Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam problem-based learning

Authors

  • Yeni Talia SMP Negeri 8 Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2671

Keywords:

critical thinking skills, problem-based learning, solid geometry, kemampuan berpikir kritis, bangun ruang

Abstract

Abstract

One of the abilities that students must have in learning mathematics is the ability to think critically. Developing critical thinking skills can be done through problem-based learning. This research aims to analyze students' critical thinking abilities in problem-based learning. This research is a type of qualitative research with a descriptive approach. The subjects in this research were 20 class VII students at SMP Negeri 8 Garut. The data collection technique in this research is by using written test questions and interviews. The data analysis carried out was data reduction, data presentation, verification and drawing conclusions. The research results show that problem-based learning is a learning model that is suitable for determining students' critical thinking abilities. Of the 20 students who were research subjects, there were 5% of students who had a very good level of critical thinking ability, 30% of students had a good level of critical thinking ability, 55% of students had a sufficient level of critical thinking ability, and 10% of students had the level of critical thinking ability is in the poor category.

 

Abstrak

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan berpikir kritis. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan melalui problem-based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam problem-based learning. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Garut sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen soal tes tertulis dan wawancara. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem-based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Dari 20 orang siswa yang menjadi subjek penelitian, terdapat 5% siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis kategori sangat baik, 30% siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis kategori baik, 55% siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis kategori cukup, dan 10% siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis kategori kurang.

References

Aisyah, S., Sukmawati, R. A., & Amalia, R. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). JURMADIKTA, 1(2), 21-28. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i2.795

Arikunto, P. D. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rinika Cipta.

Ariadila, S., Silalahi, Y. F., Fadiyah, F., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664-669

Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149-1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892

Dewi, W. A. F., & Wardani, K. W. (2021). Metaanalisis Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1241-1251. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.915

Ennis, R.H. 1996. A Critical Thinking. New York: Freeman.

Ennis, R. H. (2011, July). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. In Sixth International Conference on Thinking, Cambridge, MA (pp. 1-8).

Febrita, I., & Harni. (2020). Model Problem Bdased Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berpikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619-1633.

Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(01), 1-10.

Lakapu, M., Fernandez, A. J., Djong, K. D., Fernandez, M., & Gawa, M. G. M. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Figma Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-55.

Nufus, H., & Kusaeri, A. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 49-55. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.1812

Prajono, Gunarti, & Anggo. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 143-154.

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran perencanaan pembelajaran terhadap kualitas pengajaran. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 7(1), 138-163.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(April), 1–7

Seibert, S. A. (2020). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 000, 2–5. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002.

Setyawan, M., & Koeswanti, H. D. (2021). Pembelajaran problem based learning terhadap berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 489-496. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41099

Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889–898. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482.

Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi perencanaan pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35.

Yuliastuti, R., & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Matematika Terapan pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2270-2284.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Talia, Y. (2024). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam problem-based learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(3), 382–391. https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2671

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.