The use of word wall media on student learning outcomes and motivation in cartesian coordinate
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1426Keywords:
cartesian coordinate ; word wall; motivation ; learning outcomesAbstract
This research took place at the MTS Ibnu Hajar Bulupitu Gondanglegi Malang using word wall media to help students understand the cartesian coordinate material. This research aims to determine students’ motivation and learning outcomes before and after using word wall media in cartesian coordinate material. The method used in this research is quantitative with the questionnaire method and pretest-posttest, where the questionnaire is used to measure student motivation. In contrast, the pretest-posttest is used to determine student learning outcomes. The study results show the percentage of student motivation before applying word wall media was 55%. In contrast, after the application of word wall media, which was 80%, there was an increase in motivation to learn as much as 25%. The normalized N-Gain results of 0.75, which are part of the high criteria, demonstrate that word wall media also effectively enhance student learning outcomes in learning cartesian coordinate material. This study concludes that using word wall media on Cartesian coordinate material can increase motivation and student learning outcomes.
Penelitian ini berlangsung di lembaga MTS Ibnu Hajar Bulupitu Gondanglegi Malang, dengan menggunakan media word wall untuk membantu siswa dalam memahami materi koordinat kartesius. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media word wall dalam materi koordinat kartesius. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode angket dan pretes-postes, yang mana angket digunakan untuk mengukur motivasi siswa sedangkan pretes-postes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase motivasi siswa sebelum penerapan media word wall yakni 55% sedangkan setelah penerapan media word wall yakni 80% terjadi peningkatan motivasi belajar sebanyak 25%. Penggunaan media word wall ini juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajar matematika materi koordinat kartesius dibuktikan dengan hasil normalisasi N-Gain 0,75 termasuk dalam kriteria tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini bahea penggunaan media word wall pada materi koordinat kartesius dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
References
Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi microsoft powerpoint pada siswa smp kelas viii dalam pembelajaran koordinat kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15-19.
Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall: Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 4(1), 33-41.
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.
Mujawal, W., Bani, A., & La Nani, K. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatakan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1).
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109-3116.
Epriliyanti, L., Lidiana, N., Munawaroh, N., & Nurfijri, S. (2021, December). Literatur Review: Penggunaan Media WORDWALL Sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 6, No. 1, pp. 378-384).
Nugroho, R., & Warmi, A. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di smpn 2 tirtamulya. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(2), 407-418.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tika Septia, Miftahul Jannah, Rani Puspita, Ucik Fitri Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.