Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas v pada materi akar pangkat tiga

Authors

  • Hasanudin Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Iyam Maryati Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1421

Keywords:

ability to understand mathematics concept, elementary school, mathematics learning, square root of three, akar pangkat tiga, kemampuan pemahaman konsep matematis, pembelajaran matematika, sekolah dasar

Abstract

Understanding the concept is a very important aspect of learning because students understand the concept so they can develop their abilities in each subject. The research aims to analyze students' ability to understand mathematical concepts. The method applied in this study was the descriptive method. The research subjects were fifth-grade students. The instrument used in this research was a test of students' mathematical concept understanding ability, which totaled 4 questions according to indicators of students' understanding of mathematical concepts. After data collection, the researcher analyzed the results of working on the ability to understand mathematical concepts and the results of the interviews to see the ability to understand students' mathematical concepts. Based on data analysis, it can be concluded that the ability to understand mathematical concepts in class V students at SDIT PERSIS Tarogong is still low, as evidenced by the presence of errors in solving mathematical comprehension ability questions, especially on indicators of using, and utilizing, choosing certain procedures or operations and applying concepts or problem-solving algorithms in cube root material.

Pemahaman konsep merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran, karena siswa memahami konsep maka mereka dapat mengembangkan kemampuannya dalam setiap mata pelajaran. Tujuan  penelitian    adalah    menganalisis  kemampuan  pemahaman  konsep matematis siswa.  Metode  yang diterapkan  dalam  penelitian  ini  yaitu  metode deskriptif  Subjek  penelitiannya  adalah  siswa  kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang berjumlah 4 soal sesuai dengan indikator pemahaman konsep matematis siswa. Setelah pengumpulan data, peneliti menganalisis hasil pengerjaan  soal kemampuan pemahaman konsep matematis dan hasil wawancara untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa  kelas V SDIT PERSIS Tarogong masih rendah  yang  dibuktikan  dengan  terdapatnya  masih ada   kesalahan  menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis terutama pada indikator menggunakan, memanfaatkan, memilih prosedur atau operasi tertentu dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah  dalam materi akar pangkat tiga.

References

Anisa, R. N., dkk, (2021). Analisis Kemampuan Konsep Matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Aljabar. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 237-242.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, P. A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi perpangkatan dan bentuk akar secara daring pada masa pandemi covid-19 di desa jayaraga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 183-192.

Lea, Mantili, T. S., & Christin, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Turunan Fungsi Kelas XI Sma. Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(1).

Marliani, S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kampung sukawening. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 113-124.

Mustika, D., Ain, S. Q., & Iranti, A. D. (2021). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 55-70.

Permendiknas Republik Indonesia No. 22. (2006). Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. [online]. Tersedia: https://asefts63.files.wordpress.com/2011/01/permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-isi.pdf. [31-03-2023].

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan: Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Cibadak. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2).

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Reseliensi Matematika dengan VBA Mocrosoft Excel. [online]. [tersedia]: https://books.google.co.id/books?id=R2IXEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Pemahaman+konsep+matematis&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwijgK-ItIT-AhWt1jgGHfFoBMIQ6AF6BAgGEAI. [31-03-2023].

Sari, M. E., dkk. (2022). Matematika Dasar. [online]. Tersedia: https://books.google.co.id/books?id=tXqaEAAAQBAJ&pg=PA2&dq=Kemampuan+pemahaman+konsep+matematis&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwiilYGHzIX-AhWgzjgGHZ5OBUE4ZBDoAXoECAUQAg. [31-03-2023].

Susilawati, W. (2014). Belajar Pembelajaran Matematika. Bandung: CV. Insan Mandiri.

Syaqqih, S. N. (2013). Pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian. [online]. Tersedia: https://books.google.co.id/books?id=SizGDwAAQBAJ&pg=PA29&dq=Metode++deskriptif&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwi0p_yYxqH-AhX26jgGHQneBKMQ6AF6BAgJEAI. [11-04-2023]

Yolanda, D. D. (2020). Pemahaman Matematika dengan Metode Discovery. [online]. Tersedia: https://books.google.co.id/books?id=mgVMEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=kemampuan+pemahaman+konsep+matematis&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwi73-P2ooX-AhWrzjgGHRlRBj0Q6AF6BAgGEAI. [31-03-2023].

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Hasanudin, & Maryati, I. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas v pada materi akar pangkat tiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 193–204. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1421

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.