Students' mathematical representation abilities in statistics

Authors

  • Santi Syaripah SMP Bhakti Mandiri Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1777

Keywords:

mathematical representation ability, statistics, written test, kemampuan representasi matematis, statistika, tes tertulis

Abstract

Representation is a form of student thinking about a problem that is used to find a solution to a problem. The form of student thinking can be in the form of words or verbs, tables, graphs, pictures and mathematical symbols. This study aims to analyze students performance in completing the mathematical representation ability test. The subjects of this study were 3 students of grade VIII in Mulyasari Village, Bayongbong District, Garut Regency with statistical material. In this study, the instruments used were in the form of written test questions and interviews. For written test questions in the form of descriptions with a total of 5 questions. Before being used in the study, the question instrument was first validated by the validator. The validators took 2 mathematics teachers. The data for this study were in the form of test results and interview results. Based on the results of the study, it states that students' mathematical representation abilities in statistics material are classified as moderate.

Representasi merupakan bentuk pemikiran siswa terhadap suatu masalah yang digunakan untuk mencari solusi dari sebuah masalah. Bentuk pemikiran siswa dapat berupa kata-kata atau verba, table, grafik, gambardan symbol symbol matematika. penelitian ini bertujuan untuk menganalisi siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan representasi matematis siswa. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII di Desa Mulyasari Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut dengan materi statistika.  Pada penelitian ini instrument yang digunakan yaitu berupa soal tes tertulis dan wawancara. Untuk soal tes tulis berbentuk uraian dengan jumlah 5 soal. Sebelum digunakan dalam penelitian maka instrument soal tersebut divalidasi terlebih dahulu kepada validator. Untuk validatornya mengambil 2 orang guru matematika. Data penelitian ini berupa hasil tes dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada materi statistika tergolong sedang.

References

Atjiang, N. N. (n.d.). Analisis Kemampuan Siswa Mengubah Representasi dalam Physics Problem Solving Pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 2(3), 1–7.

Feriyanto, F. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat LP4MP Universitas Islam Majapahit, 90–97.

Handayanir, H. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I(1), 142–149.

Khadijah, I. nur afifah, Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi statistika. JPMI(Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1095–1104.

Mahmud, N., & AR, R. A. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Geometri Serta Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Review Pembelajaran Matematika (JRPM), 3(2), 146–160.

Permana, Y., & Sumarmo, U. (2007). Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist, I(2), 116– 123.

Ribkyansyah, F. T., Yenni, & Nopitasari, D. (2018). Dilihat dari hasil penelitian Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada tahun 2007 kemampuan representasi matematis siswa masih jauh dari kata representasi matematis siswa SMP pada pokok bahasan statistika. Prosedur penelitian. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 149–155.

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84.

Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 40–53.

Published

2024-08-30

How to Cite

Syaripah, S. (2024). Students’ mathematical representation abilities in statistics. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(1), 73–90. https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1777

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.