Kesulitan belajar matematika pada mahasiswa pgsd

Authors

  • Lidia Evi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lusia Mimi Febrianti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilmawati Fahmi Imron Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1417

Keywords:

difficulty, student, PGSD, kesulitan, mahasiswa

Abstract

Difficulty in learning mathematics is a condition where there is a deviation between the actual abilities possessed and the achievements shown which are manifested in three basic academic areas such as reading, writing, and arithmetic. The purpose of this study was to determine students' difficulties in learning mathematics and the factors that cause difficulties for students in learning mathematics. This type of research is research using a qualitative approach, which is a process of research and understanding based on a methodology that investigates the difficulty in learning mathematics. The data collection technique uses a questionnaire. The subjects of this study were ten students of PGSD UNP Kediri. Based on the results of the study, the learning difficulties factor for students consisted of 5 factors, namely factors of low basic mathematical ability, the factor of not paying attention to the explanation of the material properly, the factor of drowsiness, the factor of not like learning Mathematics, the factor of playing HP when learning takes place and time factor.

Kesulitan belajar matematika adalah suatu kondisi terjadinya penyimpangan antara kemampuan sebenarnya dimiliki dengan prestasi yang ditunjukkan yang termaniferstasi pada tiga bidang akademik dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar matematika dan faktor-faktor yang menimbulkan kesulitan bagi siswa dalam mempelajari matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang merupakan suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu kesulitan dalam pembelajaran matematika.Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner.  Subjek penelitian ini adalah 15 mahasiswa PGSD UNP Kediri. Berdasarkan hasil penelitian faktor kesulitan belajar mahasiswa terdiri dari 6 faktor yaitu: Faktor kemampuan dasar matematika rendah, Faktor tidak memperhatikan penjelasan materi dengan baik, Faktor mengantuk, Faktor tidak menyukai pembelajaran Matematika, Faktor bermain HP saat pembelajaran berlangsung, dan Faktor waktu/jam.

References

Ali, N. N., Lestari, P., & Rahayu, D. V. (2023). Kesulitan Siswa SMP Pada Pembelajaran Geometri Materi Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139-146.

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 103-112.

Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA pada Pokok Bahasan Persamaan Trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325-334.

Hidayatuloh, A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segiempat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 213-220.

Lestari, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang sisi lengkung menggunakan prosedur newman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 125-138.

Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno, N. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 449-460.

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2019). Minat Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IpA (Penelitian Deskriptif Kualitatif di Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya). NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 315-319.

Oktaviyanthi, R., & Sholahudin, U. (2023). Phet Assisted Trigonometric Worksheet for Students’ Trigonometric Adaptive Thinking. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 229-242.

Pea, R. H., & Armia, A. (2022). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa-Dosen dalam Tuturan Komunikasi Daring. Jurnal Bahasa dan Sastra, 16(1), 19-27.

Poerwadarminta. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Putri W. M. (2008). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika Kelas VII Semester Ganjil SMP Tri Sukses Natar Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Lampung: Unila.

Rahman, T., & Saputra, J. (2022). Peningkatan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Melalui Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(1), 50-59.

Rinaldi, R., Nurdin, N., & Kaharuddin, K. (2019). Belenggu Produk Modernisasi Terhadap Disparitas Siswa (Studi Kasus Penggunaan Handphone di SMA Muhammadiyah Sungguminasa). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 7(1), 151-157.

Sarji, N. A., & Mampouw, H. L. (2022). Media Petualangan Aljabar Berbasis Permainan Edukasi untuk Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 425-434.

Sitompul, D. N., Dongoran, F. R., & Hayati, I. (2021). Pengembangan Pembelajaran Akuntansi Berbasis Model Pembelajaran Student Facilitatory And Explaining. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 7(2), 376444.

Solihin, A. O. (2020). Tingkat Keterampilan Siswa pada Ekstrakurikuler Futsal Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(2), 239-246.

Ulfa, N. C. A., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi bilangan berdasarkan self-confidence. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 193-200.

Ulya. (2018). Belajar menghasilkan suatu perubahan. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Evi, L., Febrianti, L. M., & Imron, I. F. (2023). Kesulitan belajar matematika pada mahasiswa pgsd. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 157–164. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1417

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.