber dari studi literatur, observasi lapangan dan wawancara dengan seorang ahli budaya Sunda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bahasa matematis dalam penentuan waktu sehari semalam yang digunakan oleh masyarakat Sunda di Tasikmalaya dan hal itu dapat menjadi sebagai titik tolak untuk acuan dalam pembelajaran matematika.

Tasikmalaya is a Sundanese region whose nickname is: "The Pearl of East Priangan", an important role in South West Java Province. This role is very influential on the potential of the community, including in the field of culture. But along with the times, this culture is less well known by today's young generation. The purpose of this research is for the culture of the Sundanese people, especially in Tasikmalaya so that the culture is maintained. This study uses a qualitative approach with an ethnographic approach derived from literature studies, field observations and interviews with a Sundanese cultural expert. The results of the study indicate that there is a mathematical language in the right time of day and night that is used by the Sundanese people in Tasikmalaya and it can be a starting point to be used as a reference in learning mathematics.

References

Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in perpective of Sundanese Culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1-16. http://dx.doi.org/10.22342/jme. 8.1.3877.1-15

Armen (2015). Buku Ajar: Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Yogyakarta: Deepublish. P. 22.

Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24.

Badan Pusat Statistik. (2015). Sensus Penduduk Indonesia tahun 2010. https://www.bps.go.id/news/2015/11/18/127/mengulik-data-suku-di-indonesia.html

Barton, W. D. (1996). Ethnomathematics: Exploring Cultural Diversity in Mathematics. A. Thesis for Doctor of Philosophy in Mathematics Education Conference. Kermanshah, Iran.

Budiarto, M. T. (2016). Peran Matematika dan Pembelajarannya Dalam Mengembangkan Kearifan Budaya Lokal Mendukung Pendidikan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Madura, 1-11.

Darmayanti, T. E. (2016). The Ancestral Heritage: Sundanese Traditional Houses of Kampung Naga, West Java, Indonesia. MATEC Web of Conferences. 66 (6). DOI: 10.1051/matecconf/20166600108 [e-journal]

Depdiknas (2008). Peraturan menteri pendidikan nasional No. 22 tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas.

Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301-310.

Fitriani, I. A., Somatanaya, A.A.G., Muhtadi, D., & Sukirwan (2019). Etnomatematika: Sistem Operasi Bilangan Pada Aktivitas Masyarakat Jawa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 1-11. https://doi.org/10.37058/jarme.v1i2.779

Gerdes, P. (1996). Ethnomathematics And Mathematics Education. In A. J Bishop, Ed. International Handbook of Mathematics Education. Netherlands: Springer Netherland, 909-943 [e-book]

Karnilah, N. (2013). Study etnomathematics: Pengungkapan sistem bilangan masyarakat adat Baduy. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kusuma, D. A., Dewanto, S. P., Ruchjana, B. N., & Abdullah, A. S. (2017). The role of ethnomathematics in West Java (A preliminary analysis of case study in Cipatujah). Journal of Physics: Conference Series, 893(1), 012020. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/893/1/012020.

Lisnani, L., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359-370.

Prahmana, R. C. I. (2020). Bahasa Matematis Masyarakat Yogyakarta: Suatu Kajian Etnografi. Jurnal Elemen, 6(2), 277 – 301. DOI: 10.29408/jel.v6i2.2101

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2).

Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, R.C.I. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185-198. http://dx.doi.org/10.22342/jme.8.2.4055.185-198

Muhadi, D., Sukirwan, & Warsito (2019). Ethnomathematics on Sundanese belief symbol. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(2) 44-55. https://www.ijicc.net/images/vol10iss2/10207_Muhtadi_2019_E_R.pdf

Mulyani, E., & Natalliasari, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematik Batik Sukapura. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 131-142.

Muslim, S. R., & Prabawati, M. N. (2020). Studi Etnomatematika terhadap Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59-70.

Nisa, F.F., Nurjamil, D., Muhtadi, D., & Sukirwan (2019). Studi Etnomatematika Pada Aktivitas Urang Sunda Dalam Menentukan Pernikahan, Pertanian Dan Mencari Benda Hilang. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 5(2), 63-74. https://doi.org/10.37058/jp3m.v5i2.919

Rahayu, C., Somakim, & Hartono, Y. (2018). Matematika dalam budaya Pagaralam. Wacana Akademika Majalah Ilmiah kependidikan, 2(1), 15-24. https://doi.org/ 10.30738/wa.v2i1.1985.

Risdiyanti, I., & Prahmana, RCI (2018). Etnomatematika: Eksplorasi Dalam Permainan Tradisional Jawa, Journal of Medives, 2(1), pp. 1-11. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562

Rosa, M., & Orey, D. (2011). Ethnomathematics: The cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática: Perspectivas Socioculturales de La Educación Matematica, 4(2), 32-54. http://funes.uniandes.edu.co/3079/1/Rosa2011Ethnomathematics.pdf.

Supriadi, Arisetyawan, A., & Tiurlina. (2016). Mengintegrasikan pembelajaran matematika berbasis budaya Banten pada pendirian SD Laboratorium UPI Kampus Serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 1-18. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2510.

Sutarto, H. (2018). Matematika Nusantara: Pengajaran Matematika Berbasis Budaya Indonesia, Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 2(1), 13-23. https://doi.org/10.31331/medives. v2i1.573

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/18454275 .pdf.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Muhtadi, D., Rochmad, & Isnarto. (2021). Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang - Malam menurut Tradisi Sunda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 263–274. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.900

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.