Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika

Authors

  • Wafiq Andriani Putri Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1406

Keywords:

Interest, Learning, Mathematics, Factors, Minat, Belajar, Matematika, Faktor

Abstract

This article discusses the factor analysis of the low learning interest of fifth-grade elementary school students in mathematics. Descriptive descriptive research method is the method used in this study. The purpose of the research was to find out and find the factors of students' low interest in learning mathematics. Informants in the interview involved 10 students in 2 schools, namely 5 students from SDN 024 Tarai Bangun and 5 students from SDN 187 Pekanbaru. Interviews and analysis of student textbooks are a way for researchers to collect data. The findings from the interviews obtained information that students who had a low interest in learning mathematics were influenced by several factors including the study time being too long, students not like mathematics, not understanding mathematical concepts, being disturbed by friends, the teacher only explaining and students listen, the questions in the book package are still abstract and not by everyday life.

Artikel ini membahas analisis faktor rendahnya minat belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian kualitatif deskriptif menjadi metode yang digunakan pada penelitian ini. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui dan menemukan faktor rendahnya minat siswa pada pembelajaran matematika. Informan dalam wawancara melibatkan 10 siswa pada 2 sekolah yaitu 5 siswa dari SDN 024 Tarai Bangun dan 5 siswa dari SDN 187 Pekanbaru. Wawancara dan menganalisis buku paket siswa merupakan cara peneliti untuk mengumpulkan data. Temuan hasil dari wawancara, peneliti memperoleh informasi bahwa siswa yang memiliki minat belajar matematika rendah dipengaruhi beberapa faktor diantaranya waktu belajar yang terlalu lama, siswa tidak menyukai pelajaran matematika, tidak memahami konsep matematika, diganggu oleh teman-temannya, guru hanya menjelaskan dan siswa mendengarkan, soal-soal di buku paket masih abstrak dan tidak sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

References

Baringbing, A., Antonius, R., & Patri, J. (2022). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD. Jurnal PAJAR, 6(4).

Dores, O., Fatkhan, A., & Rusita, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal PiMat, 1(1).

Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. (2022). Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 349-358.

Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., & Pangga, D. (2023). Uji keterbacaan buku ajar matematika dasar untuk mahasiswa program studi pendidikan fisika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 1-8.

Putri, B., Arifin, M., & Tri, Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Education FKIP UNMA, 5(2).

Rismawati, M., & Eta, K. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal-PiMat, 2(2).

Sadiah, D. S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa ditinjau dari tingkat penyelesaian masalah pada materi operasi pecahan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 31-44.

Sandri, D., Isnaniah., & Tati, T. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 175-185

Sarah, C., I Nyoman, K., & Awal, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Gugus III Cakranegara. Jurnal Progres Pendidikan, 2(1).

Sofiani, J., Nurjamil, D., & Nurhayati, E. (2023). Kemampuan penalaran analogi ditinjau dari self-concept. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 17-30.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ulkhaq, M. M. (2023). Determinan pencapaian siswa bidang matematika: Perbandingan antara indonesia dan singapura. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 9-16.

Yulianto, A., Sisworo, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403-414.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 123–128. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1406

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.