Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model guided discovery learning (gdl) berbantuan software geogebra pada siswa kelas xi mipa sma negeri tanjungkerta

Authors

  • Yusfita Yusuf Universitas Sebelas April
  • Anisa Hardianti Universitas Sebelas April
  • Ucu Koswara Universitas Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2658

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, software geogebra, model guided discovery learning

Abstract

Hasil observasi dilapangan menunjukkan rendahhnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran yang kurang kreatif sehingga tidak meningkatkan kemampuan siswa. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu model Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan software Geogebra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan software Geogebra. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri Tanjungkerta. Sampel diambil sebanyak dua kelas dengan teknik sampling purposive yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang persaman lingkaran dan wawancara, dimana siswa diberikan soal untuk dikerjakan lalu peneliti mengoreksi hasil jawaban siswa dan mengambil 6 orang siswa berdasarkan kriteria KAM untuk diwawancara. Kriteria tersebut terdiri dari kriteria rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian yang di peroleh bahwa siswa dengan kriteria rendah tidak dapat memahami masalah dengan baik, siswa dengan kriteria sedang dapat memahami masalah tetapi tidak dapat merencanakan pemecahan masalah dan siswa dengan kriteria tinggi dapat memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah matematis

References

Agustina, L. (2016). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR)”. Jurnal Eksakta: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. Vol. 1, (1), 1-7.

Anggraini, V., Delyana, H., & Sari, I. K. (2022). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa”. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 11, (2), 1231-1240.

Annizar, A.M., Maulyda, M. A., dkk. (2020). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri”. Jurnal Elemen. Vol. 6, (1), 39-55.

Batubara, Ismail Hanif., dan Sari, Indah Purnama. (2020). “Penggunaan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa”. Jurnal Teknik Sosial dan Humaniora. 398-406.

Bhayangkari, M., & Anawati, S. (2020). “ Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta. 343-350.

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SMA/MA. Jakarta: BSNP.

Christina, E. N.dan Alpha G. A. (2021). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Polya Dalam Menyelesaikan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel”. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 4, (2), 405-424.

Citra, R. (2016). “Komparasi Hasil Belajar Matematika menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran Konvesional Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Marangin”. Math-Edukasia. Vol. 2, (2).

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Erlangga.

Effendi, L. A,. (2012). “Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13, (2), 1-10.

Elma., & Munandar, D. R. (2023). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Langkah-langkah Polya”. Journal Education. Vol. 9, (2), 1040-1050.

Fahrudin, dkk. (2021). “ Pembelajaran Konvesioanal dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Hikmah. Vol. 18, (1), 64-80.

Fazar, I., Zulkardi., & Somakim. (2016). “Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Menggunakan Aplikasi Geogebra Berbantuan Android di Sekolah Menengah Atas”. JPPM. Vol. 9, (1).

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Hardianty. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Treffinger Dengan Model Konvensional (Ceramah) Terhadap Hasil Belajar Siswa XI IPA SMA Negeri 1 Labakkang Materi Sistem Pernapasan. [Online]. Tersedia: http://repository.iainkudus.ac.id/8797/5/5.%20BAB%20II.pdf [14 November 2023].

Hasanah, U., Saniy, K. A., dkk. (2022). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Soal Matriks Berdasarkan Langkah Polya”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV). Vol. 4, (1).

Irsal, Irni Latifa. (2020). “Arithmetic: Academic Journal of Math”. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Vol. 02, (01), 47-68.

Maghfiroh, Z. D., Sukanto., & Subekti, E. E. (2021). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Berdasarkan Langkah Polya”. Dwijoka. Vol. 11, (1).

Malikah, S. (2023). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Barisan dan Deret Aritmatika Berdasarkan Teori Polya”. Primatika. J. Pend. Mat. Vol. 12, (2), 89-98.

Mawaddah, Siti., & Anisah, Hana. (2015). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP”. EDU MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.3, (2), 166-175.

Mustofa, Z. (2019). “Pengaruh Discovery Learning berbantuan E-Learning dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa tentang Konsentrasi Larutan dan Aplikasinya”. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 7, (1), 14-29.

Nainggolan, R., & Napitupulu, E. E. (2024). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VIII SMP GPKI Padang Bulan”. Journal of Student Research (JSR). Vol. 2, (1), 239-250.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Tersedia: https://repositori.kemdikbud.go.id/4790/2/Permendikbud_Tahun2016_No mor022_Lampiran.pdf [13 November 2023].

Priansa, D. J, & Setiani, A. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

[Priatna, N., & Arsani, M. (2019). Media Pembelajaran Matematika dengan Geogebra. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, D., & Warmi, A. (2022). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Matematika Pada Konten Bilangan”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika. Vol. 15, (1).

Rahmat, A., Caswita, & Bharata, H. (2015). Efektivitas Penggunaan Model Guided Discovery Learning Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Matematis Siswa.

Rahmawati, F. (2020). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Kesebangunan Dengan Model Pembelajaran Problem Solving”. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 13, (2), 419-426.

Rianti, Resmi. (2018). “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangu Ruang Sisi Datar”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 2 , (4), 802-812.

Riskyanti, D., Hamid, H., & Jalal, A. (2021). “ Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 14 Halmahera Selatan Pada Materi Aritmatika Sosial”. Jurnal Pendidikan Guru Matematika. Vol. 1, (1).

Rustella, F., & Chotimah, S. (2023). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Berdasarkan Level Kemampuan Siswa SMP Kelas VIII”. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 6, (4), 1737-1746.

Sakinah, I., & Yerizon. (2022). “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Problem Based Learning”. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. Vol. 11, (2), 113-118.

Sani, A.R. (2011). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. [Online]. Tersedia: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=911571 [13 November 2023].

Sembiring, V. M., & Sutirna. (2022). “ Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi SPLTV (Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel)”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Shadiq, Fadjar. (2014). Strategi Pemodelan Pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumarmo, U. (2011). Berpikir disposisi matematik: apa, mengapa dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. FMIPA UPI.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Susanti, Vera Dewi. (2018). “Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis”. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 3, (1), 71-83.

Sya’diyah, N., Suryani, M., & Hamdunah. (2023). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII Ditinjau Dari Minat Belajar”. Jurnal Equation : Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika. Vo. 6, (1).

Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: NoerFikri Offset.

Wardhani, S., Purnomo, S.S., & Wahyuningsih, E. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Yuniawati., & Hanum, L. (2017). “Improving Mathematics Achievement of Indonesia 5th Grade Student Through Guided Discovery Learning”. Journal on Mathematics Education. Vol. 8, (1), 77-84.

Published

2025-02-28

How to Cite

Yusuf, Y., Hardianti, A., & Koswara, U. (2025). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model guided discovery learning (gdl) berbantuan software geogebra pada siswa kelas xi mipa sma negeri tanjungkerta. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(1). https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2658

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.