Kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan kriteria watson

Authors

  • Hamid SMPN 2 Cihurip
  • Ebih AR. Arhasy Universitas Siliwangi
  • Dedi Muhtadi Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1415

Keywords:

Errors, Story Problems, Three-variable linear equation system, Watson’s Criteria, Kesalahan, Soal cerita, Sistem persamaan linear tiga variabel, Kriteria Watson

Abstract

Student errors in solving math problems generally vary depending on the level of student understanding of the subject matter. The purpose of this research is to describe the types of mistakes made by students in solving word problems based on Watson's criteria and the causal factors. Research using qualitative research methods. Data collection techniques using tests and interviews. The research instrument uses a test that has been validated by the validator and interviewer. The subject-taking technique using purposive sampling, there are 3 students in class X MIPA 8 SMAN 1 Singaparna. The test results were analyzed based on Watson's criteria to explore the causal factors. Based on the results of data analysis on the three subjects obtained conclusions subject 1 includes inappropriate data (id), inappropriate procedure (ip), skill hierarchy problem (shp), and omitted conclusion (oc) the causes are lack of thoroughness and difficulties in making mathematical models, lack of understanding of the use of substitution concepts, and not interested in continuing the work. Subject 2 errors include inappropriate data (id), skill hierarchy problem (shp), and omitted conclusion (oc), the causes are difficulty in making mathematical models, and not being careful in calculating. Subject error 3 includes inappropriate data (id), and skill hierarchy problem (shp), the cause is a lack of skill in manipulating mathematical models.

Kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika umumya berbeda-beda bergantung pada tingkat pemahaman peserta didik pada materi pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita spldv berdasarkan kriteria Watson dan faktor penyebabnya. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian yang telah divalidasi oleh validator dan pedoman wawancara. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling yaitu 3 peserta didik kelas X MIPA 8 SMAN 1 Singaparna. Hasil tes dianalisis berdasarkan Kriteria Watson untuk digali faktor penyebabnya. Berdasarkan hasil analisis data pada ketiga subjek diperoleh simpulan kesalahan subjek 1 meliputi data tidak tepat (id), prosedur tidak tepat (ip), masalah hirarki keterampilan (shp), dan kesimpulan hilang (oc) faktor penyebabnya yaitu kurang teliti dan kesulitan dalam membuat model matematika, kurang memahami penggunaan konsep substitusi, dan tidak berminat melanjutkan pengerjaan soal. Kesalahan subjek 2 meliputi data tidak tepat (id), masalah hirarki keterampilan (shp), dan kesimpulan hilang (oc), faktor penyebabnya yaitu kesulitan dalam membuat model matematika, kurang teliti dalam menghitung, waktu tidak cukup. Kesalahan subjek 3 meliputi data tidak tepat (id) dan masalah hirarki keterampilan (shp), faktor penyebabnya yaitu kurang terampil dalam memanipulasi model matematika.

References

Amalia, R., Aufin, M. & Khusniah, R. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Berdasarkan Newman Kelas X-MIA di SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Prosiding SNMPM II, Prodi Pendidikan Matematika, Unswagati. 346 – 359.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. 4(2). 42 – 52.

Istigosah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau gaya kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 149-160.

Lestari, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang sisi lengkung menggunakan prosedur newman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 125-138.

Mahardhikawati, E., Mardiyana & Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Materi Turunan Fungsi Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM). 1(4). 119 – 128.

Marliani, S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kampung sukawening. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 113-124.

Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., & Pangga, D. (2023). Uji keterbacaan buku ajar matematika dasar untuk mahasiswa program studi pendidikan fisika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 1-8.

Nurhikmah, S. & Febrian. (2016). Analisis kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Integral Tak Tentu. Jurnal Tatsqiq, 14, 218 – 237.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165 – 174.

Ramadoni, R., & Shakinah, N. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147-158.

Sofiani, J., Nurjamil, D., & Nurhayati, E. (2023). Kemampuan penalaran analogi ditinjau dari self-concept. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 17-30.

Sundayana, R., & Parani, C. E. (2023). Analyzing Students’ Errors in Solving Trigonometric Problems Using Newman’s Procedure Based on Students’ Cognitive Style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 135-144.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.

Wahyuddin, & Ihsan, M. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Se-Kota Makassar. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 111 – 116.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Hamid, Arhasy, E. A., & Muhtadi, D. (2023). Kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan kriteria watson. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 139–156. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1415

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.