Creative thinking ability of junior high school students in square and triangle
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1769Keywords:
mathematical creative thinking ability, descriptive qualitative, junior high school, kemampuan berpikir kreatif matematis, deskriptif kualitatif, SMPAbstract
Creative thinking ability is the ability to think that aims to create ideas, provide answers or find different or uncommon ideas with correct and precise results. This study aims to determine the mathematical creative thinking ability of junior high school students in Girijawa Village, Garut Regency. With the indicators of mathematical creative thinking ability used are the indicators of Fluency (smooth thinking), Flexibility (flexible thinking), and Originality (original thinking). This study was conducted on junior high school students who live in Girijaya Village, Garut Regency. This study uses a descriptive qualitative method with the instrument used in the form of 5 descriptive questions on students' mathematical creative thinking abilities on the material of quadrilaterals and triangles, accompanied by questionnaires and interviews with students. The conclusion of this study is that the mathematical creative thinking ability of junior high school students in Girijaya Village, Garut Regency is still low.
Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir yang bertujuan menciptakan gagasan, memberikan jawaban atau menemukan ide yang berbeda atau tidak umum dengan hasill yang benar dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP di Desa Girijawa Kabupaten Garut. Dengan indikatorkemampuann berpikir kreatif matematisyang digunakan adalah indikator Fluency (berpikir lancar), Flexibility (berpikir lewes), dan Originality (berpikir orisinil).penelitian ini dilakukan pada siswa SMP yang tinggal di Desa Girijaya Kabupaten gGrut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan intrumen yang digunakan berupa 5 butir soal uraian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga, disertai dengan akngket dan wawan cara kepada siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP di Desa Girijaya Kabupaten Garut masih rendah.
References
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239–248. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2), 225–233. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989
Atiyah, A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 103-112.
Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141-150.
Dewi, N., & Riandi. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kompleks Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping. Edusains, 8(1), 98–107. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1805
Faiziyah, N., Hanan, N. A., & Azizah, N. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal berbasis Etnomatematika Tipe Multiple Solutions Task. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 495-506.
Fitriarosah, N. (2016). Pengembangan instrumen berpikir kreatif matematis untuk siswa smp. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 (Vol. 1, pp. 243–250).
Kurniawati, L., Kadir, K., & Octafiani, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Experiential Learning. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 1(2), 86–102. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14071
Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran missouri mathematics project (mmp). Jurnal Formatif, 5(1), 14–25.
Mualifah, Basuki Kasih, H., & Lestari, I. (2020). Pengaruh Berpikir Kreatif dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 213–222.
Nurhanifah, N. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi geometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 161-172.
Rachman, A. F., & Amelia, R. (2020). Siswa Sma Di Kabupaten Bandung Barat Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Trigonometri. Maju, 7(1), 83–88.
Rahayu, N. S., Liddini, U. H., & Maarif, S. (2022). Berpikir Kreatif Matematis: Sebuah Pemetaan Literatur dengan Analisis Bibliometri Menggunakan Vos Viewer. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179-190.
Sabaruddin, Marzuki, Zaiyar, M., Hamdani, & Qalbi, D. (2023). Mathematical Creative Thinking Ability of Vocational School Students in Solving Composition Function Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 809-820.
Salsabila, R. T., & Delyana, H. (2023). Model Pembelajaran Collaborative Creativity dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 251-264.
Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan belief siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 275-288.
Setyaningsih, N., & Kustiana, M. N. (2023). Analysis of Students' Creative Thinking Ability in Solving HOTS Problems Viewed from Numeration Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 351-362.
Siregar, R. N., Karnasih, I., & Hasratuddin. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan self-efficacy siswa smp. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 45–64.
Sumartini, T. S. (2022). Pengaruh habit of mind terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis melalui metode pembelajaran improve. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 167-178.
Suparman, T., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Beripikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Journal On Education, 1(2), 503–508.
Yulianti, E. (2017). Penerapan teknik priority pyramid untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik smp. UJMES (Uninus Journal Of Mathematics Education And Science), 2(1), 134–140.
Yuliati, L. (2013). Efektivitas Bahan Ajar Ipa Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 53–57. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2580
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fahmi Abdul Rozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.