Analisis Kesesuaian Buku Matematika Guru dan Siswa Kelas III dalam Tema 2 Revisi 2018
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.949Keywords:
analisis buku, buku guru, buku siswa, book analysis, teacher’s book, student bookAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kesesuaian indikator pencapaian kompetensi, kesesuaian tujuan pembelajaran, dan kesesuaian materi pelajaran matematika buku guru dan buku siswa kelas III tema 2 revisi 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode deskriptif, menggunakan teknik analisis isi untuk mendeskripsikan secara objektif, sistematis, dan komunikatif. Penelitian ini menggunakan seperangkat instrumen penelitian untuk menarik kesimpulan dari sebuah buku atau dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa kelas III tema 2 revisi 2018 berjudul menyayangi tumbuhan dan hewan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kesesuaian indikator pencapaian kompetensi buku guru dan buku siswa tidak sesuai karena buku guru dan buku siswa kelas III tema 2 revisi 2018 tidak mencantumkan indikator pencapaian kompetensi, kesesuaian tujuan pembelajaran buku guru dan siswa kurang sesuai, tujuan pembelajaran hanya dicantumkan dalam buku guru saja sedangkan buku siswa tidak mencantumkan tujuan pembelajaran, kesesuaian materi pelajaran matematika dalam buku guru dan buku siswa dikategorikan sesuai karena dalam setiap mata pelajaran matematika yang ada dalam buku siswa sama dengan materi pelajaran matematika yang ada di buku guru.
The purpose of this research is to analyze the suitability of the indicators of competence achievement, the suitability of learning objectives, and the suitability of the mathematics subject matter of the teacher's book and the third-grade student's book theme 2 revision 2018. This research is qualitative research with the method used, namely the descriptive method. Content analysis techniques to describe objectively, systematically, and communicatively. This research uses a set of research instruments to conclude a book or document. The subjects in this study were the teacher's and third grades students’ book theme 2 revision of 2018 entitled loving plants and animals. Based on the result concluded that suitability indicators of competency attainment to teacher’s and student’s books are not appropriate because in the 2018 revised theme 2 of the teacher's books and class 3rd student’s books do not include indicators of competency achievement, the suitability of learning objectives for teacher’s and student’s book are not appropriate, learning objectives are only listed in teacher’s book only while student’s book does not include learning objectives, the suitability of mathematics subject matter in the teacher's and student’s book is categorized accordingly because in every mathematics subject in student’s book is the same as mathematics subject matter in the teacher’s book.
References
Abdullah, T., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kelengkapan RPP Matematika pada Guru SMAN 5 Tapung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 391-400.
Afriansyah, E. A. (2013). Design Research: Mengukur Kepadatan Bilangan Desimal. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi (Vol. 1).
Afriansyah, E. A. (2014). Addition and Substraction Numbers up to 10 through PMRI for SD/MI Level Students. International Postgraduate Colloqium of Research in Education 3rd IPCoRE.
Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401-412.
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Subandiyo, M., & Amalina, N. (2019). Exploring Obstacles in Language Learning among Prospective Primary School Teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 249-254.
Azmi, M. U. (2015). Penerapan Buku Guru dan Buku Siswa Pada Pembelajaran Penjasorkes Kelas V Semester II di SD Negeri Se-Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Bakar, R. (2018). The influence of professional teachers on Padang vocational school students' achievement. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(1), 67-72.
Daniel, J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1), 91-96.
Ekowati, C. (2017). The Development of Thematic Mathematics Book Based on Environment with a Realistic Approach to Implant the Attitude of Caring about Environment at Students of Elementary School Grade One in Kupang. International Journal of Higher Education, 6(1), 112-121.
Fadliyati, R. (2015). Penggunaan Media S2DLS (Sony Sugema Digital Learning System) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMA Alfa Centauri Bandung (Studi Deksriptif Korelasional Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Siswa Kelas X MIA Di SMA Alfa Centauri Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(1), 100-108.
Feldman, K. A. (1989). The association between student ratings of specific instructional dimensions and student achievement: Refining and extending the synthesis of data from multisection validity studies. Research in Higher education, 30(6), 583-645.
Findley, D. J., Cunningham, C. M., & Hummer, J. E. (2011). Comparison of mobile and manual data collection for roadway components. Transportation Research Part C: Emerging Technologies, 19(3), 521-540.
Haq, C. N. (2012). Training by Doing. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43-50.
Haryono, H., Lelono, B., & Kholifah, A. N. (2017). Variasi dan Karakteristik Tipografi, Morfologi, dan Sintaksis Pesan Singkat. Prosiding, 7(1).
Hendricks, C., Reinsberg, S. A., & Rieger, G. W. (2017). The adoption of an open textbook in a large physics course: An analysis of cost, outcomes, use, and perceptions. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 18(4), 78-99.
Khoirudin, K., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning dan Learning Trajectory yang Berorientasi pada Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 207-218.
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran terpadu tematik (Teori, praktik, dan penilaian). Bandung: Alfabeta.
Lestari, V. D. (2018). Analisis Kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Tematik Kelas II Tema 1 Hidup Rukun di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 425-432.
Majid.A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Margana, A. (2012). Analisis Kurikulum terhadap Daya Matematik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 83-90.
McPhail, G. (2020). The search for deep learning: A curriculum coherence model. Journal of Curriculum Studies, 1-15.
Muhtadi, D., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang-Malam menurut Tradisi Sunda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 263-274.
Murniati, S., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kesesuaian Materi Himpunan Buku Teks Siswa Matematika Kelas VII terhadap Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 177-188.
Nisa, Q. M. (2015). Analisis kelayakan isi buku teks siswa kelas IV SD/MI tema peduli terhadap makhluk hidup kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis buku teks muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1).
Nurdeani, R. (2013). Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar Berdasarkan Standar Penulisan Buku Teks Pelajaran: Penelitian Deskriptif di Kelas III SD Negeri Layungsari Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Pavlović, I., Kern, T., & Miklavčič, D. (2009). Comparison of paper-based and electronic data collection process in clinical trials: costs simulation study. Contemporary clinical trials, 30(4), 300-316.
Permendikbud. (2014). Permendikbud No. 59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Power, J. R., & Sorby, S. A. (2021). Spatial development program for middle school: Teacher perceptions of effectiveness. International Journal of Technology and Design Education, 31(5), 901-918.
Ramdani, I. (2014). Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan Pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) untuk memfasilitasi pencapaian literasi matematika siswa kelas VII. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan.
Renz, S. M., Carrington, J. M., & Badger, T. A. (2018). Two strategies for qualitative content analysis: An intramethod approach to triangulation. Qualitative health research, 28(5), 824-831.
Rosdiana, H. (2007). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Wonogiri (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Sari, V. K. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman konsep pada subtema 2 lingkungan sekitar rumahku kelas I SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Setijowati. U (2012). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta: Depublish.
Sitepu, (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, (2014). Metode penelitian kombinasi (Miked Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Winarno, W., Muhtadi, Y., & Aldiya, M. A. (2019). Application of Learning Management Using Non-test Instrument to Improve the Quality of Education. Aptisi Transactions on Management (ATM), 3(1), 46-56.
Wulandari, R., Suwarto, S., & Novaliyosi, N. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Ruang pada Pembelajaran Daring dengan Model Discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 197-206.
Yi, L., Ying, Z., & Wijaya, T. T. (2019). The trend of mathematics teaching method has change from fragments to systematics. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 471-480.
Yuliardi, & Priatna. (2019). Pembelajaran matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.