Efektivitas lkpd digital dan manual dalam pembelajaran persamaan linear satu variabel pada siswa smp
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2406Keywords:
DIGITAL LKPD, MANUAL LKPD, Learning Effectiveness, Paired Sample T-Test, Student Learning Outcomes, Efektivitas Pembelajaran, LKPD Digital, LKPD Manual, Hasil Belajar SiswaAbstract
Abstract
This study aims to examine the effectiveness of the use of digital LKPD that is completed individually and manual LKPD that is done in groups in learning One-Variable Linear Equations in grade VII students. The approach used is quantitative descriptive by involving the same 30 students to work on both types of LKPD. The research instruments in the form of digital and manual LKPD were then analyzed using the Paired Sample T-Test test technique to test the differences in student learning outcomes between the two types of LKPD. The data obtained was analyzed using SPSS to test descriptive statistics in describing student work outcomes, normality, and significant differences between digital and manual LKPD. The results of the study show that the manual LKPD is more effective in improving students' understanding of the One-Variable Linear Equation compared to the digital LKPD. This can be seen from the higher average score in the manual LKPD that is worked on groups. These findings provide valuable insights into the influence of learning methods on student learning outcomes, as well as provide illustrations that group activities in mathematics learning can improve their understanding of concepts better. This research is expected to contribute to the development of more effective learning methods in schools.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan LKPD digital yang diselesaikan secara individu dan LKPD manual yang dikerjakan secara berkelompok dalam pembelajaran Persamaan Linear Satu Variabel pada siswa kelas VII. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 30 siswa yang sama untuk mengerjakan kedua jenis LKPD. Instrumen penelitian yang berupa LKPD digital dan manual kemudian dianalisis menggunakan teknik uji Paired Sample T-Test untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa antara kedua jenis LKPD. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS untuk menguji statistik deskriptif dalam menggambarkan hasil kerja siswa, normalitas, dan perbedaan signifikan antara LKPD digital dan manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD manual lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai persamaan linear satu variabel dibandingkan dengan LKPD digital. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata yang lebih tinggi pada LKPD manual yang dikerjakan secara berkelompok. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga mengenai pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, serta memberikan ilustrasi bahwa kegiatan berkelompok dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep dengan lebih baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di sekolah.
References
Aeni, T. N., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Jurnal Kongruen, 1(3), 279-286.
Afinudin, Ah., Junarti., Zuhriah, F. (2023). Tingkat Kecemasan Siswa SMK terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Seminar Nasional FPMIPA 2023, IKIP PGRI Bojonegoro, pp. 119-125
Al Fajrin, B, F, R., Karimah, L, N., Anisah, N., & Retno, H, A. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Penggunaan Metode Ceramah. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(1), 103-110.
Firtsanianta, H., dan Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Conference of Elementary Studies.
Gayatri, N., G., & Dewi, P., S. (2024). Efektivitas Penggunaan Video TikTok untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dalam Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), pp. 1-15. https://doi.org/10.31004/cendekia.v9i1.3612
Haryanti, W., Adisel., Syafri, F. S., & Suryati. (2021). Pengaruh Media Dua Dimensi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Journal of Elementary School, 4(2), https//doi.org/10.31359/joes.v4i2/2808
Haryanti, N., Anwar, M. A., Hidayati, Y., & Dianto, A. Y. (2022). Pelatihan pengolahan data statistika melalui aplikasi software Statistical Product and Service Solution (SPSS) di Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 2(1), 59. https://doi.org/10.53067/ijecsed.v2i1
Irwan, Sauddin, A., & Astuti, R. (2023). Pembelajaran Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial Berbasis Web dengan Shiny R. SAINTIFIK: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 9(2).
Kurniawan, B., Dwikoranto, & Marsini. (2023). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Practice of the Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27-36. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28
Langka, F. R., & Setyadi, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Aljabar untuk Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Matc Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 335-347. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2146
Malikah, S. (2022). Pembelajaran Matematika Kolaboratif Berbasis Online dengan Google Workspace for Education. Jurnal Cendekian: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), pp. 2857-2871. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1624
Murwanto, A., Qohar, A., & Sa’dijah, C. (2022). Pengembangan LKPD daring pendekatan guided discovery berbasis HOTS materi persamaan dan fungsi kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 391-402. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.730
Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web. Jurnal Informatika, 8(2), 245.
Mutiarahman, W., Edriati, S., & Suryani, M. (2023). Lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education pada materi peluang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 159-170. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1232
Navila, A. F. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Website dengann Model Inkuiri untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Peluang. Jurnal Pendagogi Matematika, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpm.v9i2.12618
Nurhabiba, F, D., Misdalina., & Tanzalimah. (2023). Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Berdiferensiasi SD 19 Palembang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(3), 492-504.
Rahayuningsih, S., dan Amalia, S. R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Etnomatematika sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas X. Dialektiks P. Matematika, 10(1).
Rayhan, A., & Sudihartinih, E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMP Pada Pemahaman Konsep PLSV. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v10i2.10631
Sintia, I., Pasarella, M, D., & Nohe, D, A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, dan Aplikasinya, II. Samarinda, Indonesia.
Siregar, R., Siagian, M. D., & Syahlan, S. (2024). Empowering Primary School Students Through Problem-Based Learning: A Path to Literacy and Numeracy Mastery. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(4), 975-988. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.2550
Siregar, N. A. R., Susanti, S., Bagus, S. T., & Amirozaliana, R. (2024). Desain E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets Pada Materi Perbandingan Senilai. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(2), 339-350.
Sriwati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2).
Tarumasely, Y., (2020). Perbedaan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Self-Regulated Learning. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(1).
Veronika, Y. Beku, dkk. (2023). Penggunaan Metode Diskusi untuk Mengaktifkan Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Matematika. 4th Annual Proceeding, STKIP Citra Bakti, Bajawa, NTT, pp. 1-8.
Wardi, Z., Satriawan, R., Ahyan, S., & Halqi, M. (2023). Interelasi model Problem Based learning dan Interaksi Teman Sebaya melalui Sikap Matematis terhadap Prestasi Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 521-538. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1514
Zakirman, & Aufiana, N, R. (2023). Efektivitas Liveworksheet untuk Meningkatkan Kompetensi Matematika Siswa selama Masa Pandemi di SD Al Jannah. FKIP, Universita Terbuka, Banten, Indonesia, 21(3), 556-567.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nen Diana Laila Sari, Silvi Munawaroh, Tina Sri Sumartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.