Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kampung sukawening

Authors

  • Suci Marliani Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Nitta Puspitasari Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v1i2.1381

Keywords:

Mathematical Representation, Similarity, Congruence, Representasi Matematis, Kesebangunan, Kekongruenan

Abstract

The ability to mathematical representation is an important aspect that must be learned and mastered by students. The ability of mathematical representation helps students in the understanding of concepts, problem-solving, mathematical communication, mathematical connection, and the application of mathematical ideas through modeling. The purpose of this study is to determine te ability of students’ mathematical representation in similarity and congruence materials. The type of research used was in the form of descriptive qualitative with the research subjects of four students of junior high school class IX in Sukawening Village. Data collection techniques used include tests, interviews, and documentation. The data analysis techniques used are in the form of data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that students' mathematical representation ability is in the moderate category. The average score obtained from the three measured indicators was 44.8%. The highest score is found in the verbal indicator, which is 50%, followed by the image indicator at 42.5%, and the symbol indicator at 40.62%. Problems faced by students in answering the measured indicators, including low understanding and mastery of mathematical concepts and students' errors in understanding the material. This results in students not being able to represent their mathematical ideas and ideas into the form ordered.

Kemampuan representasi matematis merupakan aspek penting yang harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa. Kemampuan representasi matematis membantu siswa dalam dalam pemahaman konsep, penyelesaian masalah, komunikasi matematis, koneksi matematis, dan penerapan ide matematis melalui pemodelan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Jenis penelitian yang digunakan berupa kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian empat orang siswa SMP kelas IX yang berada di Kampung Sukawening. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa ada pada kategori sedang. Rata-rata skor yang diperoleh dari ketiga indikator yang diukur sebesar 44,8%. Skor tertinggi terdapat pada indikator verbal, yakni 50%, diikuti oleh indikator gambar sebesar 42,5%, dan indikator simbol sebesar 40,62%. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam menjawab indikator yang diukur, diantaranya rendahnya pemahaman dan penguasaan konsep matematis dan kesalahan siswa dalam memahami materi. Hal tersebut mengakibatkan siswa belum mampu merepresentasikan ide dan gagasan matematisnya ke dalam bentuk yang diperintahkan.

References

Al Addawiyah, A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 111-120.

Aryanti, D., & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa pada Materi Segi Empat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1).

Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221-232.

Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 817–826.

Hidayati, I. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Negeri 01 Kampar pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Hudiono, B. (2013). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).

Mahendra, N. R., Mulyono, M., & Isnarto, I. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292.

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99–110.

Nurbayan, A. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy pada materi aritmatika sosial. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 93-102.

Purnama, R. N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Al Fattah Semarang. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(1), 23–36.

Ristiani, A., & Maryati, I. (2022). Kemampuan representasi matematis dan self-esteem siswa pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 37-46.

Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265-274.

Subchan, Winarni, Muhammad, S. M., Kistosil, F., & Hafid, S. W. (2018). Matematika - Studi dan Pengajaran (Cetakan 2). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sugiarti, S., & Basuki, B. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 151–158.

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta: jurnal tadris matematika, 10(1), 51–69.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234.

Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Marliani, S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kampung sukawening. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 113–124. https://doi.org/10.31980/pme.v1i2.1381

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.