Kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah pada materi teorema pythagoras di smp
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2679Keywords:
Analysis, Thinking, Reflective, Problem Solving, Pythagorean Theorem, Analisis, Berpikir, Reflektif, Pemecahan Masalah, Teorema PythagorasAbstract
Abstract
This research is descriptive qualitative research that aims to analyze students' reflective thinking ability in solving Pythagorean Theorem material in class IX SMP. The subjects of this study were three students with high, medium and low mathematics abilities. The instruments of this research are the researcher himself, written tests and interview guidelines. The data in this study were analyzed in three stages, namely data condensation, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that in solving problems, students with high mathematical ability in this category also have high reflective thinking ability, because students can fulfill all phases of reflective thinking indicators, namely reacting, comparing and contemplating. In solving problems for students with moderate mathematical ability in this category also have moderate reflective thinking skills, because students can only fulfill two phases of reflective thinking indicators, namely reacting and comparing. In solving problems for students with low mathematical ability in thisy, they also have low reflective thinking ability, because students can only fulfill the reflective thinking indicators in the reacting phase.
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah pada materi Teorema Pythagoras di kelas IX SMP. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian ini yakni peneliti sendiri, tes tertulis dan pedoman wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan tiga tahap yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada penyelesaian soal untuk siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam kategori ini juga memiliki kemampuan berpikir reflektif tinggi, karena siswa dapat memenuhi semua fase indikator berpikir reflektif yaitu reacting, comparing dan contemplating. Pada penyelesaian soal untuk siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam kategori ini juga memiliki kemampuan berpikir reflektif sedang, karena siswa hanya dapat memenuhi dua fase indikator berpikir reflektif yaitu reacting, dan comparing. Pada penyelesaian soal untuk siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam kategori ini juga memiliki kemampuan berpikir reflektif rendah, karena siswa hanya dapat memenuhi indikator berpikir reflektif pada fase reacting.
References
Adeoye, M. A., & Jimoh, H. A. (2023). Problem-solving skills among 21st-century learners toward creativity and innovation ideas. Thinking Skills and Creativity Journal, 6(1), 52-58.
Anwar, & Sofyan. (2018). Teoritik Tentang Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pengajuan Masalah Matematis. 5(1).
Apiati, V. (2024). Realistic Mathematics Assisted with Learning Management System in Improving Students' Reflective Thinking Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(4), 1055-1066. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.1874
Ariany, R. L., Widiastuti, T. T., Jauhari, A. L. R., & Fardillah, F. (2021, February). Classification of Student’s Mathematical Reflective Thinking in Calculus Class. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1764, No. 1, p. 012117). IOP Publishing.
Ariany, R. L., Rosjanuardi, R., & Juandi, D. (2023). Self-Efficacy and Reflective Thinking Skills Attributes of Pre-service Mathematics Teachers. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 81-88. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.754
Ariyanto, L., Supandi, S., & Kusumaningsih, W. (2024). Students' Reflective Thinking Profiles in Problem-Solving Based on Mathematical Resilience. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(3), 849-860. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i3.1435
Dwiyanti, W., & Sholihat, M. N. A. (2023). Kebutuhan akan Kognisi dan Efikasi Diri Matematis terhadap Kecenderungan Berpikir Reflektif. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 359-370. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1501
Ernawati, L. (2018). Analisis berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah teorema phytagoras ditinjau dari kemampuan matematika kelas viii smp negeri 1 kampak tahun ajaran 2017/2018. UIN Satu Tulungagung.
Genarsih, T., Kusmayadi, T. A., & Mardiyana. (2015). Proses berpikir reflektif siswa sma dalam fungsi ditinjau dari efikasi diri (studi kasus pada siswa kelas xi ipa sma negeri punung). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(7), 787–795.
Hatala, R. (2022). Analisis berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi persamaan nilai mutlak. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.
Huberman, M, & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. Sage.
Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M, K. (2022) Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa SMP pada pembelajaran daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.
Kholid, M. N., Sa’Dijah, C., Hidayanto, E., & Permadi, H. (2022). Students’ reflective thinking pattern changes and characteristics of problem solving. Reflective Practice, 23(3), 319-341.
Lie, A. dkk. (2020). Mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (T. S. D. Utami (ed.)). PT Kanisius.
Lisnani, & Inharjanto, A. (2023). Students' problem-solving ability using picture story contexts. Students' Problem-Solving Ability Using Picture Story Contexts, 12(1), 101-112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.756
Morocco, C. C., Aguilar, C. M., & J.Bershad, C. (2008). Supported literacy for adolescents: transforming teaching and content learning for the twenty-first century. Jossey Bass.
Muniri, & Yulistiyah, E. (2022). Representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear ditinjau dari gaya kognitif reflektif-implusif. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 201-210. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1097
Murwanto, A., Qohar, A., & Sa’dijah, C. (2022). Pengembangan LKPD daring pendekatan guided discovery berbasis HOTS materi persamaan dan fungsi kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 391-402. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.730
Nilimaa, J. (2023). New examination approach for real-world creativity and problem-solving skills in mathematics. Trends in Higher Education, 2(3), 477-495.
Ningsih, Y. L., Destiniar, Fitriasari, P., Octaria, D., & Kesumawati, N. (2023). Assessing Students’ Higher Order Thinking Skills in Geometry: A Rasch Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 411-424. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1505
Nisak, L. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Semantik, Figural, dan Simbolik pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas XI IPA di MAN Nglawak Kertosono Nganjuk. Institut Agama Islam Sunan Ampel, Surabaya.
Nurrohmah, S, & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi lingkaran. Prisma, 9(2), 118-127.
Pais Marden, M., & Herrington, J. (2022). Encouraging reflective practice through learning portfolios in an authentic online foreign language learning environment. Reflective Practice, 23(2), 177-189.
Polya, G. (2004). How to solve it. Princeton University Press.
Putri, A. S., & Mampouw, H. L. (2018). Profil berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal tipe-tipe perkalian ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika dan gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 34–46.
Rahmawati, D., & Afriansyah, E. A. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis melalui proses planning, execution, dan revision ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 191-208. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1336
Rasiman. (2012). Penelusuran proses berpikir reflektif kritis dalam menyelesaikan masalah matematika bagi siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang, 3(1).
Rasiman. (2013). Proses berpikir kritis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika bagi siswa dengan kemampuan matematika rendah. Prosiding Seminar Nasional.
Ratnasati, Y., & Nurhidayah, D. A. (2020). Analisis berpikir reflektif siswa dalam Menyelesaiakan masalah matematika. Edupedia, 0985(10), 481124.
Setyaningsih, N., & Kustiana, M. N. (2023). Analysis of Students' Creative Thinking Ability in Solving HOTS Problems Viewed from Numeration Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 351-362. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.789
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.
Suharna, H. (2018). Teori berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika. CV Budi Utama.
Surbeck, E., Han, E. P., & Moyer, J. E. (1991). Assessing reflective responses in journals. Educational Leadership.
Susanti, L., Kosasih, U., Fadilawati, F., & Indriani, T. (2023). Model Brain-Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa MTs. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 317-332. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1347
Ulfa, Y. L., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi jarak pada bangun ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415-424. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.732
Vrasetya, A., & Nasution, E. Y. P. (2024). Students' Mathematical Connection Ability in Solving Higher Order Thinking Skills Problems Based on Jambi Culture. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 269-286. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2087
Wahyuni, F, T., Arthamevia, T, A., Haryo, D. (2018) Berpikir reflektif dalam pemechan masalah pecahan ditinjau dari kemampuan awal tinggi dan gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 28-39.
Wulansari, M. D., Purnomo, D., & Utami, R. E. (2019). Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual dan auditorial. 1(6), 393–402.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fajar Arwadi, Muhammad Darwis, Nurul Fitriani Syam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.