Analisis dampak keterbukaan guru terkait nilai matematika siswa terhadap motivasi belajar

Authors

  • Liya Lestari SDN 2 Cikedokan

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2662

Keywords:

learning, motivation, descriptive qualitative, junior high school students, belajar, motivasi, kualitatif deskriptif, siswa smp

Abstract

Abstract

Learning and motivation are two things that influence each other, learning motivation can arise due to intrinsic factors, in the form of the desire and desire to succeed, encouragement of learning needs, and hopes for ideals. While the extrinsic factors are appreciation, a conducive learning environment, and interesting learning activities, the purpose of this research is to analyze the impact of teacher openness related to students' mathematics scores on learning motivation. This research method is descriptive qualitative, with a population of all students of SMP Plus Al-Moenir, and 3 samples were taken using a purposive sampling technique who had poor, sufficient, and high learning motivation. Students' motivation to learn mathematics when viewed from the 3 indicators that exist, namely the indicator of the desire and desire to carry out activities is in the sufficient category, the indicator of encouragement and the need to carry out activities has the medium category, and the indicator of hopes and aspirations is in the category tall.

 

Abstrak

Belajar dan motivasi merupakan dua hal yang saling mempengaruhi, motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik, berupa hasrat dan keinginan berhasil, dorongan kebutuhan belajar, dan harapan akan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak keterbukaan guru terkait nilai matematika siswa terhadap motivasi belajar. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan populasi seluruh siswa kelas SMP Plus Al-Moenir, dan diambil 3 orang sampel menggunakan teknik purposive sampling yang memiliki motivasi belajar kurang, cukup, dan tinggi. Motivasi belajar matematika siswa apabila dilihat dari ke 3 indikator yang ada yaitu pada indikator  ada nya hasrat dan keinginan untuk melakukan kegiatan ada pada kategori cukup, indikator Adanya dorongan dan kebutuhan melakukan kegiatan memiliki kategori sedang, dan indikator adanya harapan dan cita-cita ada pada kategori tinggi.

References

Hartini, T. S., & Warmi, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 640–646.

Rismawati, N., & Kadarisma, G. (2019). Analisis motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. On Education, 01(02), 491–496.

Yudharsyah, J., Kresnadi, H., & Suparjan. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas V Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–8.

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(1), 49–58. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan Pbl Dan Ibl Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678

Kadarisma, G. (2017). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Smp Dalam Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, I, 61–66. https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.214

Kusaeri, K. (2019). Penilaian Sikap Dalam Pembelajaran Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 61. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.1588

Nasution, Z. M., Surya, E., & Manullang, M. (2017). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Diberi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendidikan Matematika Realistik Di SMP NEGERI 3 Tebing Tinggi. Paradikma, 10(April), 67–78.

Nggema, A. R., Indrawan, I. P. E., & Anggreni, N. L. P. Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring di tengah Pandemi Covid-19 dalam Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 241–265. https://doi.org/10.5281/zenodo.4301080

Nurhayati, D. (2011). Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kelekatan Anak-Orang Tua. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY [Online], 10, 978–979.

Rismawati, N., & Kadarisma, G. (2019). Analisis motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. On Education, 01(02), 491–496.

Sukmawati, R., & Yenni. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251–262.

Sundayana, R. (2018). Statistika penelitian pendidikan (4th ed.). Alfabeta.

Yanti, G. I., Setyaningsih, N., & Kholid, M. N. (2016). Dampak strategi pembelajaran ditinjau dari kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Repository FKIP Unswagati, 1–9.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Lestari, L. (2024). Analisis dampak keterbukaan guru terkait nilai matematika siswa terhadap motivasi belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(3), 464–473. https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2662

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.