Analisis kemampuan koneksi matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Authors

  • Pitriyani Pitriyani SMPN 1 Leles

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2669

Keywords:

Mathematical Connection Ability 1, Linear Equations of One Variable 2, Linear Inequalities of One Variable, Kemampuan Koneksi Matematis, Persamaan Linear Satu Variabel, Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Abstract

Abstract

Mathematical connection ability is very important for students to have. The purpose of this study was to identify students' mathematical connection ability in the material of Linear Equations and Inequalities of One Variable. This study used a qualitative descriptive method with three grade VII students as research subjects selected by purposive sampling. Data were collected through mathematical connection ability tests, interviews and observations. The data analysis technique used analysis from Miles & Hubermen which included three activities, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the analysis, it was concluded that each student had different mathematical connection abilities. The indicator of connecting mathematics with other mathematical topics was fulfilled by 3 students or the indicator percentage was 66%. While the indicator of connecting mathematics with everyday life was fulfilled by 2 students or the indicator percentage was 50%. Then for the indicator of connecting mathematics with other fields of study, it was fulfilled by 1 student or the indicator percentage was 33%. The implications of this study are expected to be input for teachers, students or further researchers so that the right solution is found to improve students' mathematical connection abilities.

 

Abstrak

Kemampuan koneksi matematis sangat penting dimiliki siswa.Tujuan  penelitian ini untuk mengidentifikasi kemampuan koneksi matematis siswa pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tiga siswa kelas VII sebagai subjek penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan koneksi matematis, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dari Miles & Hubermen yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa setiap siswa memiliki kemampuan koneksi matematis yang berbeda. Indikator mengkoneksikan matematika dengan topik matematika lainnya dipenuhi oleh 3 orang siswa atau persentasi indikatornya 66%. Sedangkan indikator mengkoneksikan matematika dengan kehidupan sehari-hari dipenuhi oleh 2 orang siswa atau persentasi indikatornya 50%.  Kemudian untuk indikator mengkoneksikan matematika dengan bidang studi lain dipenuhi oleh 1 orang siswa atau persentasi indikatornya 33%. Impikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk guru, siswa atau peneliti selanjutnya sehingga ditemukan solusi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.  

Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis 1; Persamaan Linear Satu Variabel 2; Pertidaksamaan Linear Satu Variabel 3

References

Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model Pjbl Dengan Tugas Creative Mindmap Untuk Meningkatkan Koneksi Matematik Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 172–179.

Aisyah, S., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2),

Indriani, R., & Sritresna, R. (2022). Kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa pada materi trigonometri. MLeibniz: Jurnal Matematika, 2(2), 45–64.

Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135-144.

La'ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474.

Maulida, A. R., Suyitno, H., & Noor Asih, T. S. (2019). Kemampuan koneksi matematis pada pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) untuk mengatasi kecemasan siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 724–731.

NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. VA: NCTM

Permatasari, R., Lestari, S. W. W., & Sarassanti, Y. (2021). Kemampuan koneksi matematis pada konsep sinus. Jurnal Pendidikan Matematika (Al Khawarizmi), 1(2).

Purba, J. J., & Surya, E. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kemampuan Koneksi Matematika pada Siswa Rendah. Proceedings of the 2023 International Conference on Mathematics and Science Education, 1(1), 45–52.

Rinzani, A. R. (2017). Kemampuan koneksi matematis peserta didik melalui pendekatan advokasi dengan penyajian masalah open-ended di SMP N 5 Terbanggi Besar. (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung).

Salim, K., & Pitriani, P. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Smp Xaverius 1 Palembang. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 56-63.

Sa’adah, N. R., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 505-518.

Setyawati, R. D., Saadah, L., & Purwosetyono, F. X. D. (2023). Analisis kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari level kognitif siswa kelas VIII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 89–98.

Syafar, N. K., Arsyad, N., & Djadir. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kemampuan penyelesaian soal siswa kelas XI. SIGMA: Suara Intelektual Gaya Matematika, 12(1), 89–92

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28-39.

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1-7.

Ziliwu, S. H., Sarumaha, R., & Harefa, D. (2022). Analisis kemampuan koneksi matematika pada materi transformasi siswa kelas xi smk negeri 1 lahusa tahun pembelajaran 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-25.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Pitriyani, P. (2024). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel . Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(3), 434–447. https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2669

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.