Analisis kesalahan siswa pada soal garis dan sudut berdasarkan tahapan polya

Authors

  • Ratna Sari Universitas Siliwangi
  • Sukirwan Sukirwan Universitas Siliwangi
  • Dedi Muhtadi Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2728

Keywords:

Students' errors, Lines, angles, Problem-solving , Kesalahan siswa, Garis, Sudut, Pemecahan Masalah

Abstract

This study aims to identify and examine various types of errors made by students in solving mathematics problems on the topic of lines and angles, based on Polya’s problem-solving stages: understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, and looking back. The research employed a descriptive qualitative approach with seventh-grade students as the subjects. Data were collected through diagnostic tests and interviews to gain deeper insight into students’ thought processes. The findings revealed that student errors occurred across all four stages of Polya's framework, with 65% of students making mistakes in understanding the problem, 16% in devising a strategy, 16% in carrying out the plan, and 100% in reviewing their answers. The types of errors identified include the omission of known and asked information, incorrect strategy formulation, misconceptions of basic concepts, computational errors, and failure to recheck their answers.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji berbagai bentuk kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi garis dan sudut, dengan mengacu pada tahapan pemecahan masalah menurut Polya: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan siswa kelas VII sebagai subjek. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes diagnostik dan wawancara untuk menggali lebih dalam proses berpikir siswa. Hasil temuan menunjukkan bahwa kesalahan siswa tersebar di keempat tahapan pemecahan masalah, dengan rincian: kesalahan pada tahap memahami masalah sebesar 65%, merencanakan strategi 16%, melaksanakan rencana 16%, dan memeriksa kembali sebesar 100%. Adapun jenis-jenis kesalahan yang teridentifikasi mencakup: tidak mencantumkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, ketidaktepatan dalam menyusun strategi penyelesaian, miskonsepsi terhadap konsep dasar, kesalahan dalam proses perhitungan, serta kelalaian dalam memeriksa ulang jawaban.

References

Aeni, T. N., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Jurnal Kongruen, 1(3), 279-286.

Ajmera, A. (2020). Role of Geometry on Architecture. International Journal of Engineering Research And, V9(06), IJERTV9IS060733. https://doi.org/10.17577/IJERTV9IS060733

Amelia, N. N., Riyadi, R., & Wahyuningsih, S. (2024). Analisis kesulitan belajar matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(3), Article 3. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i3.85757

Balajti, Z. (2024). Challenges of Engineering Applications of Descriptive Geometry. Symmetry, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.3390/sym16010050

Bikić, N., Buzađija, N., & Hrnjičić, A. (2024). The impact of early childhood education and mathematical abilities on student achievement: Analysis of TIMSS 2019. International Electronic Journal of Mathematics Education, 19(3), em0779. https://doi.org/10.29333/iejme/14599

Fitriani, N., Kadarisma, G., & Amelia, R. (2020). Pengembangan Desain Didaktis Untuk Mengatasi Learning Obstacle Pada Materi Dimensi Tiga. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 231. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2686

Hapsari, Z. M., Muhtadi, D., & Sukirwan. (2024). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dan Faktor-Faktor Penyebabnya Pada Materi Luas Permukaan Kerucut Dan Tabung. Uninus Journal of Mathematics Education and Science (UJMES), 9(2), Article 2. https://doi.org/10.30999/ujmes.v9i2.3203

Hariastuti, R. M., Amin, S. M., & Utami, N. W. (2024). Trivium Curriculum in Traditional Game Based-Learning Construction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(3), 801-816. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i3.2085

Herbianti, F., Sripatmi, Wahyu, T. T., & Baidowi. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalh Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(2), 798–812. https://doi.org/10.29303/jm.v6i2.8227

Hidayatullah, F. M., Sari, A. F., & Lutfianto, M. (2024). Strategi Siswa SD dalam Merepresentasikan Pecahan dengan Mengarsir Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 471-486. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.2346

Huda, N., & Mulyani, A. E. E. S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android dengan Ispring Suite pada Materi Garis dan Sudut. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 51–66. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v12i1.4022

Hulu, E. S., & Siswanti, W. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Toma. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1351

Iswara, L., & Cahdriyana, R. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Berbantuan Geogebra pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2073

Juliyanti, Sugita, G., Anggraini, & Alfisyahra. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 7 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Garis Dan Sudut Berdasarkan Jenis Kelamin: Analysis Of Errors Of Class Vii Students Of Smp Negeri 7 Palu In Solving Line And Angle Questions Based On Gender. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 11(4), Article 4.

Khomeni, A. (2024). Epistemological Obstacles Siswa Dalam Memahami Geometri Dasar Sudut Saling Berpenyiku Di Kelas VII SMP. MathEdu (Mathematic Education Journal), 7, 76–80.

Lestari, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang sisi lengkung menggunakan prosedur newman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 125-138.

Mellawaty, Lestari, W. D., Taufan, M., & Mufidah, Z. (2023). Klana Udeng Mask Dance in the Ethnomathematical Perspective (As a Source of Teaching Materials). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 689-702. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1184

Nasution, E. Y. P., & Yulia, P. (2024). Practicality of Hypothetical Learning Trajectory on Straight-Line Equations Concept. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(4), 861-876. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.2545

Novitasari, R. W., Santi, E. E., Ekayanti, A., & Nasution, I. F. (2023). Student Strategy Profile in Solving Word Problems Based on Polya’s. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 735-744. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1187

Nursafitri, A. D., & Anriani, N. (2023). The Effect of Learning Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) on the Ability to Understand the Material Concepts of Lines and Angles. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 7(1), 45. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v7i1.2240

Putri, F. I., & Murtiyasa, B. (2024). Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2398

Siagian, R. E. F., Wulandari, H., & Ariyanto, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Materi Phytagoras Via Google Meet Kelas VIII SMP IT Asy Syifa Qolbu. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1), Article 1.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Wantah, A., & Prastyo, H. (2022). Analisis Hambatan Belajar Siswa Smp Dalam Memahami Konsep Garis Dan Sudut. Jurnal Padegogik, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.35974/jpd.v5i1.2722

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sari, R., Sukirwan, S., & Muhtadi, D. (2025). Analisis kesalahan siswa pada soal garis dan sudut berdasarkan tahapan polya. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(2), 377–388. https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2728

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 

You may also start an advanced similarity search for this article.