Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga

Authors

  • Ainur Rohmah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mita Dwi Rosita UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Ervina Reza Fatimah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Indah Wahyuni UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1419

Keywords:

Critical Thinking Skills, Story Problems, Triangular, Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Cerita, Segitiga

Abstract

Critical thinking skills are very important in today's life, as other thinking skills develop, such as decision-making and problem-solving skills. This study aims to analyze the critical thinking skills of class VII students at SMPN 2 Kalisat in solving word problems on triangle material. Students' critical thinking skills are very important to help them solve problems and make the right decisions. This study used a descriptive qualitative method with data collection techniques using written tests and interviews. The research sample consisted of 6 students of class VII B at SMPN 2 Kalisat. The results showed that students' critical thinking skills in solving triangle story problems were still low. This shows the need for efforts to improve student's critical thinking skills through more active, creative, and participatory learning. It is recommended for teachers to provide more exercises to students to improve their critical thinking skills in solving triangle story problems.

Kemampuan berpikir kritis sangat penting dalam kehidupan saat ini, saat keterampilan berpikir lainnya berkembang, seperti pengambilan keputusan dan keterampilan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di SMPN 2 Kalisat dalam menyelesaikan soal cerita pada materi segitiga. Kemampuan berpikir kritis siswa sangat penting untuk membantu mereka dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara. Sampel penelitian terdiri dari 6 siswa kelas VII B di SMPN 2 Kalisat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga masih rendah. Hal ini menunjukkan perlunya upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, dan partisipatif. Disarankan bagi guru untuk memberikan latihan-latihan yang lebih banyak kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga.

References

Ahmadi, Y. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Segitiga. Skripsi.

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 159–170.

Andriani, D., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp di Kota Cimahi pada Materi Segiempat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 207. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p207-218

Ennis, R. H. (1996). A Critical Thinking. Freeman.

Filsaime, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Prestasi Pustakaraya.

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D SMPN 17 Malang. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya. Knpmp I, 580–590.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika (N. F. Atif (ed.)). Refika Aditama.

Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa SMP Terhadap Materi SPLDV. Journal On Education, 1(2), 515–523.

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552.

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa ditinjau dari Self Confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804

Khulsum, R., Suryaningsih, Y., & Riajanto, M. L. E. J. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (Bkm) Siswa Smp Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1015. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p1015-1024

Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa Smp. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1). Https://Doi.Org/10.35706/Judika.V2i1.120

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Mardiyanti, D. O., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 427. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p427-434

Robiah, S. S., & Rahmawati, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.97-106

Rohana, Syarifuddin, & Mutmainah. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 4(2), 54–69.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung.

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 89–100.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192. https://doi.org/10.30998/FJIK.V5I3.2719

Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p56-66

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175–184. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1419

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.