Brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp

Authors

  • Intan Dwi Cahyani Universitas Islam Malang
  • Abdul Halim Fathani Universitas Islam Malang
  • Surya Sari Faradiba Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1405

Keywords:

Brain-Based Learning, critical thinking, junior high school students, Brain Based Learning, berpikir kritis, siswa smp

Abstract

This research is motivated by the researcher's weakness in the low mathematical critical thinking skills of junior high school students. Researchers provide solutions to Brain Based Learning models. This research is included in the type of Classroom Action Research (PTK) which was conducted for 2 cycles. The subject of this study was class VIII with a total of 32 students. Based on the results of research and discussion students' critical thinking skills in learning mathematics have increased. This increase can be seen from the average value of students, and the results of calculating students' Classical Absorption Capacity (DSK). Student responses to learning mathematics with the Brain-Based Learning model generally give a positive response. Student activities in learning mathematics with the Brain-Based Learning model are active. Based on the explanation above, it can be concluded that the application of the Brain-Based Learning learning model can improve the mathematical critical thinking skills of junior high school students in mathematics.

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keprihatinan peneliti terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Peneliti memberikan solusi model Brain Based Learning. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa, dan hasil perhitungan Daya Serap Klasikal (DSK) siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model Brain Based Learning pada umumnya memberikan respon positif. Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model Brain Based Learning berjalan aktif. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dalam mata pelajaran matematika.

References

Amalia, S. (2022). Media Google Classroom Berbantuan Whatsapp terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 211-220.

Bakri, F., Sunaryo, S., Irawan, V. F., & Muliyati, D. (2018). E-learning model for problem based learning on heat and thermodynamic topics in high school. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 101-112.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Milbrae: Measured Reasons and The California Academic Press.

Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA pada Pokok Bahasan Persamaan Trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325-334.

Fitri, D. Y., Aima, Z., & Muhlisin, M. (2017). Pengaruh Penerapan Teknik Spotlight terhadap Pemahaman Konsep Matematis Sisiwa Kelas VIII SMPN 1 Batang Anai Padang Pariaman. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 247-254.

Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di desa sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 139-148.

Haq, C. N. (2012). Training by Doing. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43-50.

Hidayatuloh, A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segiempat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 213-220.

Jensen, E. (2008). Brain-based learning. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.

Jensen, E. (2011). Pemelajaran berbasis-otak. Jakarta, Indonesia: Indeks.

Lestari, K.E., (2013). Implementasi Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis Sekolah Pascasarjana, UPI Bandung.

Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508.

Nugraha, A. J., H. Suyitno., & E. Susilaningsih. 2017. Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43. https://doi.org/10.15294/jpe.v6i1.14511

Prihartiningsih., Zubaidah, S., & Kusairi. (2016). Kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi klasifikasi makhluk hidup. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1, 1053-1062.

Priyadi, R. Mustajab, A. Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 53.

Romadona, D. D., & Adila, D. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 59–66.

Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan disposisi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172-185.

Sadiyono, B. (2014). Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 25-30.

Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan belief siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 275-288.

Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika.

Solapur, A. (2012). Teaching Methods Brain Based Learning. Electronic International Interdiciplinary Research Journal (EIIRJ), I(II).

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Cahyani, I. D., Fathani, A. H., & Faradiba, S. S. (2023). Brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 113–122. https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1405

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.