Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dengan kooperatif tipe jigsaw

Authors

  • Purwanti Anas Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Deddy Sofyan Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Nitta Puspitasari Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2631

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah sehingga perlu adanya strategi untuk meningkatkannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Kooperatif Tipe Jigsaw, mengetahui kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, serta mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran yang diberikan. Subjek penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu siswa kelas VIII-A dan kelas VIII-B.. Teknik pengumpulan data menggunakan uji nonparametrik yaitu Mann Whitney dan uji parametrik yaitu Uji t’. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Kooperatif Tipe Jigsaw. Selain itu, kualitas kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan serta sikap siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Jigsaw memiliki sikap baik. Implikasi penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah atau kemampuan matematis lainnya.

References

Dwita, I., Jumroh, & Destiniar. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Inomatika, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279

Halawati, F. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 15-29. https://doi.org/https://ojs.untika.ac.id/index.php/linear/article/view/378

Hali, F., Ardiansyah, Rahayu, D. S., & Sari, D. U. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self confidence. Arus Jurnal Pendidikan, 2(1), 47–53. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i1.59

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1456

Mei, M. F., Seto, S. B., & Wondo, M. T. S. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 3(2), 61–70.

Rifa`i, R., Pratidiana, D., & Arifiyanti, S. D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 109. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5179

Simanullang, E. L. K., & Prijanto, J. H. (2022). Efektivitas Metode Tanya Jawab Teknik Probing-Prompting Untuk Membangun Keaktifan Siswa X Ips Pada Mata Pelajaran Geografi. Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun …, 2(01), 24–39. https://ojs.uph.edu/index.php/KAIROS/article/view/4856

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Winarno, S., Nurdiana, A., & Harjanto, A. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Semester Ganjil. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung, 1–10.

Published

2025-02-28

How to Cite

Anas, P., Sofyan, D., & Puspitasari, N. (2025). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dengan kooperatif tipe jigsaw. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(1). https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2631

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)