Pengaruh modul bangun ruang sisi lengkung berbasis discovery learning dan kooperatif pada siswa kelas ix
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2395Keywords:
Cooperative Learning, Curved Pages, Discovery Learning, Learning Outcomes, Teaching Module, Bangun Ruang Sisi Lengkung, Hasil Belajar, Modul Ajar, Pembelajaran KooperatifAbstract
Abstract
Education plays an important role in producing quality human resources, with mathematics helping to develop creative, analytical, and logical thinking. This study uses a quantitative approach to investigate how the Discovery Learning and Cooperative Learning-based Curved Sided Space teaching module affects the learning outcomes of 36 Grade IX students at SMP Negeri 1 Garut. Data were collected through assessments and questionnaires using the LiveWorksheet platform. Data analysis included normality tests, correlation tests, and module quality assessment. The results showed that student learning outcome data were normally distributed, which allowed for parametric analysis. Correlation tests indicated a positive and significant relationship between grades and module responses. For individual grades, the interesting aspect has a correlation of r = 0.816, and the helpful aspect has a correlation of r = 0.591 (p < 0.01). For group scores, the interesting aspect has a correlation of r = 0.816, and the helpful aspect has a correlation of r = 0.769 (p < 0.05). The teaching module scored 3.67 out of 4, indicating that it met the criteria for effectiveness. The study concludes that discovery learning and cooperative learning-based teaching modules are effective in improving students' performance in curved spatial construction material.
Abstrak
Pendidikan memainkan peran penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dengan matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang membantu mengembangkan pemikiran kreatif, analitis, dan logis. Dengan memanfaatkan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menyelidiki bagaimana modul ajar bangun ruang sisi lengkung berbasis Discovery Learning dan Pembelajaran Kooperatif berdampak pada hasil belajar 36 siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Garut. Data dikumpulkan melalui asesmen kelompok dan individu, serta angket menggunakan platform liveworksheet. Analisis data meliputi uji normalitas, uji korelasi, dan penilaian kualitas modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi data hasil belajar siswa normal, yang memungkinkan analisis statistik parametrik. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara nilai siswa dengan respon siswa terhadap modul ajar. Untuk nilai individu, aspek menarik memiliki korelasi sebesar r = 0,816 dan aspek membantu memiliki korelasi sebesar r = 0,591 (p < 0,01). Sedangkan untuk nilai kelompok, aspek menarik memiliki korelasi sebesar r = 0,816 dan aspek membantu memiliki korelasi sebesar r = 0,769 (p < 0,05). Modul ajar memperoleh skor 3,67 pada skala 1-4 karena memenuhi kriteria efektivitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa modul ajar berbasis Discovery Learning dan Pembelajaran Kooperatif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung.
References
Anggraini, M., & Mahmudah, I. (2023). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VI pada Mata Pelajaran Matematika. JEID (Journal of Education Integration and Development, 3(2), 125–131. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.301
Argaruri, Y., Sulianto, J., Listyarini, I., & Rini, D. N. K. S. P. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik SDN Kalicari 01 Semarang. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2). https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/305
Dewi, I. G. A. C., Putra, I. P. S. A., & Wibawa, K. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 1047–1058. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.1888
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236p
Hutahaen, N. A. (2024). Pengembangan Lembar Kerja peserta Didik dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Journal of Student Research (JSR), 2(1), 187–204 . https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.2083
Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Tehnik analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 79-91.
Kusuma, T. S. W., & Mustari, M. (2023). Model discovery learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis teks cerita pada siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 46-55.
Mawaddah, E. N., Armis, A., & Maimunah, M. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery learning Konten Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase-D. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1748-1762.
Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Pustaka. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.874
Rahayu, B. S., Hartinah, S., & Suriswo, S. (2024). Pengembangan Modul Ajar IPAS dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu AI Canva pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 3883-3887.
Rahmaniar, Nursakiah, & Quraisy, A. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe VAK terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 94–99 . https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.3135
Rahmi, Desi. (2020). Penggunaan Model Discovery Learning dengan Metode Permainan pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Inovasi Pendidikan, 7(2), 14–22 . https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2299
Salamah, S., Afrilianto, M., & Rosyana, T. (2024). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(5), 967–976 . https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i5.24012
Santoso, Singgih. (2010). Statistik Parametrik. Jakarta; PT Elex Media Komputindo.
Silalahi, D. P. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Reading Comprehension. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 9(2), 511-522.
Suharya. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP Negeri 9 Kota Bogor. JSSAH (Journal of Social Studies Arts and Humanities, 1(1), 68–73. 10.33751/jssah.v1i01.4039
Surur, M., & Oktavia. S. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(1), 11–18. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v6i1.341
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(7), 2070–2080 . https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666
Sya’adah, A. N., & Samsudin, A. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD Universitas Mandiri, 8(2), 2241–2250.
https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.519
Wahyuni, Siti. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 13404–13408. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.12696
Wantinem. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bangun ruang Sisi Lengkung melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Siswa Kelas IX E SMPN 4 Wates Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(10), 1436–1445. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5351
Widyaningrum, A. C., & Suparni. (2023). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning pada Kurikulum Merdeka. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(2), 186–193. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 579–587.
Windiyani, T., Novita, L., & Sakinah, A. R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Widyagogik, 7(2), 148–163. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7441
Zurimi, S., Wara-Wara, F., & Darwin. (2023). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Matematika terhadap Hasil belajar Siswa pada Materi Perbandingan di Kelas VII MTs Hasyim Asy'ari Ambon. Madani Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 266–275. https://doi.org/10.5281/zenodo.7954956
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Milda Nayla Gunawan, Dea Amalia Sukmana, Tina Sri Sumartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.