Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar

Authors

  • Randi Junaedi Saputra Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Deddy Sofyan Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Dian Mardiani Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1402

Keywords:

Mathematical Problem-Solving Ability, Self-Confidence, qualitative, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, kualitatif

Abstract

One of the factors of failure in learning is the lack of students' mathematical problem-solving abilities. One of the factors that affect the ability to solve mathematical problems is self-confidence. The purpose of this study is to analyze mathematical problem-solving ability based on high self-confidence. This study uses a qualitative method, the population in this study is public junior high school students in the Malangbong sub-district. The sample was chosen by 4 students to be the subject of the interview. The instruments used are questionnaires, tests, and interview guidelines. The results obtained from this study, some students are not able to understand the problem of rectangular pyramids, most students are not able to understand the problem of rectangular blocks and pyramids, all students are not able to plan solutions, namely the formula for the perimeter of the pyramid, the formula for the length of the entire side of the beam, the formula for the surface area rectangular pyramid, and the formula for the area of ​​the inner wall in the form of a block, all students were not able to plan using the formula for the perimeter of the pyramid, the formula for the length of the entire side of the beam, the formula for the surface area of ​​a rectangular pyramid, and the formula for the area of ​​the inner wall in the form of a block.

Salah satu faktor ketidak berhasilan dalam belajar yaitu kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu self-confidence. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self-confidence tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri yang berada di kecamatan malangbong. Sample dipilih 4 siswa untuk dijadikan subjek wawancara. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes, dan pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, sebagian siswa tidak mampu memahami masalah limas persegi empat, sebagian besar siswa tidak mampu memahami masalah balok dan limas persegi panjang, semua siswa tidak mampu merencanakan penyelesaian yakni rumus keliling limas, rumus panjang seluruh rusuk balok, rumus luas permukaan limas persegi panjang, dan rumus luas dinding bagian dalam berbentuk balok, semua siswa tidak mampu melakukan rencana dengan menggunakan rumus keliling limas, rumus panjang seluruh rusuk balok, rumus luas permukaan limas persegi panjang, dan rumus luas dinding bagian dalam berbentuk balok.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In M. S. Dr. Patta Rapanna, SE. (Ed.), CV. syakir Media Press (Vol. 59).

Aeni, T. N., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Jurnal Kongruen, 1(3), 279-286.

Aisyah, E. S., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answer Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–24.

Azizah, G. N., & Sundayana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air Dan Probing-Prompting. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 305–314. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.285

Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221-232.

Damianti, D. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self - Efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan di Desa Karamatwangi.

Dewi, A. A., Maharani, H. R., & Ubaidah, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe HOTS Ditinjau dari Self Confidence. 261–270.

Disparrilla, Y. N., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa pada materi SPLDV. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 148-161.

Handayani, F., Mustangin, & Khairunnisa, G. F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Koordinat Siswa Kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Ditinjau dari Self-Confidence dan Gender. Jp3, 16(1), 92–97.

Henri. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-confidence siswa SMPN 3 IV Koto Aur Malintang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–10.

Kudsiyah, S. M., Novarina, E., & Lukman, H. Suryani. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Di Sma Negeri 2 Kota Sukabumi. Education: Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 110–117.

Mardiani, D. (2015). Eksplorasi Kemampuan Operasi Bilangan Pecahan Pada Anak-Anak Di Rumah Pintar Bumi Cijambe Cerdas Berkarya (RUMPIN BCCB). 5(April), 22–28.

Mardiani, D. (2017). Eksploitasi Kesalahan Konsep Teori Graf Dalam Perkuliahan Matematika Diskrit Menggunakan Metode Game “Tantangan Berhadiah Point.” Jurnal Mosharafa, 6(September), 365–372.

Mardiani, D. (2018). Kemampuan Mahasiswa Memahami Persamaan Diferensial Bernauli Melalui Model Pembelajaran Game Menempel Nama. 7, 95–102.

Noviyana, N. (2017). Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Metakognisi Siswa. Universitas Tarbiyah dan Keguruan.

Nurhanifah, N. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi geometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 161-172.

Sari, L. S. P., & Rahadi, M. (2014). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 143-150.

Sulastri, E., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 289-302.

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 122–128. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882

Ujan, R. A. B. (2017). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Kelas VII di SMP Budi Mulia Minggir. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Ulfa, D., Rahmi, D., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self-Confidence Siswa SMP/MTS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 400–409. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.124

Unonongo, P., Ismail, S., & Usman, K. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar di Kelas IX. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 43–49. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10591

Widyatama, A., & Pratama, F. W. (2022). Pengembangan Mobile Learning PINTHIR Berbasis Android sebagai Sumber Belajar dan Sarana Mengerjakan Soal Trigonometri SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 25-36.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Saputra, R. J., Sofyan, D., & Mardiani, D. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 79–92. https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1402

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.