Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas v pada materi akar pangkat tiga
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1421Keywords:
ability to understand mathematics concept, elementary school, mathematics learning, square root of three, akar pangkat tiga, kemampuan pemahaman konsep matematis, pembelajaran matematika, sekolah dasarAbstract
Understanding the concept is a very important aspect of learning because students understand the concept so they can develop their abilities in each subject. The research aims to analyze students' ability to understand mathematical concepts. The method applied in this study was the descriptive method. The research subjects were fifth-grade students. The instrument used in this research was a test of students' mathematical concept understanding ability, which totaled 4 questions according to indicators of students' understanding of mathematical concepts. After data collection, the researcher analyzed the results of working on the ability to understand mathematical concepts and the results of the interviews to see the ability to understand students' mathematical concepts. Based on data analysis, it can be concluded that the ability to understand mathematical concepts in class V students at SDIT PERSIS Tarogong is still low, as evidenced by the presence of errors in solving mathematical comprehension ability questions, especially on indicators of using, and utilizing, choosing certain procedures or operations and applying concepts or problem-solving algorithms in cube root material.
Pemahaman konsep merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran, karena siswa memahami konsep maka mereka dapat mengembangkan kemampuannya dalam setiap mata pelajaran. Tujuan penelitian adalah menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang berjumlah 4 soal sesuai dengan indikator pemahaman konsep matematis siswa. Setelah pengumpulan data, peneliti menganalisis hasil pengerjaan soal kemampuan pemahaman konsep matematis dan hasil wawancara untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V SDIT PERSIS Tarogong masih rendah yang dibuktikan dengan terdapatnya masih ada kesalahan menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis terutama pada indikator menggunakan, memanfaatkan, memilih prosedur atau operasi tertentu dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah dalam materi akar pangkat tiga.
References
Anisa, R. N., dkk, (2021). Analisis Kemampuan Konsep Matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Aljabar. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 237-242.
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, P. A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi perpangkatan dan bentuk akar secara daring pada masa pandemi covid-19 di desa jayaraga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 183-192.
Lea, Mantili, T. S., & Christin, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Turunan Fungsi Kelas XI Sma. Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(1).
Marliani, S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kampung sukawening. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 113-124.
Mustika, D., Ain, S. Q., & Iranti, A. D. (2021). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 55-70.
Permendiknas Republik Indonesia No. 22. (2006). Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. [online]. Tersedia: https://asefts63.files.wordpress.com/2011/01/permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-isi.pdf. [31-03-2023].
Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan: Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Cibadak. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2).
Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Reseliensi Matematika dengan VBA Mocrosoft Excel. [online]. [tersedia]: https://books.google.co.id/books?id=R2IXEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Pemahaman+konsep+matematis&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwijgK-ItIT-AhWt1jgGHfFoBMIQ6AF6BAgGEAI. [31-03-2023].
Sari, M. E., dkk. (2022). Matematika Dasar. [online]. Tersedia: https://books.google.co.id/books?id=tXqaEAAAQBAJ&pg=PA2&dq=Kemampuan+pemahaman+konsep+matematis&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwiilYGHzIX-AhWgzjgGHZ5OBUE4ZBDoAXoECAUQAg. [31-03-2023].
Susilawati, W. (2014). Belajar Pembelajaran Matematika. Bandung: CV. Insan Mandiri.
Syaqqih, S. N. (2013). Pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarjo. (2019). Metode Penelitian. [online]. Tersedia: https://books.google.co.id/books?id=SizGDwAAQBAJ&pg=PA29&dq=Metode++deskriptif&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwi0p_yYxqH-AhX26jgGHQneBKMQ6AF6BAgJEAI. [11-04-2023]
Yolanda, D. D. (2020). Pemahaman Matematika dengan Metode Discovery. [online]. Tersedia: https://books.google.co.id/books?id=mgVMEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=kemampuan+pemahaman+konsep+matematis&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwi73-P2ooX-AhWrzjgGHRlRBj0Q6AF6BAgGEAI. [31-03-2023].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hasanudin, Iyam Maryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.