Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dengan kooperatif tipe jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2631Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah sehingga perlu adanya strategi untuk meningkatkannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Kooperatif Tipe Jigsaw, mengetahui kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, serta mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran yang diberikan. Subjek penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu siswa kelas VIII-A dan kelas VIII-B.. Teknik pengumpulan data menggunakan uji nonparametrik yaitu Mann Whitney dan uji parametrik yaitu Uji t’. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Kooperatif Tipe Jigsaw. Selain itu, kualitas kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan serta sikap siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Jigsaw memiliki sikap baik. Implikasi penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah atau kemampuan matematis lainnya.
References
Dwita, I., Jumroh, & Destiniar. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Inomatika, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279
Halawati, F. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 15-29. https://doi.org/https://ojs.untika.ac.id/index.php/linear/article/view/378
Hali, F., Ardiansyah, Rahayu, D. S., & Sari, D. U. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self confidence. Arus Jurnal Pendidikan, 2(1), 47–53. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i1.59
Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1456
Mei, M. F., Seto, S. B., & Wondo, M. T. S. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 3(2), 61–70.
Rifa`i, R., Pratidiana, D., & Arifiyanti, S. D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 109. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5179
Simanullang, E. L. K., & Prijanto, J. H. (2022). Efektivitas Metode Tanya Jawab Teknik Probing-Prompting Untuk Membangun Keaktifan Siswa X Ips Pada Mata Pelajaran Geografi. Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun …, 2(01), 24–39. https://ojs.uph.edu/index.php/KAIROS/article/view/4856
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605
Winarno, S., Nurdiana, A., & Harjanto, A. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Semester Ganjil. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung, 1–10.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Purwanti Anas, Deddy Sofyan, Nitta Puspitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.