Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Pasiran Garut ditinjau dari Aspek Matematis

Authors

  • Milpa Nursyamsiah Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Nitta Pusitasari Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Zulkarnain IAIN Curup
  • Dian Mardiani Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1562

Keywords:

Mathematical Aspects, Batik Pasiran Garut, Ethnomathematics, Aspek Matematis, Etnomatematika

Abstract

Mathematics is a branch of science that is very important for human life. There are many ways to make mathematics more contextual, one of which is by using ethnomathematics. This study aims to determine the historical and philosophical aspects, and determine the mathematical aspects of the Garut Pasiran batik. The resource persons for this study were artisans from Pasiran Garut batik. The method in this study uses a qualitative descriptive method with an ethnographic approach. The data collection technique used in this study was using interview guide sheets, observation and documentation. The data analysis technique used is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are that the Pasiran Garut batik has mathematical aspects, namely flat shapes and geometric transformations. Each Pasiran Garut batik motif, namely the Mayang Kahuripan, Leuit Pare, Dapros Pare, Kangkung and Merak motifs has its own historical and philosophical aspects.

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Ada banyak cara untuk menjadikan matematika lebih kontekstual, salah satunya adalah dengan menggunakan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek historis dan filosofis, dan aspek matematis dari batik Pasiran Garut. Narasumber dari penelitian ini adalah pengrajin batik Pasiran Garut. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Pendekatan Etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah batik Pasiran Garut terdapat aspek matematis yaitu bangun datar dan transformasi geometri. Setiap motif batik Pasiran Garut yaitu motif Mayang Kahuripan, Leuit Pare, Dapros Pare, Kangkung dan Merak memiliki aspek historis dan filosofis tersendiri.

References

Albanese, V., & Perales, F. J. (2015). Enculturation with Ethnomathematical Microprojects: From Culture to Mathematics. Journal of Mathematics & Culture, 1(9), 1-19.

Afifah, D. S. N., Putri, I. M., & Listiawan, T. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Gajah Mada Motif Sekar Jagad Tulungagung. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 14(1), 101-112.

Bishop, A. (1991). Mathematical enculturation: A cultural perspective on mathematics education (Vol.6). Springer Science & Business Media.

Chrissanti, M. I. (2019). Etnomatematika sebagai Salah Satu Upaya Penguat Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 243-252.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1) 44-45.

D'Ambrosio, U. (2004). Peace, social justice and ethnomathematics. The Montana Mathematics Enthusiast, ISSN 1551-3440,Monograph 1,pp.25-34.

Dofa, & Aryunda, A. (1996). Batik indonesia. Jakarta: Golden Terayon Pess. Hal. 7-13, 34.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Handayani, W. (2018). Bentuk, Makna dan Fungsi Seni Kerajinan Batik Cirebon. Jurnal ATRA, 6(1), 58-71.

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi etnomatematika pada budaya masyarakat dayak perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 1(13), 14-23.

Herlinawati, L. (2012). Batik ciamisan di Imbanagara Kabupaten Ciamis (Sebuah Kajian Nilai Budaya). Patanjala: Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 4(3), 446.

Khofifah, L., Sugiarti, T., & Setiawan, T. B. (2018). Etnomatematika Karya Seni Batik Khas Suku Osing Banyuwangi Sebagai Bahan Lembar Kerja Siswa Materi Geometri Transformasi. Jurnal UNEJ, 9(3), 148-159.

Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2016). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.

Orey, D., & Rosa, M. (2007). Cultural Assertions and Challenges Towarrds Pedagogical Action Of an Ethnomathematics Program. For the Learning of Mathematics, 1(March), 10–16.

Owens, K. (2012). Identity and Ethnomathematics Projects in Papua New Guinea An Ecocultural Pedagogy of Mathematics. In Proceedings of the 35th annual conferene of the Mathematics Education Research Group of Astralasia (pp. 586-593).

Putri, L. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 21-31.

Rachmawati. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1).

Ramdani & Yani. (2004). Kajian Pemahaman Matematika Melalui Etika Pemodelan Matematika. Jurnal DIKTI, 22(1).

Richardo, R. (2016). Peran Etnomatematika dalam Peneraan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Universitas Alma Ata Yogyakarta 7(2), 118-125.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(02), 171-176.

Shirley, L. (2008). Looks Back Ethnomathematics and Look Forward. Journal International Congress of Mathematics Education, 6-13 July 2008.

Siregar, N.R. (2017). Persepsi Siswa pada Pembelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Proseding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia 1.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sriyanto, H. J. (2017). Mengobarkan api matematika. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Sudirman, S., Rosyadi, & Lestari, W. D. (2017). Penggunaan Etnomatematika pada Karya Seni Batik Indramayu dalam Pembelajaran Geometri Transformasi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 74-85.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tirtaatmadja, N. (1996). Batik: Pola dan Tjorak-Pattern dan Motif. Jakarta: Djambatan.

Ulum, Budiarto, & Ekawati. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2).

Wahyudi. (2015). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Lokal Masyarakat Etnis Lampung di Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Were, G. (2003). An Anthropological Approach to Mathematics Education. Journal of Material Curture, 8(1), 25-44.

Published

2024-02-28

How to Cite

Nursyamsiah, M., Pusitasari, N., Zulkarnain, & Mardiani, D. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Pasiran Garut ditinjau dari Aspek Matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(1), 91–100. https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1562

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.