Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar

Authors

  • Ilham Ali Robbani Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Tina Sri Sumartini Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1420

Keywords:

Mathematical Problem-Solving Ability, Student Learning Motivation, Elementary Level, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

This research is motivated by the results of other studies which show that mathematical problem-solving abilities are in line with students' learning motivation. The purpose of this study was to determine the increase in students' mathematical problem-solving abilities in terms of learning motivation. This study used a quantitative method with test instruments about problem-solving abilities and student learning motivation questionnaires. As for the data processing conducting instrument validity tests, normality tests, homogeneity tests, differentiating power tests and difficulty levels and finally conducting t-tests or advanced tests. The population in this study were students at an elementary school in Garut Regency. Sampling was done by purposive sampling. Based on the results of the analysis, it was concluded that increasing student motivation will affect the increase in students' mathematical problem-solving abilities. This research has implications for previous research that motivation influences students' mathematical problem-solving abilities. So, it is hoped that the teacher in the class can increase student learning motivation.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil-hasil penelitian lainnya yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis sejalan dengan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan  instrumen tes soal kemampuan pemecahan masalah dan angket motivasi belajar siswa. Adapun proses pengolahan data dengan melakukan uji validitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas, uji daya pembeda dan tingkat kesukaran serta yang terakhir melakukan uji t atau uji lanjut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di salah satu SD di Kabupaten Garut. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa, Semakin meningkat motivasi belajar siswa akan mempengaruhi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini berimplikasi pada penelitian sebelumnya bahwa motivasi mempengaruhi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.  Sehingga diharapkan guru di kelas mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Ali, N. N., Lestari, P., & Rahayu, D. V. (2023). Kesulitan Siswa SMP Pada Pembelajaran Geometri Materi Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139-146.

Apriyono, F. (2016). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Mosharafa, 5(2), 159–168.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta.

Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 417-428.

Gagne, R. M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction (4th ed.). Holt, Rinehart & Winston.

Gradini, E., Yustinaningrum, B., & Safitri, D. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Indikator Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 49-60.

Istigosah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau gaya kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 149-160.

Kusnadi, R. M., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama negeri 3 tarogong kidul dalam masalah statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 173-182.

Lestari, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang sisi lengkung menggunakan prosedur newman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 125-138.

Nofriyandi, N., Abdurrahman, A., & Andrian, D. (2023). Digital Learning Media Integrated with Malay Culture to Improve Students’ Numeration Ability and Motivation. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 301-314.

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38.

Rahayu, E., & Hartono, H. (2016). Keefektifan Model PBL dan PjBL Ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika.

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079

Rochim, A., Hidayati, W. S., & Masruroh, F. (2023). Students’ Profiles with Interpersonal and Intrapersonal Intelligence in Solving Mathematical Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 35-46.

Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265-274.

Saputra, R. J., Sofyan, D., & Mardiani, D. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 79-92.

Sari, D. L., Fitriani, D. A., Khaeriyah, D. Z., Hartono, H., & Nursyahidah, F. (2022). Hypothetical Learning Trajectory pada Materi Peluang: Konteks Mainan Tradisional Ular Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 203-214.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang PGSD Universitas Muria Kudus. https://media.neliti.com/media/publications/107461-ID-profil-kemampuan-pemecahan-masalah-siswa.pdf

Wiryanto. (n.d.). Level-level Abstraksi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. 3, 511.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Robbani, I. A., & Sumartini, T. S. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 185–192. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1420

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.