Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa mts pada materi himpunan

Authors

  • Siti Robiah Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Reni Nuraeni Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1423

Keywords:

Set, Mathematical Communication, Self-Confidence, Himpunan, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri

Abstract

In reality, students' mathematical communication skills are still low, one of the factors that influence mathematical communication skills is self-confidence. This study aims to determine the level of self-confidence, the level of mathematical communication skills, and the effect of self-confidence on students' mathematical communication skills in the set material. This research is quantitative research with the correlational method. The population in this study were students of class VII MTs Al-Ma'arif Cilageni Kadungora. Sampling was done by purposive sampling technique and 24 students as research samples. Data collection techniques used questionnaires to measure self-confidence and tests in the form of description questions to measure mathematical communication skills. The data analysis technique used is simple linear regression analysis and t-test. The results showed that the level of self-confidence of class VII students at MTs Al-Ma'arif Cilageni Kadungora for the 2022/2023 academic year was in the moderate category. Based on the data test of mathematical communication ability, it was found that the level of mathematical communication ability of VII students of MTs Al-Ma'arif Cilageni Kadungora for the 2022/2023 academic year is in the medium category. Based on simple linear regression analysis and t-test, the results of this study indicate that there is a significant effect of self-confidence on the mathematical communication skills of class VII students at MTs Al-Ma'arif Cilageni Kadungora for the 2022/2023 academic year of 87.5%, while 12.5 % influenced by other factors.

Kenyataannya kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah, salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis adalah kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri, tingkat kemampuan komunikasi matematis, dan pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Cilageni Kadungora. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpossive sampling dan diperoleh 24 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur kepercayaan diri dan tes berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Cilageni Kadungora tahun ajaran 2022/2023 berada pada kategori sedang. Berdasarkan uji data kemampuan komunikasi matematis diperoleh bahwa tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa VII MTs Al-Ma’arif Cilageni Kadungora tahun ajaran 2022/2023 berada pada kategori sedang. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana dan uji t, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Cilageni Kadungora tahun ajaran 2022/2023 sebesar 87,5%, sedangkan 12,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Afifah, A., Hamidah, D., & Burhani, I. (2019). Studi Komparasi Tingkat Kepercayaan Diri (Self-Condidence) Siswa antara Kelas Homogen dengan Kelas Heterogen di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Happiness, 3(1), 43-53.

Aledya, V. (2019). Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438

Andini, S. F., & Marlina, R. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 343–354. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.343-354

Anisa, W. N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209668.

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self-Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585

Dewimarni, S. (2017). Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Aljabar Linier Mahasiswa Universitas Putra Indonesia ‘YPTK’Padang. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53-62.

Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di desa sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 139-148.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung Indonesia: PT Refika Aditama.

Hidayatuloh, A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segiempat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 213-220.

Husna, N., & Munawarah, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP. Variabel, 1(1), 36-41.

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196.

Leonard, & Amanah, N. (2014). Pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55-64.

Marliani, S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kampung sukawening. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 113-124.

Mutiarani, A., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat berdasarkan gender di desa sukamenak. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 1-14.

Noviyana, Dewi, & Rochmad (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 704–709. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213

Nuraeni, K., & Afriansyah, E. A. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa Antara TPS dan STAD. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 33–40.

Pangestu, R. A., & Sutirna. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa terhadap Pembelajaran Matematika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 118–125.

Putri, Jamiah, & Sayu. (2020). “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dikaji dari Self Confidence”, Jurnal AlphaEuclidEdu, Vol. 1 No. 2, Desember, 2020, hlm. 85.

Rochim, A., Hidayati, W. S., & Masruroh, F. (2023). Students’ Profiles with Interpersonal and Intrapersonal Intelligence in Solving Mathematical Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 35-46.

Sidik, A., Ramlah, & Utami, M. R. (2017). Hubungan Antara Self-Confidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 222–226.

Sucipto, H., Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 114–122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1440

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta, cv.

Supriyati, R., Supriyono, & Nila Kurniasih. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficcy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 45–55. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i1.1125

Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal, 1(1), 48–55.

Ulfa, N. C. A., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi bilangan berdasarkan self-confidence. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 193-200.

Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 704–709. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Robiah, S., & Nuraeni, R. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa mts pada materi himpunan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 215–228. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1423

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.