Eksplorasi etnomatematika pada aktivitas masyarakat petani di kecamatan gondanglegi kabupaten malang

Authors

  • Tika Septia Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Ani Nuraini Institut Agama Islam Al-Qolam Malang
  • Rahma Wahyu Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1702

Keywords:

ethomatematical, community activities, farming, etnomatematika, aktivitas masyarakat, pertanian

Abstract

This study aims to determine ethnomathematical activities in rice farming activities in Bulupitu Village. The research was conducted in Bulupitu Village, Gondanglegi District, and Malang Regency using ethnographic qualitative methods. The results showed that mathematical activities appeared in rice farming activities, namely counting, measuring, and counting. The counting activity appears when the farmer counts the number of paddy seeds and the paddy field area. Measuring activities seen when measuring rice planting and calculating activities most often occur in mathematical concepts, for example, when fertilizing and distributing wages that agricultural workers or laborers will obtain. Different agricultural terms commonly used by the people of Bulupitu come from the Madurese language, as well as the non-formal unit term used to measure, namely the shoulder unit. The discovery of activities that arise in rice farming activities can be used as a reference for learning mathematics.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan etnomatematika pada aktivitas pertanian padi di Desa Bulupitu. Dengan menggunakan metode kualitatif etnografi, penelitian dilakukan di Desa Bulupitu, Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat aktivitas matematika yang muncul pada kegiatan pertanian padi yaitu membilang, mengukur, dan menghitung. Aktivitas membilang muncul pada saat petani membilang jumlah benih padi dan luas sawah. Aktivitas mengukur yang terlihat pada saat pengukuran penanaman padi dan Aktivitas menghitung ini paling sering muncul pada konsep matematika contohnya saat dalam proses pemupukan dan pembagian upah yang akan diperoleh oleh para pekerja/buruh petani. Terdapat istilah-istilah pertanian berbeda yang biasa digunakan masyarakat Bulupitu yang berasal dari bahasa Madura, serta terdapat istilah satuan non formal yang digunakan unutk mengukur yaitu satuan bahu. Penemuan aktivitas-aktivitas yang muncul pada kegiatan pertanian padi tersebut diharapkan dapat dijadikan sebagi acuan pembelajaran Matematika.

References

Aini, G. M., Hastuti, I. D., & Mariyati, Y. (2023). Ethnomathematics: Exploration of Geometry from Karang Bayan Ancient Mosque in Elementary School Mathematics Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 517-530.

Ambarwati, L., & Wahyuni, I. (2023). Application of Scaffolding on Ethnomatematics-Based Construction Errors. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 783-794.

Aprisal, & Arifin, S. (2023). Mandarese Ethnomathematics: Lipa’Sa’be Mandar and Its Relation with Mathematics Learning at Schools. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 745-758.

Aulia, L., & Rista, L. (2019). Identifikasi Konsep Matematika Melalui Aktivitas Etnomatematika Petani Sawah. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 110–117. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.857

Astria, R. T., & Kusno. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Tradisional. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 171-182.

Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian etnomatematika pola Batik Keraton Surakarta melalui analisis simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24.

Budiarto, M. T. (2016). Etno-Matematika : Sebagai Batu Pijakan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(February), 44-48.

Diniyati, I. A., Ekadiarsi, A. N., Salsabila, Herdianti, I. A. H., Amelia, T., & Wahidin. (2022). Etnomatematika: Konsep matematika pada kue lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247-256.

Fadlilah, U., Trapsilasiwi, D., & Oktavianingtyas, E. (2018). Identifikasi Aktivitas Etnomatematika Petani Padi Pada Masyarakat Jawa Di Desa Setail. Jurnal Kadikma, 6(3), 45–56. https://doi.org/10.19184/kdma.v6i3.5163

Faiziyah, N., Hanan, N. A., & Azizah, N. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal berbasis Etnomatematika Tipe Multiple Solutions Task. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 495-506.

Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301-310.

Fauzi, L. M., Ahyan, S., Supiyati, S., Hayati, N., & Satriawan, R. (2023). An Analysis of Frieze Patterns, Crystallographic Patterns, and Philosophical Values on Subahnale Woven Motifs Sukarare Village. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 505-516.

Febriyanti, D., & Afri, L. D. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Proses Pembuatan Tahu Desa Sayurmatinggi Kabupaten Simalungun Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1611–1622. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2257

Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika pada bale lumbung sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12.

Firdaus, B. A., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). Studi Etnomatematika: Aktivitas Petani Padi Dusun Panggang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 85–92. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.983

Hartono, & Putra, M. I. R. (2022). Desain LKM elektronik bermuatan etnomatematika pada pakaian adat Dayak Iban dan bahasa Inggris. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 293-304.

Hendriawan, P., & Faridah, S. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Bekles. Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 149–158. https://doi.org/10.30743/mes.v7i2.4979

Ikrimah, Rahmi, M., N., R., & Darmawan. (2017). Studi etnomatematika di kalangan petani desa kelir kecamatan kalipuro. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, I(1), 50–59.

Iqrima, Zulkarnain, I., & Kamaliyah. (2023). Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39-50.

Ja'faruddin, & Naufal, M. A. (2023). Ethnomathematics: Two-Dimensional Figure Geometry Concept in the Balla Lompoa Traditional House in South Sulawesi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 667-674.

Lisnani, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Somakim. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359-370.

Meilina, A., Mariana, N., & Rahmawati, I. (2023). Implementasi lkpd pmri dalam materi membilang sampai 20 untuk siswa fase a sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 45-54.

Mellawaty, Lestari, W. D., Taufan, M., & Mufidah, Z. (2023). Klana Udeng Mask Dance in the Ethnomathematical Perspective (As a Source of Teaching Materials). Klana Udeng Mask Dance in the Ethnomathematical Perspective (As a Source of Teaching Materials), 12(4), 1-14.

Mulyani, E., & Natalliasari, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematik Batik Sukapura. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 131-142.

Mulyo, R. N., Sunardi, Monalisa, L. A., Setiawan, T. B., & Murtikusuma, R. P. (2018). Etnomatematika pada aktivitas petani jeruk di kecamatan pesanggaran banyuwangi sebagai bahan ajar siswa. Kadikma, 9(2), 175–184.

Muslim, S. R., & Prabawati, M. N. (2020). Studi Etnomatematika terhadap Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59-70.

Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67-76.

Nurhasanah, W. F., & Puspitasari, N. (2022). Studi Etnomatematika Rumah Adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 27-38.

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.

Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2022). Etnomatematika: Filosofi dan Konsep Matematis Kalender Sunda. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 369-378.

Puspasari, R., Rinawati, A., & Pujisaputra, A. (2021). Pengungkapan Aspek Matematis pada Aktivitas Etnomatematika Produksi Ecoprint di Butik El Hijaaz. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 379-390.

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494

Sobirin, S. (2018). Pranata Mangsa Dan Budaya Kearifan Lingkungan. Jurnal Budaya Nusantara, 2(1), 250–264. https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol2.no1.a1719

Suprayo, T., Nuryusri, & Noto, M. S. (2018). Studi Etnomatematika Masyarakat Petani Kabupaten Cirebon. SNMPM: Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 49–54.

Susanto, Setiawan, T. B., & Daniaty, H. (2023). Ethnomathematics in the Main Building of Pendapa Sabha Swagata Blambangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 493-504.

Wahyudi, W., & Putra, A. (2022). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Masyarakat. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 173–185. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.110

Wahyuni, I., & Harisman, Y. (2021). Etnomatematika: Representasi Matematika Pada Alat Pembuatan Gerabah Sitiwinangun. Euclid, 8(2), 135. https://doi.org/10.33603/e.v8i2.3688

Wardi, E., At, M. R., & Sayu, S. (2019). Eksplorasi Konsep Matematika Pada Tradisi Cocok Tanam Padi Masyarakat Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6).

Zainuddin, A., Santika, S., Yulianto, E., & ... (2022). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Madura dalam Melakukan Pengukuran. Jurnal Kongruen, 1(3), 194–211.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Septia, T., Nuraini, A., & Wahyu, R. (2024). Eksplorasi etnomatematika pada aktivitas masyarakat petani di kecamatan gondanglegi kabupaten malang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 253–262. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1702

Issue

Section

Articles