Aktivitas pembelajaran matematika melalui penerapan metode penemuan terbimbing dalam materi menyajikan suatu fungsi
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2646Keywords:
Matematika, penemuan terbimbing, fungsi, Siswa SMP, mathematics, guided discovery metho, function, studentsAbstract
Abstract
The main problem in this research was whether learning by implementing the guided discovery method is effective in the learning process of class VIII students of SMP N 4 Ngabang. This study aims to determine the effect of implementing the guided discovery method on the learning outcomes of class VIII students at SMP N 4 Ngabang. This type of research is experimental research which was carried out in four meetings. The research procedure includes the preparation stage, implementation stage and report. The sample in this research was students in class VIII of SMP N 4 Ngabang as many as 25 students. Data collection instruments include student worksheets (LKS), learning outcome tests, student activity observation sheets, and student response questionnaires. The results of the study showed that in the individual and classical pretests, 100% of students had scores above the minimum completion criteria (KKM) or did not complete. classically, in the posttest of 25 students, 20 students or 80% met the Minimum Completion Criteria (KKM) while others 5 students or 20% did not meet the Minimum Completion Criteria (KKM). Based on the normality test using the SPSS 20 program. The sig. value was obtained. (2-tailed) = 0.001 < ∝ = 0.05, where H0 is rejected and H1 is accepted, which means that a conclusion can be drawn that there is an influence of the application of the guided discovery method on mathematics learning in class VIII students of SMP N 4 Ngabang. Based on the results of the study, it can be concluded that the learning process using the guided discovery method for class VIII students of SMP N 4 Ngabang has an influence on student learning outcomes.
Abstrak
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah pembelajaran dengan menerapkan metode penemuan terbimbing efektif dalam proses belajar siswa kelas VIII SMP N 4 Ngabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 4 Ngabang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan empat kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan laporan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di kelas VIII SMP N 4 Ngabang sebanyak 25 orang. Instrumen pengumpul data berupa lembar kerja siswa (LKS), tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa (Chalsum, Arsyad, & Abdullah, 2023). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest secara individu maupun klasikal 100% tidak ada siswa yang memiliki nilai diatas KKM atau tidak tuntas. Sedangkan secara klasikal pada posttest dari 25 siswa, 20 siswa atau 80% yang memenuhi kriteria Ketuntasan Moinimal (KKM) dan 5 siswa atau 20% yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan uji normalitas menggunakan program SPSS versi 20. Diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,001 < ∝ = 0,05, dimana H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan metode penemuan terbimbing terhadap pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP N 4 Ngabang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing siswa kelas VIII SMP N 4 Ngabang memiliki pengaruh hasil belajar siswa.
References
Adeoye, M. A. (2024). Mastering the Basics: A Guide to Research Methodology for Effective Writing and Publication. Chalim Journal of Teaching and Learning, 4(1), 30-41.
Amerstorfer, C. M., & Freiin von Münster-Kistner, C. (2021). Student perceptions of academic engagement and student-teacher relationships in problem-based learning. Frontiers in psychology, 12, 713057.
El Khatib, M., Al Mulla, A., & Al Ketbi, W. (2022). The role of blockchain in e-governance and decision-making in project and program management. Advances in Internet of Things, 12(3), 88-109.
Hadija, Rochaminah, S., & Ismaimuza, D. (2014). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palu Pada Materi. Jurnal Elektronik Pendidikan MatematikaTadulako, 2(2), 136–143.
Halliru, M., & Musa, A. M. (2023). Sample, Sampling and Sampling Techniques. Copyright (c) 2023, 495.
Hazari, A. (2024). Sampling types and methods. In Research methodology for allied health professionals: A comprehensive guide to thesis & dissertation (pp. 31-39). Singapore: Springer Nature Singapore.
Kantohe, E. (2013). Penggunaan Alat Peraga Papan Geometri dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Belah Ketupat dan Layang-Layang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 87–100.
Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 32, 29–38.
Li, J., & Xue, E. (2023). Dynamic interaction between student learning behaviour and learning environment: Meta-analysis of student engagement and its influencing factors. Behavioral Sciences, 13(1), 59.
Murwanto, A., Qohar, A., & Sa’dijah, C. (2022). Pengembangan LKPD daring pendekatan guided discovery berbasis HOTS materi persamaan dan fungsi kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 391-402.
Nahar, S. (2022). Improving Students' Collaboration Thinking Skill under the Implementation of the Quantum Teaching Model. International Journal of Instruction, 15(3), 451-464.
Nurhasnah. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menghitung Luas Bangun Datar Melalui Metode Penemuan Terbimbing di Kelas IV SD Negeri 3 Marowo. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 05(02), 29–43.
Patel, P. (2021). Efficacy, effectiveness, and efficiency. National Journal of Community Medicine, 12(02), 33-39.
Purwatiningsi, S. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 53–63.
Putri, R., Mukhaiyar, M., & Ananda, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran M-APOS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(2), 167-177.
Selamat. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah. In At-Tasyrih: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Surachim, A. (2016). Efektifitas Pembelajaran (Pola Pendidikan Sistem Ganda). Alfabeta.
Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas pembelajaran matematika melalui metode penemuan terbimbing setting kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117-128.
Yani, A. (2006). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Pangkat Rasional bagi Siswa Kelas I SMA Negeri 6 Pontianak. Edukasi Jurnal Pendidikan, 2(2), 326–335.
Yunita, D., Muchils, E. E., Rahimah, D., & Lorenza, N. (2023). Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 2 kota bengkulu. Sigma Didaktika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 49–58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bernadeta Ritawati, Muhammad Firman Annur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.