Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model problem-based learning berbantuan question card

Authors

  • Rahayu Institut Pendidikan Indonesia
  • Nitta Puspitasari - Institut Pendidikan Indonesia
  • Irena Puji Luritawaty Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2639

Keywords:

mathematical problem solving, learning independence, problem based learning, question card, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar

Abstract

Abstract

This study is motivated by the low mathematical problem solving ability and learning independence. This study aims to determine the difference in the improvement of mathematical problem solving ability and student learning independence between students who get the Problem Based Learning model assisted by Question Card and Direct Instruction assisted by Question Card as well as the relationship between the improvement of problem solving ability and the improvement of student learning independence. The research method used was quasi-experiment with nonequivalent pretest-posttest control group design. The population of this study were all students of class VIII MTs Negeri 1 Garut with samples taken by purposive sampling as many as two classes, namely class VIII-6 and class VIII-5 each with 32 students. The research instruments used were mathematical problem solving ability test and learning independence questionnaire. The results of the analysis showed that: There is a difference in the improvement of students' mathematical problem solving ability between those who get the Problem Based Learning learning model assisted by Question Card and Direct Instruction assisted by Question Card; and There is a difference in the improvement of students' learning independence between those who get the learning model.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa antara siswa yang mendapatkan model Problem Based Learning berbantuan Question Card dan Direct Instruction berbantuan Question Card serta hubungan antara peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan peningkatan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Garut dengan sampel yang diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-6 dan kelas VIII-5 masing-masing sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket kemandirian belajar. Hasil analisis menunjukan bahwa: Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Question Card dengan Direct Instruction berbantuan Question Card; Terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Question Card dengan Direct Instruction berbantuan Question Card; dan Terdapat hubungan yang signifikan antara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan peningkatan kemandirian belajar siswa.

References

Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 451-462.

Albay, E. M. (2019). Analyzing the effects of the problem solving approach to the performance and attitude of first year university student. Social Sciences & Humanities Open, 1(1), 100006.

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa menggunakan model pembelajaran means end analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435-446.

Aulia, S. S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AB-JME: Al-Bahjah Journal of Mathematics Education, 2(1), 108-120.

Azizah. (2020). Upaya meningkatkan kemandirian belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Program Studi Bimbingan Dan Koseling, 1(1), 8–15.

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282-294.

Elsyavalia, S., Indiati, I., & Fatoni, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas III SD N Rejosari 01 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru 1(2), 2672-2683.

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa smp terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal On Education, 1(2), 288–296.

Gani, R. A., Anwar, W. S., & Aditiya, S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 54-59.

Hayati, R., Fachrurazi, F., Karim, A., & Marzuki, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 621-629

Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 223–234.

Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., & Setiawan, W. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTS Pada Materi Perbandingan Dan Skala. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 113

Musliha, & Revita, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 68–82.

Mustofa, A. S. J., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2022/2023. Armada: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(7), 670-683.

Nasution, S.R. dan Mujib, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, Jurnal Pendidikan, 6(2), 40–48.

OECD (2023), PISSA 2022 Assessment and Analytical Framework,PISA, OECD Publising, Paris.

Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024, February). Studi Literatur: Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 724-730.

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantu question card terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 44-51.

Rinanda, F. (2019). Kemandirian belajar siswa SMP melalui model problem based learning (PBL). Jurnal peluang, 7(2), 121-128.

Ruseffendi. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito Bandung.

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45-59.

Suherman, Erman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Wulandari, A. (2022). Analisis kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Learning Innovation , 1(2), 151–162.

Yanti, W. T., & Fauzan, A. (2021). Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan untuk Siswa Lamban Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6367-6377.

Zakiyah, S., Hidayat, W., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan respon peralihan matematik dari SMP ke SMA pada materi SPLTV. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 227–238.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Rahayu, R. A., -, N. P., & Puji Luritawaty, I. (2024). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model problem-based learning berbantuan question card. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(3), 418–433. https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2639

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.